Membuat atau menyisipkan baris kosong di Excel merupakan salah satu cara dasar saat mengolah data di tabel Excel. Sebelumnya kami telah membahas fungsi insert Cell untuk menambah baris atau kolom di Excel. Tutorial kali ini hampir sama. Namun kali ini akan membahas bagaimana menyisipkan baris kosong pada Microsoft Excel dalam jumlah yang banyak sekaligus. Tutorial ini akan mengajarkan kamu bagaimana cara menyisipkan masing – masing satu baris untuk setiap baris yang berisi data.
Pernahkah Anda memiliki data dengan jumlah ratusan atau ribuan baris. Lalu Anda di haruskan untuk menyisipkan baris diantara data yang sudah ada.
Jika kamu sisipkan baris kosong satu – per satu, tentu ini akan sangat lama dan melelahkan sekali. Oleh karena itu, disini perlu suatu cara atau trick agar lebih cepat dalam membuat baris tersebut.
Cara menyisipkan baris kosong pada Excel
Microsoft Excel memiliki segudang fitur untuk mengatur dan mengolah data. Tinggal kalian bagaimana pandai – pandai untuk menggunakannya. Membuat baris, menyisipkan baris dan kolom merupakan cara basic Excel yang harus dikuasai.
Berikut langkah – langkah menyisipkan baris kosong di Excel:
1. Siapkan tabel Excel yang akan kita sisipkan barisnya. Misal kita punya tabel dibawah ini.
2. Disini, kamu memerlukan kolom bantuan untuk menyisipkan baris kosong. Misal kolom E.
3. Di kolom E3 sampai E8, kita masukan nomor urut 1- 6. Ini menyesuaikan untuk banyaknya baris yang akan kisa sisipkan baris kosongnya.
4. Lalu dicopy juga angka 1 – 5 dimulai dari kolom E9
5. Kemudian seleksi cell E3:E15.
6. Selanjutnya, pastikan Anda berada pada tab HOME, lalu pada kelompok Editing yang berada pada sebelah kanan tab menu, pilih Sort & Filter. Lalu pilih Sort Smallest to Largest.
7. Lalu akan muncul kotak, pilih pada bagian Expand the Selection, lalu klik OK
8. Maka kita telah berhasil menyisipkan baris pada masing masing baris.
9. Selanjutnya kita tinggal menghapus kolom bantuan disamping kanan yang berisi angka – angka tadi. Kita tinggal seleksi kolom tersebut kemudian tekan tombol Delete pada keyboard. Selesai.
Baca Tutorial Lainnya:
Nah demikian tutorial singkat mengenai cara menyisipkan baris kosong pada Excel. Semoga membantu Anda semua.
Menyukai dunia traveling, blogging, menulis di blog sejak 2014 sampai sekarang.