Download Format Absensi Siswa File Excel Gratis

download format absensi siswa excel

Microsoft Excel memiliki banyak keunggulan. Tidak hanya aritmatika, Excel juga bisa menjadi aplikasi. Penggunaan excel cukup sederhana sehingga mudah digunakan oleh siapa saja meskipun tidak memiliki skill dalam bidang programer. Anda juga bisa mengatur keuangan dan juga absensi di area sekolah.

download format absensi siswa excel

Kami akan berikan link download format absensi siswa dalam bentuk file Excel (XLS) bisa langsung Anda edit dan isi nama siswa, nama sekolah, kelas dsb. Anda bisa langsung cetak di kertas

Download Format Absensi Siswa File Excel Gratis

  1. Membuat Conditional Formatting

Pemformatan bersyarat adalah salah satu fitur yang tersedia di Excel yang dapat Anda gunakan untuk mewarnai deskripsi lembar kehadiran. Misalnya, jika seorang siswa hadir pada tanggal 1 Agustus, titik di sel yang ditentukan akan memiliki titik berwarna hijau, tetapi jika karyawan tidak hadir atau alfa maka kolomnya berwarna merah.

Tanda yang umumnya digunakan adalah titik wana hijau untuk hadir, tanda (S) untuk sakit dengan label warna biru. Kemudian tanda (I) untuk izin dengan pemberian warna kuning dan alpa dengan tanda (a) berwarna merah. Itulah contoh format absen siswa excel yang sering diterapkan oleh para guru di Indonesia

  1. Mencari Jumlah Keterangan

Pada fase ini, Anda melihat jumlah informasi, misalnya kehadiran Diana per bulan, dan menyimpan hasilnya di kolom Catatan Kehadiran. Cara yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan rumus COUNTIF. COUNTIF adalah rumus untuk menghitung jumlah sel dengan kriteria tertentu. Sehingga nanti akan didapatkan keterangan secara otomatis pada file absensi siswa.

Download Format Absen Siswa XLS

File XLS merupakan tipe file dari program Excel. Silahkan download file format absen siswa ini gratis di link berikut ini: Link Download.

download format absensi siswa excel

File tersebut terdiri dari kolom nomor, Nama, Tanggal dalam sebulan, kolom Skit, Ijin, dan Alpa.

Keuntungan Menggunakan Absensi Excel

  1. Efektivitas Laporan

Menggunakan aplikasi absensi excel untuk siswa dapat bervariasi dalam kompleksitas dari sekolah ke sekolah. Secara umum, validitas laporan kehadiran merupakan salah satu isu yang selalu muncul. Sebelum aplikasi absensi populer baru-baru ini, format kehadiran umum bagi siswa adalah menggunakan kehadiran satu arah guru dengan memanggil nama setiap anak di kelas.

Baca Dulu:

Laporan kehadiran kemudian diteruskan ke bagian administrasi, meringkas kehadiran siswa. Laporan kehadiran departemen administrasi kemudian dilaporkan ke kelas sekolah setiap semester. Antrian panjang ini dapat dipersingkat dengan menggunakan kehadiran online siswa. Siswa dapat melakukan absen secara mandiri setiap kali datang di pagi hari.

Sistem ini menghilangkan kebutuhan guru untuk memeriksa kehadiran di setiap pelajaran dan membebaskan waktu yang dihabiskan untuk kegiatan belajar mengajar. Di area yang dikelola, di sisi lain, Anda dapat menghemat banyak waktu daripada harus absen dari ratusan kelas setiap hari. Semua laporan dibuat secara otomatis oleh sistem saat pengguna online.

Baca Juga:

  1. fleksibilitas Aktivitas

Fleksibilitas kegiatan dengan absen online dapat dicapai dengan membuat jaringan dengan batasan lokasi khusus sehingga mahasiswa hanya dapat berpartisipasi di area tertentu. Jika peraturan sekolah dibayar, syaratnya dapat dengan mudah diubah sesuai dengan peraturan sekolah. Ubah jam pelajaran pada hari-hari tertentu selama liburan

  1. Keamanan Terjamin

Menggunakan absensi online untuk siswa meningkatkan keamanan. Dengan segala kemudahan yang ada sering kali terjadi manipulasi data absensi. Dengan adanya aplikasi ini hal tersebut dapat lebih ditekan. Dengan menggunakan aplikasi, Anda dapat dengan benar menjalankan fase pemrosesan kehadiran yang dilakukan oleh administrator.

Pada tahap pelaporan, laporan kehadiran siswa biasanya dibuat dalam bentuk fisik dan disampaikan kepada guru kelas dan kepala sekolah. Untuk laporan sensitif tertentu, online memberikan keamanan yang lebih baik. Selama fase penyimpanan, data kehadiran siswa biasanya disimpan dalam bentuk fisik di ruangan tertentu. Anda juga dapat download format absensi siswa excel hasil rekap

Baca Dulu:

Tentu saja hal ini dapat dihindari dengan partisipasi mahasiswa online berbasis cloud. Data siswa dapat terus terpelihara dengan baik. Anda juga dapat download format absensi untuk mempermudah rekap data dibandingkan dengan menggunakan absensi manual. Atau untuk lebih mudahnya, anda juga bisa menggunakan aplikasi absensi online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *