Apa Yang Dimaksud Dengan Range Dalam Excel?
Dia artikel sebelumnya, sebenarnya kami telah sedikit – banyak membahas tentang range pada lembar kerja Excel. Tepatnya pada artikel berjudul Pengertian Cell dan Range. Anda bisa membacanya disana. Untuk kali ini, kita akan jawab pertanyaan seputar soal praktek TIK bagi adik-adik yang sedang belajar Excel:
Apakah yang dimaksud dengan range pada Microsoft Excel?
Jawab:
Pengertian range adalah kumpulan dari beberapa cell pada sheet Excel baik yang memiliki posisi berdekatan ataupun berjauhan.
Contoh:
Contoh diatas adalah range A2:A10. Range tersebut berada pada satu kolom A dengan baris terseleksi berupa baris ke-2 sampai ke-10.
Contoh dengan beberapa kolom dan baris:
Contoh diatas yaitu B2:E10. Artinya range dimulai dari cell B2 dan diakhiri sampai E10.
Bagaimana jika cell letaknya saling berjauhan? Misal seperti gambar dibawah ini.
Contoh tersebut diatas letaknya tidak berdekatan atau acak. Penulisannya yakni dengan tanda koma. Jika kita seleksi pakai mouse, maka tekan dan tahan tombol Ctrl, lalu seleksi cell yang mau kamu dibuat range.
Baca Dulu:
Cara membuat range
Untuk cara membuat pertemuan kolom dan garis pada sheet Excel sangatlah mudah. Kamu bisa memakai mouse ataupun keyboard.
Apabila memakai mouse maka langkah-langkahnya:
- Klik dan tahan di posisi cell yang diinginkan, misal cell A2
- Lalu tarik atau geser ke cell A10
- Kemudian lepaskan
Apabila kalian ingin menggunakan keyboard, maka:
- Klik pada cell A2
- Pada keyboard, tekan tombol Shift dan tahan
- Tarik mouse ke posisi yang diinginkan, misal B10.
- Lepas tombol Shift.
Jikalau kamu ingin membuat nya secara acak atau berjauhan, maka tinggal klik cell pertama, tekan tombol Ctrl pada keyboard. Lalu pilih cell mana sesuai dengan keinginan kamu.
Penggunaan cell pada range yang berjauhan atau acak ini jarang sekali dipakai.
Apakah nama range Excel tersebut bisa diganti?
Bisa!
Caranya gimana?
Kamu bisa baca di artikel Cara Membuat Nama Range di Excel.
Panduan Dasar Excel Penting Lainnya:
- Pertemuan Kolom Dan Baris Disebut?
- Mencari Nilai Tertinggi Dengan Kotak Dialog Insert Function
- Bentuk Umum Fungsi Left Pada Excel
Penggunaannya dalam lembar kerja
Saat kamu mau memasukan rumus dan mau menghitungnya pastinya akan menyeleksi kolom atau cell. Jika kalian menyeleksi beberapa cell maka kamu otomatis telah menggunakannya.
Itu juga berlaku ketika kita menyeleksi beberapa cell yang berisi angka untuk menjumlahkannya. Disini kita telah menggunakan range Excel yang berisi angka atau data.
Demikian jawaban dan penjelasan tentang pengertian range dalam Excel serta cara menggunakannya. Semoga membantu kamu sekalian ya dalam mengerjakan tugas sekolah dirumah. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan-sungkan untuk mengisi pertanyaan di komentar. Selamat belajar!