[su_box title=”Soal Excel dan Jawabannya #10:” box_color=”#437941″ title_color=”#ffffff” radius=”2″]
Baris judul dalam Ms-Excel disebut juga dengan …
A. Ribbon
B. Menu bar
C. Tool bar
D. Formula bar
E. Title bar
Jawab: E. Title bar[/su_box]
Pembahasan:
Title bar
Title bar dalam Microsoft Excel adalah bagian dari program Excel yang terletak di bagian atas lembar kerja Excel atau sheet Excel dan terdapat judul dokumen atau file.
Title bar berfungsi untuk menampilkan judul dokumen atau file Excel sehingga mudah untuk kita identifikasi, klasifikasi atau bedakan antara file satu dengan file lainnya. Mengenai Title bar ini, sudah pernah kita singgung di artikel sebelumnya, silahkan dibaca disini. Dalam artikel tersebut juga ada penjelasan tentang Formula bar. Silahkan dibaca-baca lagi ya …
Menu bar
Menu bar adalah strip yang memiliki bentuk batang memanjang didalamnya terdapat berbagai menu yang memiliki fungsi masing-masing. Pada Microsoft Excel, Menu bar ini terletak dibawah Quick Access Toolbar, lihat gambar menu bar berikut:
Secara umum, fungsi menu bar adalah menampilkan berbagai daftar menu dari aplikasi atau program dengan berbagai fitur dan fungsi didalamnya.
Menu bar pada Ms Excel terdiri dari tab HOME, Tab INSERT, PAGE LAYOUT, FORMULAS, DATA, REVIEW dan VIEW.
Secara default, saat kamu membuka aplikasi Excel, yang pertama terbuka adalah tab HOME.
Nah, pada bagian setiap tab ini memiliki group.
Pada tab HOME terdapat group:
1. Clipboard
Terdiri dari berbagai icon fungsi Excel, anatara lain:
Paste, Cut, Copy, Format painter
2. Font
Pada group Font terdiri dari berbagai icon fungsi yang berguna untuk mengkustomisasi teks atau huruf di Microsoft Excel. Disini kamu bisa mencetak tebal, memiringkan tulisan, mengganti warna font atau background dan sebagainya.
Pelajari: Cara Mengatasi Rumus Excel yang Error
3. Alingnment
Alignment ini berfungsi untuk mengatur letak teks atau angka di Ms Excel. Disini kamu bisa mengatur posisi angka atau teks. Misal mau rata sebeah kanan, kiri dsb.
4. Number
Fungsi Number Excel adalah untuk mengatur format angka. Misal mau mengatur angka dengan format rupiah, dibelakang angka disisipi angka nol dsb.
5. Styles
Fungsi styles adalah untuk pengaturan cell atau tabel di Excel. Disini kalian bisa mengatur desain suatu tabel secara sederhana. Misal merubah warna atau model tabel.
6. Cells
Fungsi cell di Excel adalah menyisipkan kolom atau baris, mengatur format cell, menghapus dan lain sebagainya. Intinya, adalah pengaturan cell di Excel bisa menggunakan group cell ini.
Pelajari: Cara Menjumlah di Excel dari Atas Ke bawah
7. Editing
Editing ini memungkinkan kita untuk mengedit data yang ada pada tabel Excel. misal, memfilter data berdasarkan abjad A – z, mencari kalimat atau data angka, melakukan fill, menghapus format dsb.
Group diatas adalah bagian dari menu HOME. Untuk group di menu INSERT, PAGELAYOUT, FORMULAS, dan seterusnya mungkin akan kami bahas di artikel berikutnya ya. Karena akan sangat panjang jika kita bahas disini.
Baca Juga: Ekstensi yang Digunakan pada Microsoft Excel 2007
Demikian jawaban dari soal Excel:
[su_note note_color=”#316e2d” text_color=”#ffffff”]Baris judul dalam Ms-Excel disebut juga dengan …[/su_note]
Semoga membantu kalian yang sedang mengerjakan tugas TIK ya. Jangan lupa untuk mengetahui jawaban dari berbagai soal Excel disini ya. Share jika ini bermanfaat buat kamu!