[su_box title=”Soal Excel dan jawabannya #17″ box_color=”#437941″ title_color=”#ffffff” radius=”2″]
Fungsi yang digunakan untuk menghitung penjumlahan data angka adalah ….
- SUM
- AVERAGE
- MIN
- MAX
Jawab: A. SUM[/su_box]
Fungsi SUM pada Microsoft Excel
Fungsi SUM adalah rumus atau perintah untuk menjumlahkan data atau angka pada lembar kerja Excel. Dengan kata lain fungsi SUM penjumlahan data atau angka ini ada pada range atau sel Excel yang kamu tentukan sendiri.
Contohnya: Angka yang ada pada A1 sampai A10 mau dijumlahkan. Maka kamu pakai rumus SUM dengan memasukan rumus:
Lalu tekan ENTER,
maka akan keluar hasil dari penjumlahan data tersebut.
Rumus Sum di Excel adalah salah satu fungsi yang banyak pengguna pakai dan ketahui. Dalam berbagai perhitungan matematika, penjumlahan angka paling sering dilakukan. Oleh karena itu penggunakan fungsi penambahan baik di matematika maupun program Excel sering digunakan.
Baca dulu: Cara Mengkuadratkan di Excel
Cara menggunakan fungsi SUM dalam Microsoft Excel
Selain cara diatas atau menggunakan rumus:
Kamu juga bisa menggunakan rumus:
Contoh menghitung penjumlahan data angka:
Perhatikan penjumlahan angka di bawah ini:
Penjumlahan data atau angka pada kolom A baris 1 sampai 10 memakai rumus:
hasilnya = 3500
Sekarang kita coba memakai rumus: =SUM(A1,A2,A3,A4,A5 ….. A10)
Hasilnya sama yakni 3500
Namun menggunakan rumus yang kedua tentu akan memakan waktu karena kita harus memasukkan tanda koma (,) satu per satu.
Baca Dulu: Fungsi Insert Cell Pada Excel
Sedangkan bila menggunakan rumus yang pertama (=SUM(A1:A10) kita cukup menarik dari kolom angka pertama sampai kolom angka ke-10.
Nah cara yang kedua ini kita pakai bila data atau angka yang mau dijumlahkan hanya angka atau data tertentu saja.
Contohnya data angka seperti dibawah ini:
Pelajari: Cara Memiringkan Tulisan di Excel
Untuk menghitung data tertentu saja, kamu tidak bisa menggunakan rumus SUM (=SUM(A1:A10)) namun harus menggunakan tanda koma. Hal ini karena letak data tidak berurutan dan hanya angka tertentu saja yang kita jumlahkan.
[su_note note_color=”#f6dedd” text_color=”#000000″]Catatan: Bila rumus error saat memakai koma, kalian bisa ganti titik koma (;).[/su_note]
Untuk menghitung penjumlahan data angka di Excel, selain memakai fungsi SUM, kamu juga dapat menggunakan tanda “+”.
Tanda “+” tentu tidak asing lagi bagi kamu sekalian ya. Di matematika, tanda “+” ini dipakai untuk menjumlahkan bilangan atau angka. Begitu juga di Excel.
Sama seperti tanda koma (,), fungsi tanda plus (+) dipakai untuk menjumlahkan data atau angka yang letaknya tidak dalam satu range atau acak dan angka tertentu saja yang mau di jumlahkan.
Baca Juga: Cara Membesarkan Huruf Di Excel
Tanpa SUM, rumus yang dipakai untuk menjumlahkan data angka tersebut adalah:
Hasilnya sama, yakni 2200.
Yang perlu kamu perhatikan dalam menggunakan fungsi SUM:
Fungsi SUM pada Microsoft Excel akan mengabaikan referensi jika didalam sel kosong, berupa nilai logika ataupun teks.
Baca Juga: Cara Menggunakan Fungsi Terbilang Excel
Seperti contoh diatas, jika kamu jumlahkan semua dengan memakai fungsi =SUM dan seleksi semua data pada tabel tersebut maka hasilnya juga sama yakni 2200.
Apabila sebuah argumen berupa nilai kesalahan maupun teks yang tidak dapat diterjemahkan jadi angka, maka hasilnya menampilkan value error.
Baca Juga:
Bagaimana jika kita akan menjumlahkan data atau angka dengan kriteria tertentu atau kriteria lebih dari satu?
Kamu dapat mempelajarinya di artikel Fungsi SUMIF.