Tutorial Excel kali ini adalah cara membuat judul di Microsoft Excel agar bisa rata tengah maupun rata kiri. Seperti diketahui, tidak hanya tabel saja yang bisa kita buat di Microsoft Excel, tetapi tulisan atau berupa judul.
Bagi yang masih awam, cara membuat tulisan di tabel Excel bisa jadi membingungkan. Misal nya, membuat judul di tengah atau tulisan yang membutuhkan 2 baris yang di jadikan dalam satu kotak pada Excel 2013.
Selain itu, diatas tabel kita diharuskan menyisipkan judul, tulisan berupa keterangan yang terdiri dari beberapa baris. Kemudian setting rata tengah atau rata kiri. Maka itu semua akan kita bahas pada tutorial Excel kali ini. Yuk simak terus artikelnya!
Cara membuat judul di tengah pada Microsoft Excel 2013
Pada aplikasi Excel, fitur – fitur untuk mengatur tulisan di tabel atau cell sudah disediakan. Misal kita memiliki tabel Excel dibawah ini:
Kemudian saya mau memberi judul pada Cell A2 dengan judul “Daftar Pembelian ATK Tahun 2020”
Bagaimana cara membuat judul ditengah pada tabel Microsoft Excel tersebut?
- Saya seleksi Cell A1 atau kotak pada judul tersebut sampai kolom E2, karena disini kolom tabel sampai kotak E2.
- Lalu pada tab HOME
- Lalu pilih Merge & Center
- Dan klik, maka posisi judul akan menjadi ke tengah dari posisi tabel Excel.
Jika Anda ingin menambahkan sub judul dibawahnya lagi maka tinggal letakkan pointer di Cell A3. Misal saya tulis “Toko ATK Jaya Mandiri”.
- Kemudian, seleksi sampai kolom E3
- Lalu , pilih Merge & Center
- Klik OK
- Maka posisi sub judul juga akan berada di posisi tengah tabel Excel.
Bagaimana jika, kita akan mengatur letak tulisan judul ada di rata kiri?
Seleksi 2 baris sub judul tersebut
Kemudian klik Align Left
Maka tulisan judul tersebut akan rata kiri
Cara membuat tulisan 2 baris dalam satu kotak Excel 2013
Jika Anda membuat tulisan lebih dari 1 baris tetapi masih dalam 1 kotak Excel maka Anda membutuhkan tombol keyboard ALT + Enter, maka otomatis pointer akan pindah ke baris berikutnya.
Jadi, setelah Anda selsesai mengetik tulisan di baris pertama maka tekan ALT + Enter agar otomatis pointer ke baris berikutnya.
Selanjutnya Anda ketik tulisan di baris kedua tersebut, lalu tekan ALT + Enter. Maka akan pindah ke baris ke tiga, begitu seterusnya.
Jangan lupa, jika sudah selesai, tekan Enter untuk terakhir kalinya.
Untuk lebih jelasnya, lihat gambar Gif dibawah ini.
Jadi untuk membuat tulisan 2 baris atau lebih, setiap mau ganti baris tekan ALT + Enter.
Jika Anda memiliki tulisan yang banyak, Anda dapat mengetik di Notepad atau Word, kemudian nantinya bisa di paste ke kolom Excel.
Langkah – langkahnya seperti dibawah ini:
- Ketik tulisan di Notepad / Word
- Seleksi semua tulisan
- Klik kanan
- Pilih Copy
- Buka Ms. Excel
- Pilih Cell dimana Anda mau meletakkan tulisan
- Tekan F2
- Tekan CTRL + V untuk mempaste tulisan ke Excel
- Edit baris dengan menekan ALT + Enter pada awal kata atau kalimat untuk membuat baris baru, seperti cara diatas. Akhiri dengan Enter.
Untuk menggunakan fungsi keyboard ALT + Enter, bisa juga melihat tutorial dibawah ini! Namun secara prinsip sama saja, jika ingin lebih jelas, silahkan lihat juga tutorial dibawah ini.
Contoh Cara menulis di Excel 2 Baris Dalam 1 Kolom
Cara menulis text di Excel tidak jauh berbeda dengan menulis di Microsoft Word. Namun cara langsung menulis text di cell Excel seringkali melewati kolom cell yang ada sehingga tampilan jadi tidak rapi dan perlu kita rapikan.
Baca Dulu: Contoh Pembukuan BUMDes Excel
1. Cara langsung menulis di Excel
Cara langsung yakni langsung mengetikkan teks pada cell atau kolom di Microsoft Excel. Seperti yang sudah disinggung, teks jadi melebihi atau melewati batas kolom / cell. Untuk itu perlu kamu melebarkan kolom tersebut.
Langkah menulis text di Excel agar rapi dengan teknik langsung ini yaitu:
- Buka Ms Excel
- Ketikkan teks pada cell
- Atur lebar cell dengan menarik garis vertikal kolom tersebut ke kanan agar teks bisa tampil dalam 1 kolom.
- Jika ingin cell memiliki lebar yang tetap, seleksi cell tersebut
- Klik kanan
- Pilih
Format Cells
- Pilih tab
Alignment
- Centang
Wrap text
- Atur bagian Text alignment pada Horizontal, misal pilih Left (Indent)
- Pada Vertical pilih Center
- Jika sudah klik OK
- Maka hasilnya, kolom akan menyesuaikan teks yang ada.
Baca Juga:
Cara Enter Di Excel Dalam 1 Kolom
Cara Enter di excel dalam 1 kolom bisa menggunakan 2 cara. Yang pertama menggunakan kombinasi tombol keyboard, dan yang kedua dengan menggunakan rumus.
1. Tombol keyboard
- Buka file Excel dan cari cell yang mau di enter.
- Letakkan kusor pada akhir kata/teks tersebut, khususnya pada cell yang mau ditambahkan baris kata / teks dibawahnya tapi masih dalam 1 cell
- Tekan tombol ALT + Enter pada keyboard laptop secara bersamaan
- Ketikkan teks yang mau ditambahkan
- Tekan Enter
- Selesai
Maka dalam 1 kolom terdapat 2 baris teks.
2. Menggunakan rumus
- Buka lembar Excel dan cari cel yang mau di Enter dalam 1 kolom
- Ketikkan rumus
=CHAR(10)
- Ketikkan teks yang mau ditambahkan
- Lalu tekan tombol Enter di Keyboard
Kedua cara prinsipnya sama namun dengan cara berbeda.
Baca Dulu:
Nah itulah tutorial cara membuat judul di Microsoft Excel serta cara membuat tulisan 2 baris dalam satu kotak di Excel 2013. Semoga membantu dan bermanfaat buat Anda sekalian. Jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.