Cara Menyisipkan Baris Kosong Pada Microsoft Excel Dalam Jumlah Banyak Sekaligus

Membuat atau menyisipkan baris kosong di Excel merupakan salah satu cara dasar saat mengolah data di tabel Excel. Sebelumnya kami telah membahas fungsi insert Cell untuk menambah baris atau kolom di Excel. Tutorial kali ini hampir sama. Namun kali ini akan membahas bagaimana menyisipkan baris kosong pada Microsoft Excel dalam jumlah yang banyak sekaligus. Tutorial ini akan mengajarkan kamu bagaimana cara menyisipkan masing – masing satu baris untuk setiap baris yang berisi data.

Cara menyisipkan baris kosong pada Excel

Pernahkah Anda memiliki data dengan jumlah ratusan atau ribuan baris. Lalu Anda di haruskan untuk menyisipkan baris diantara data yang sudah ada.

Jika kamu sisipkan baris kosong satu – per satu, tentu ini akan sangat lama dan melelahkan sekali. Oleh karena itu, disini perlu suatu cara atau trick agar lebih cepat dalam membuat baris tersebut.

 

Cara menyisipkan baris kosong pada Excel

Microsoft Excel memiliki segudang fitur untuk mengatur dan mengolah data. Tinggal kalian bagaimana pandai – pandai untuk menggunakannya. Membuat baris, menyisipkan baris dan kolom merupakan cara basic Excel yang harus dikuasai.

Berikut langkah – langkah menyisipkan baris kosong di Excel:

1. Siapkan tabel Excel yang akan kita sisipkan barisnya. Misal kita punya tabel dibawah ini.

Cara menyisipkan baris kosong pada Excel

2. Disini, kamu memerlukan kolom bantuan untuk menyisipkan baris kosong. Misal kolom E.

3. Di kolom E3 sampai E8, kita masukan nomor urut 1- 6. Ini menyesuaikan untuk banyaknya baris yang akan kisa sisipkan baris kosongnya.

Cara menyisipkan baris kosong pada Excel

4. Lalu dicopy juga angka 1 – 5 dimulai dari kolom E9

5. Kemudian seleksi cell E3:E15.

Cara menyisipkan baris kosong pada Excel

6. Selanjutnya, pastikan Anda berada pada tab HOME, lalu pada kelompok Editing yang berada pada sebelah kanan tab menu, pilih Sort & Filter. Lalu pilih Sort Smallest to Largest.

7. Lalu akan muncul kotak, pilih pada bagian Expand the Selection, lalu klik OK

Expand the Selection

8. Maka kita telah berhasil menyisipkan baris pada masing masing baris.

cara menyisipkan baris kosong pada excel

9. Selanjutnya kita tinggal menghapus kolom bantuan disamping kanan yang berisi angka – angka tadi. Kita tinggal seleksi kolom tersebut kemudian tekan tombol Delete pada keyboard. Selesai.

Baca Tutorial Lainnya:

Nah demikian tutorial singkat mengenai cara menyisipkan baris kosong pada Excel. Semoga membantu Anda semua.

Leave a Reply