Pengertian Cell, Row, Column & Range

Sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian Workbook dan worksheet. Kali ini, kita akan membahas dasar – dasar Excel yakni pengertian cell dan range dalam Excel. Selain itu, kita juga akan mengetahui pengertian row dan column pada Microsoft Excel.

pengertian cell dan range

Uraian penjelasan tentang basic Excel kali ini ditujukan bagi kalian yang memulai belajar Ms Excel. Terutama kalian para pelajar yang sedang belajar ilmu TIK. Tidak jarang, pengertian – pengertian dasar seperti ini muncul dalam soal – soal TIK.

Tapi tentunya tidak hanya kita mengerti saja akan dasar – dasar Excel tersebut. Yang terpenting adalah kita bisa menerapkan berbagai fitur yang ada di Excel.

Pengertian cell dalam Excel

Sel adalah kotak kecil pada lembar kerja Excel (Worksheet) dimana kota tersebut adalah gabungan atau pertemuan antara baris dan kolom.

Jadi, Cell bisa diartikan pula pertemuan suatu baris dan kolomĀ  pada lembar kerja Excel.

Sebuah Cell memiliki nama tersendiri sesuai dengan posisi pada lembar Excel atau worksheet. Contohnya, pertemuan antara kolom B dengan baris urutan ke 7. Maka Cell nya disebut dengan Cell C7. Artinya Cell7 tersebut berada di urutan kolom C serta baris ke-7.

Ok disini jelas ya kalian, apa itu Cell dan pengertian cell itu sendiri. Oya, sering kali di website internet Cell ini di tulisĀ  sel, pakai “s”, artinya sama saja kok.

Biar kalian jelas, kalian bisa lihat posisi Cell C7 seperti dibawah ini.

Pengertian cell dalam Excel

Kalian juga bisa tahu cell berapa jika kalian lihat kotak pada bagian kiri atas sebelah kotak formula. Disitu tertera nama dari cell yang aktif. Kotak tersebut disebut Name Box. Seperti gambar di bawah ini, dimana Name Box (Kotak biru) tersebut adalah Cell yang sedang kita pilih atau aktif.

Pengertian cell dalam Excel

Pengertian Row dan Column dalam Excel

Setelah kita mengetahui tentang Cell, kita akan mengetahui apa itu Row dan Column pada Excel.

Row dalam bahasa Indonesia adalah Baris. Disini Row pada Excel adalah kumpulan beberapa cell dan tersusun secara horizontal. Baris pada lembar kerja Excel dimulai dari 1 sampai 1.048.576. Dalam artian jumlah baris pada aplikasi Excel versi 2007 keatas sebanyak 1.048.576.

Column dalam bahasa Indonesia adalah kolom yang artinya suatu cell yang ditandai dari Abjad A sampai XFD. Beberapa Cell kolom tersusun secara vertikal pada sheet Excel. Jumlah keseluruhan Column pada Excel adalah 16.384 kolom.

Pengertian Range (Rentang) dalam Excel

Setelah kita mengetahui tentang pengertian Cell, sekarang kita akan mengetahui tentang Range pada Excel.

Range, kalau diistilahkan dalam bahasa Indoensia adalah rentang. Disini, Range adalah kumpulan dari beberapa cell pada lembar kerja Excel atau worksheet.

Jadi, pengertian Range adalah gabungan dari beberapa Cell pada sheet atau lembar kerja Excel baik satu kolom dan satu baris atau lebih. Contoh, seperti lembar excel beriku ini:

Pengertian Row dan Column dalam Excel

Contoh diatas adalah Range dalam beberapa kolom dan baris. Sedangkan range 1 baris contohnya range B1:F1. Untuk range dalam 1 kolom contohnya: Range B1:B5

Pengertian Range

Pengertian Range

Berpindah atau memilih Cell di Excel

Dengan memakai Mouse tentunya lebih mudah untuk berpindah dan memilih Cell di lembar Excel.

Namun jika kalian tidak memakai Mouse, kalian dapat memakai Keyboard untuk berpindah dan memilih cell. Berikut ini adalah shortcut yang kalian bisa pakai untuk menggantikan fungsi dari mouse.

tabel shortcut Berpindah atau memilih Cell di Excel

Demikian penjelasan mengenai pengertian cell dan range dalam Excel. Semoga benar – benar jelas buat kalian yang sedang dalam tahap awal belajar Excel. Jangan lupa untuk membaca panduan basic Excel lainnya, salam!

Leave a Reply