Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Cara Mengcopy Tulisan Arab di HP & Dari PDF ke Word

2 min read

Cara mengcopy tulisan Arab di HP

Mungkin Anda pernah mengalami kesulitan ketika harus mengcopy tulisan Arab, baik itu menjadi berantakan atau terbalik. Oleh karena itu, pada kali ini akan dijelaskan tentang cara mengcopy tulisan Arab di HP maupun ke aplikasi Microsoft Word secara lengkap.

Cara Mengcopy Tulisan Arab di HP

Baca Juga : Cara Compress File Excel

Masalah Seputar Cara Copy Paste Tulisan Arab

Ketika ingin melakukan copy paste tulisan Arab, masalah yang paling sering terjadi adalah tulisan tersebut menjadi berantakan. Berantakan yang dimaksud di sini adalah urut-urutan huruf menjadi kacau atau terbolak-balik. Tentu saja ini akan membuat tulisan tidak bisa dibaca.

Banyak orang merasa pusing ketika mengalami masalah tersebut. Pasalnya, berulang kali diulang pun hasilnya akan tetap sama. Padahal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya tulisan bisa dicopy secara rapi. Untuk lebih jelasnya, silakan simak pembahasan di bagian berikutnya.

Cara Mengcopy Tulisan Arab di HP Android

Cara Mengcopy Tulisan Arab di HP Android

Cara yang pertama adalah apabila Anda ingin mengcopy tulisan Arab melalui HP Android. Mengingat setiap ponsel memiliki OS dan spesifikasi yang berbeda-beda, tentu saja tidak semua perangkat akan mendukung jenis teks ini.

Oleh karena itu, sebelum melakukan cara di bawah ini, pastikan perangkat Anda sudah kompatibel dengan font tersebut. Setidaknya, ponsel harus sudah menggunakan sistem operasi minimal Android 6.0. Meskipun ada kemungkinan versi di bawahnya tetap bisa, namun Android 6.0 setidaknya jauh lebih terjamin bisa mendukung. Lalu, bagaimana caranya?

1. Setting keyboard

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek pengaturan pada keyboard. Cara ini bisa dilakukan dengan masuk ke menu pengaturan, pilih Language and Keyboard, kemudian pilih Keyboard Setting. Setelah itu, berikan tanda centang pada Bahasa arab. Harusnya setelah melakukan cara ini ponsel sudah bisa mendukung copy paste tulisan Arab.

2. Instal aplikasi keyboard

Cara ini bisa dilakukan apabila poin sebelumnya tidak berhasil. Silakan download aplikasi pihak ketiga di Play Store seperti Keyboard MultiLing atau Smart Keyboard. Biasanya aplikasi tersebut sudah mendukung tulisan Arab sehingga copy paste di handphone bisa dilakukan.

judul gambar

Untuk menggunakannya pun cukup mudah. Silakan buka aplikasi tersebut, izinkan akses keyboard sebagai input utama. Selanjutnya, masuk ke menu Dictionaries for Word Prediction dan pilih Arabic. Akan muncul pop up untuk download plugin Arabic. Tunggu proses tersebut hingga selesai.

Kemudian untuk menyalin, caranya hampir sama seperti menyalin teks pada umumnya. Yakni tap dan tahan pada bagian tulisan yang ingin disalin. Arahkan kursor untuk mengatur batas penyalinan. Setelah itu, klik tombol Salin. Klik Paste pada tempat tujuan. Selesai.

Baca Juga :

Cara Mengcopy Tulisan Arab dari PDF ke Word

Ada beberapa sumber tulisan Arab yang biasa sering disalin, yakni dari website, sesama word, maupun PDF. Pada kali ini akan dijelaskan cara mengcopy tulisan Arab ke Microsoft Word 2010. Untuk seri MS Word selain itu bisa menyesuaikan.

1. Menggunakan aplikasi Word Pad

Menggunakan Word Pad adalah cara termudah yang bisa dilakukan. Anda cukup menyalin tulisan Arab dari sumber kemudian paste ke aplikasi Word Pad terlebih dahulu. Setelah itu, salin tulisan di Word Pad dan masukkan ke Microsoft Word. Dengan demikian, hasilnya akan lebih rapi.

2. Mengatur Microsoft Word

Selain cara di atas, anda juga bisa melakukan pengaturan pada Microsoft Word. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Buka Microsoft Word
  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih Language Setting
  • Pilih Bahasa Arab
  • Simpan
  • Restart aplikasi

Biasanya setelah melakukan langkah tersebut, Anda bisa copy paste dengan lebih rapi dan tidak berantakan. Selamat mencoba.

Ketahui :

Jadi, itulah tadi cara mengcopy tulisan Arab di HP, PC, dan laptop yang bisa langsung dicoba. Pada intinya, asalkan perangkat sudah mendukung bahasa tersebut, maka copy paste bisa dilakukan dengan lancar.

judul gambar
Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Apa Itu Aplikasi Administrasi RT Pintar Gratis?

Sekarang ini apapun bisa dilakukan dengan sangat mudah, termasuk administrasi RT lengkap berkat adanya aplikasi administrasi RT Gratis yang sangat membantu kepala RT dan...
Berly
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text