Cara Menghitung Biaya Pembuatan Lemari Pakaian Per Meter

2 min read

cara menghitung biaya pembuatan lemari pakaian

Membuat desain furniture dengan keinginan sendiri memang lebih efisien dan bisa sesuai dengan keinginan. Cara menghitung biaya pembuatan lemari pakaian berikut ini bisa menjadi acuan anda. Bila anda berminat untuk membuat furniture rumah, maka berikut adalah estimasi harga lemari per meter dan juga harga pembuatan lemari per meter 2020.

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Lemari Pakaian

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Lemari Pakaian Per Meter

Untuk tahu cara menghitung biaya pembuatan lemari pakaian, kita harus tahu harga pembuatan lemari per meternya. Selain itu, bahan kayu yang dipakai sebagai bahan dasar lemari memiliki harga berbeda tergantung dari jenis kayu.

Baca Dulu: Cara Menghitung Keuntungan Usaha Kredit

Harga Pembuatan Lemari Per Meter 2022

Harga pembuatan lemari per meter 2020 akan berbeda tergatung dengan banyak faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi harga antara lain adalah desain, bahan, teknik finishing sampai dengan pilihan aksesoris tambahan. Tambahan seperti cermin, lampu atau desain berbentuk 3 pintu hingga empat pintu akan mempengaruhi harga lemari.

Cara menghitung biaya pembuatan lemari pakaian akan menggunakan satuan meter persegi. Anda bisa mengukur lemari yang akan anda buat terlebih dahulu. Bila sudah menemukan ukuran panjang, lebar dan tingginya maka estimasi biaya bisa mulai dihitung. Sebagai contoh bila anda memilih bahan material kayu dengan harga Rp 1,7 juta per meternya.

Maka untuk pehitungan estimasi biayanya adalah cara mengalikan panjang dan tinggi lemari. Bila panjang dan tinggi lemari 3 meter maka anda bisa menggunakan rumus 3 x 3 x 1,5 = 13,5. Kemudian anda bisa mengalikan 13,5 dengan Rp 1,7 juta. Sehingga kisaran harga lemari yang akan buat adalah Rp13.500.000.

Harga Lemari Per Meter

  1. Jenis Material Plywood

Harga lemari per meter akan dibedakan perhitungan biayanya menjadi beberapa jenis material pembuatnya. Materail lemari pakaian ini mempunyai struktur yang berbeda beda dengan kualitas yang berbeda pula. Selain itu jenis material juga akan ditentukan oleh jenis proses Finishingnya yang juga akan mempengaruhi harga lemari.

Untuk jenis material lemari pakaian yang pertama adalah Plywood. Jenis material ini umum digunakan karena selain harganya lebih terjangkau, bahannya pun mudah dibentuk. Untuk kisaran harga Plywood dengan teknik Finishing HPL adalah Rp 1,7 juta per meter. Sedangkan untuk material Plywood dengan teknik Finishing Melamik berkisar di angka Rp 2 juta per meter.

judul gambar

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Lemari Bawah Tangga

Dan yang ketiga adalah jenis material Plywood dengan teknik Finishing Duco memiliki kisaran cara menghitung biaya pembuatan lemari pakaian dengan harga Rp 2,1 juta per meter. Anda bisa memilih ketiga jenis finishing tersebut sesuai dengan kebutuhan desain lemari pakaian. Ketiga jenis finishing tersebut mempunyai keistimewaannya masing masing.

  1. Jenis Material Kayu Jati

Jenis material yang kedua adalah kayu jati. Kayu jati terkenal karena memiliki struktur yang kokoh dan bisa lebih tahan lama bilsa digunakan. Kualitas penggunaan kayu jati memang sudah terkenal bahkan ke mancanegara. Sehingga memilih bahan material lemari pakaian menggunakan kayu jati bisa membuat furniture anda terlihat lebih klasik dan mewah.

Baca Dulu: Contoh Tabel Pengeluaran Harian Rumah Tangga

Jenis material kayu jati biasanya akan menggunakan dua teknik finishing yaitu Politur dan Melamik. Untuk jenis metarial Kayu jati dengan teknik finishing Politur, estimasi harga yang dibandrol adalah sekitar Rp 2,5 juta per meternya. Sedangkan untuk jenis material kayu jati dengan teknik finishing melamik rata rata di harga Rp 2,8 juta per meternya.

  1. Jenis Material Kayu mahoni

Jenis material lemari pakaian yang ketiga adalah menggunakan kayu mahoni. Jenis kayu ini memang tergolong istimewa dengan kualitasnya. Sehingga harga yang dibandrol juga akan relatif lebih mahal. Dengan teknik finishing Duco, lemari pakaian berbahan kayu mahoni akan dikenakan harga rata rata sebesar Rp 3 juta per meternya.

Cara menghitung biaya pembuatan lemari pakaian diatas adalah estimasi biaya yang digunakan. Sehingga estimasi yangtertera diatas bisa menjadi acuan anda dalam membuat lemari pakaian pribadi. Namun yang perlu diketahui adalah estimasi harga diatas tidaklah bersifat mutlak. Harga tersebut bisa berubah dengan banyak faktor seperti bahan dan pengrajinnya.

Baca Dulu:

Banyak faktor yang menentukan lemari pakaian bisa terlihat menarik dan tidak membuat ruangan sesak. Membuat lemari pakaian custom yang menyesuaikan dengan luar ruangan adalah salah satunya. Selain itu anda juga bisa mempertimbangkan tinggi ruangan. Itulah beberapa tips dan estimasi harga lemari yang bisa anda gunakan sebagai acuan.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.