Contoh Laporan Penjualan Barang Online Sederhana

2 min read

contoh laporan penjualan barang sederhana

Membuat contoh laporan penjualan barang sederhana sangatlah mudah. Sebagai pelaku usaha dengan skala besar maupun kecil, jangan sekali-kali meremehkan penulisan segala transaksi, terutama untuk transaksi penjualan.

Contoh Laporan Penjualan Barang Sederhana

Segala informasi terkait transaksi penjualan berikutnya akan dimasukkan ke laporan penjualan. Dengan dibuatnya laporan ini, semakin memudahkan kita dalam mengontrol manajemen usaha dan pengambilan keputusan dalam harga, pemasaran, serta metode penjualan.

Baca Dulu : Contoh Pembukuan Online Shop Baju

Arti Contoh Laporan Penjualan Barang Sederhana

Laporan penjualan sendiri merupakan suatu laporan mengenai seluruh informasi terkait penjualan. Di mana setiap transaksinya disusun dengan tepat, baik untuk per konsumen hingga segala perinciannya yang akan dilakukan analisa. Umumnya laporan ini berisikan mengenai informasi harga jual barang banyaknya jumlah produk yang terjual, total penjualan keseluruhan, serta total penjualan dari setiap produk.

Laporan ini akan dipakai sebagai bahan evaluasi. Dari sini kita bisa mengetahui apakah penjualan di suatu periode waktu tertentu mengalami penurunan dan peningkatan.

Format contoh laporan penjualan makanan

1. Laporan neraca

Laporan ini berisikan tentang nilai posisi pasiva dan aktiva perusahaan. Hasil akhir dari kedua nilainya harus seimbang dan secara keseluruhan laporannya akan diringkas pada satu periode. Saat menyusunnya terdapat beberapa komponen penting yang dibutuhkan, seperti aset, modal, dan liabilities.

2. Laporan laba/rugi

Isi dari laporan ini yaitu mengenai selisih pengeluaran dan pemasukan modal perusahaan. Di dalamnya kamu juga harus menyusunnya menjadi 3 bentuk laporan, yaitu:

  • Laporannya disusun dari atas ke bawah (staffel).
  • Penulisan pendapatan utama dipisahkan dengan penulisan pendapatan sektor lain.
  • Menuliskan semua unsur dana, baik pendapatan ataupun pengeluaran.

3. Laporan perubahan modal

Laporan ini akan berguna jika terjadi permasalahan atau kerugian pada perusahaan. Dengan begitu, semua modal perusahaan secara otomatis akan menyusut. Pada laporan ini kamu harus mencantumkan berbagai elemen seperti modal awal, pengambilan dana, dan laba/rugi

4. Laporan arus kas

Tujuan dibuatnya arus kas ini yaitu guna mengetahui berbagai data dari arus kas yang keluar dan masuk. Selain itu, juga untuk mengetahui banyaknya anggaran kas yang dihabiskan. Jadi, kita bisa mengetahui apakah pendapatan dan pengeluaran anggaran tersebut seimbang atau tidak jumlahnya. Arus kas ini terdiri dari 3 sumber besar, diantaranya aktivasi investasi, aktivasi belanja, dan aktivasi usaha.

Baca Juga :

judul gambar

Contoh laporan penjualan produk online

Contoh laporan penjualan produk online

Contoh laporan penjualan produk online atau barang biasa kita lihat seperti dibawah ini:

contoh laporan penjualan barang sederhana

contoh laporan penjualan produk online

Download

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dimasukkan ke laporan untuk usaha produk online, diantaranya:

1. Buku pemasukan

Tujuan dibuatnya buku ini yaitu guna mengetahui besaran pemasukan atau penjualan secara harian. Termasuk dalam hal ini yaitu terdapat donasi dari investor maupun komisi dari supplier.

2. Buku pengeluaran

Menulis berbagai pengeluaran yang dilakukan dapat membantu pelaku usaha dalam mengelola finansial perusahaannya. Masing-masing usaha dapat mempunyai format yang tidak sama, tetapi yang terpenting yaitu harus dapat dipahami oleh pelaku bisnis.

Buku pengeluaran ini sangat bermanfaat dalam menentukan banyaknya jumlah dana keluar beserta pemakaiannya. Perlu kamu ingat untuk jangan lupa melampirkan nota atau bon dari segala pembayaran yang dialami.

3. Buku catatan stok barang

Apabila kamu bekerja sebagai dropshipper, buku catatan ini tidak begitu kamu butuhkan. Namun, jika suatu saat kamu akan menjadi seorang reseller ataupun supplier, buku ini catatan stok ini penting untuk kamu miliki. Hal itu karena, buku ini sangat membantumu dalam menentukan banyaknya barang yang masuk, terjual, hingga yang masih ada pada setiap bulannya.

Ketahui :

Nah, itulah dia arti dan format dari contoh laporan penjualan barang sederhana. Diharapkan informasi tersebut dapat membantumu yang hendak menyusun laporan keuangan yang begitu sederhana.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.