Contoh Nota Pembelian / Penjualan Baju Tulis Tangan Online Shop

2 min read

contoh nota penjualan online shop

Panduan Office — Bagi kalian yang sedang mencari contoh nota penjualan online shop, maka artikel ini akan sangat cocok dengan kalian karena di dalamnya akan disajikan juga contoh nota tulis tangan dan contoh nota pembelian baju.

Contoh Nota Penjualan Online Shop

Baca Juga : Contoh Nota Toko Komputer

Contoh Nota Penjualan Online Shop

Nota merupakan suatu bentuk catatan yang memuat mengenai bukti terjadinya transaksi tertentu. Nota ini digunakan sebagai tanda bukti atau barang bukti yang sifatnya sah atas pembelian suatu jasa atau barang yang sebelumnya sudah disepakati oleh pihak penjual dan pembeli. Nota ini dibuat oleh pihak penjual yang kemudian diberikan kepada pihak pembeli.

Contoh Nota 1

contoh nota penjualan online shop

Pada umumnya, nota sendiri dibuat dalam 2 rangkap yang mana 1 lembar diberikan kepada pihak pembeli dan sisanya untuk pihak penjual. Ada pun komponen – komponen yang biasanya ada dalam sebuah nota, sebagai berikut:

  1. Nama dari perusahaan yang terkait baik itu penjual maupun pembeli
  2. Nomor nota sebagai pertanda terjadinya sebuah transaksi
  3. Tanggal terjadinya transaksi jual beli
  4. Kuantitas barang yang keluar dari pihak penjual
  5. Jenis barang yang ditransaksikan
  6. Harga dari satuan barang
  7. Jumlah dari harga barang
  8. Total dari keseluruhan harga barang
  9. Nama terang dari pihak penerima dan pihak pembeli

Baca Juga :

Contoh Nota 2

contoh nota penjualan online shop

Fungsi Nota

Fungsi Nota

Ada pun beberapa fungsi dari nota yang harus kalian ketahui, sebagai berikut:

judul gambar
  • Untuk mengetahui kuota barang yang sebelumnya sudah terjual.
  • Untuk mengetahui jumlah dari total pembayaran produk dalam suatu pembelian.
  • Digunakan sebagai bukti penerimaan barang yang sah.
  • Digunakan sebagai tanda bukti yang sah bahwa suatu transaksi sudah berlangsung.
  • Sebagai sumber data yang akan digunakan di dalam pembukuan suatu instansi atau perusahaan dalam suatu periode tertentu.

Jenis – Jenis Nota

Di bawah ini akan dipaparkan mengenai jenis – jenis nota yang ada di lingkungan transaksi jual beli yang perlu kalian ketahui, sebagai berikut:

1. Nota Cash

Nota cash merupakan sebuah nota sebagai bukti atas terjadinya suatu transaksi jual beli barang yang ditransaksikan secara tunai. Biasanya jenis nota ini dibuat dalam 2 rangkap yang mana nota asli akan dipegang oleh pihak toko sebagai bentuk arsip dan sisanya diberikan kepada pihak pembeli.

2. Nota penjualan

Nota penjualan merupakan suatu bentuk nota sebagai sebuah bukti yang sah dari pembelian produk secara cash atau tunai yang diberikan dari penjual kepada pihak pembeli. Nota ini biasanya ada 2 rangkap yang mana halaman pertama akan dibawa oleh pihak pembeli dan halaman kedua diberikan kepada pihak penjual sebagai bukti yang sah.

3. Nota debit

Nota debit merupakan nota yang dibuat sebagai tanda bukti yang dibuat oleh pihak perusahaan yang mana pihak perusahaan sudah membuat perkiraan yang ditujukan kepada pelanggan yang disebabkan oleh beberapa hal. Nota debit ini nantinya akan dikirimkan oleh perusahaan kepada pihak customer karena barang yang sudah dibeli dikembalikan karena suatu kerusakan atau barang yang dipesan tidak sesuai dengan pesanan pembeli.

4. Nota kredit

Nota kredit merupakan jenis nota sebagai bukti atas terjadinya suatu transaksi kepada penerimaan dan pengembalian barang yang sebelumnya sudah dijual secara kredit kepada pihak tertentu. Barang yang sudah dijual dapat dikembalikan lagi apabila tidak sesuai dengan pesanan atau mengalami kerusakan.

Contoh Nota Tulis Tangan

Contoh Nota Tulis Tangan

Nota di Tulis Tangan

Contoh Nota Pembelian Baju

Nota Pembelian Baju

Cara Membuat Nota Penjualan

Bagi kalian yang hendak membuat nota penjualan, ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk membuat nota penjualan. Bagi kalian yang menginginkan nota dengan sajian tampilan grafis yang keren, kalian bisa menggunakan piranti editor software seperti Coreldraw atau Canva.

Ketahui :

Contoh nota penjualan online shop si atas semoga dapat bermanfaat.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.