Download Contoh Laporan Stok Barang Harian Excel Manual Sederhana

2 min read

download contoh laporan stok barang harian excel

Download contoh laporan stok barang harian Excel dibawah ini untuk membantu pekerjaan administrasi. Contoh pembukuan stok barang manual ini cukup sederhana dan mudah untuk kita buat. Namun karen sederhana tersebut, maka input barang dilakukan secara manual dan dilakukan harian atau tiap hari. Hasil akhir, kita ketahui stok akhir dari barang yang ada setiap harinya.

download contoh laporan stok barang harian excel

Jika Anda tertarik, berikut cara membuat laporan pembukuan stok barang harian secara manual dengan tabel sederhana di Excel.

Download Contoh Laporan Stok Barang Harian Excel

Microsoft Excel adalah aplikasi yang sangat membantu dalam pembuatan laporan terkait administrasi. Microsoft Excel bisa digunakan untuk mengelola data dan menyusun stok barang. Banyak fitur yang ditawarkan dan juga memudahkan anda dalam melakukan pengeditan laporan. Sehingga aplikasi ini cocok untuk mengelola bisnis yang berhubungan dengan stok.

Baca Juga: Download Format Absensi Siswa Excel

Cara Download File Excel Stok Barang juga bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Aplikasi satu ini bisa anda buka tak hanya pada PC atau laptop saja namun juga bisa melalui perangkat smartphone. Hal ini tentu akan membuat pekerjaan update stok anda lebih terasa efisien dan bisa dilakukan dimana saja sewaktu waktu.

Contoh Pembukuan Stok Barang Manual Sederhana

Contoh pembukuan stok barang dengan Excel ini dengan cara manual dengan tabel yang sederhana. Anda juga bisa dowload filenya di pada link dibawah.

Yang pertama, silahkan buat tabel Excel seperti biasa dan buat kolom header. Misal dibuat kolom header dengan No, Nama Barang, Kode Barang, Stok Awal, Jumlah barang masuk dan keluar, dan Stok Akhir.

Baca Juga: Contoh Laporan Keuangan Kas RT Excel

Disini, kita input data pada kolom Stok Awal, Jumlah Barang Masuk dan Jumlah Barang Keluar secara manual.

Kemudian, pada kolom Stok Akhir kita pakai rumus:

Stok Awal + Jumlah Barang Masuk – Jumlah Barang Keluar

Lalu, kita tinggal cop rumus tersebut kebawah sampai baris sesuai kebutuhan. Hasilnya, seperti berikut ini:

download contoh laporan stok barang harian excel

Selesai

Download File

***

Baca Dulu: Download Aplikasi Data Penduduk Gratis Excel

Anda bisa sesuaikan kolom header dan mengikuti langkah – langkah dalam menggunakan aplikasi Excel, misalnya seperti cara dibawah ini:

judul gambar
  1. Membuat Header Stok Barang

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka aplikasi kemudian membuka lembar Spreadsheet. Lanjut dengan klik A1 di cell pertama. Anda bisa mengetikkan nama kolom yang diperlukan seperti “ID Produk”, “Nomor Produk”, “Nomor” atau ”Nomor Katalog”. Setelah itu anda bisa masuk ke cell B1 dan menakan Tab di keyboard untuk memindahkan cell ke kanan.

Anda bisa mengetikkan data yang diperlukan seperti “Diterima”, “Barang Masuk”, “Tgl Masuk” atau istilah untuk pelacakan barang lainnya. Kemudian ulangi cara yang sama untuk membuat kolom pada cell C1, D1, E1 hingga F1. Hal ini akan membuat anda selesai membuat Contoh Pembukuan Stok Barang Manual  dalam tahap membuat header dasar.

Baca Juga: Cara Membuat Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam di Excel

2. Format Kolom

Langkah berikutnya setelah download file excel stok barang sederhana adalah mengelola kolom. Anda mulai pada garis antar kolom A dan B dengan klik dua kali untuk mengatur lebar. Anda bisa mengulangi cara yang sama untuk semua kolom. Kemudian setelah diatur anda bisa mulai melakukan format excel. Anda bisa memulainya dengan membuat judul stok barang.

Anda bisa mengklik kolom kemudian klik kanan dan memilih insert. Proses ini akan membantu memasukkan baris kosong diatas Header. Kemudian anda bisa memberi nama kolom tersebut seperti “Stok Komputer”. Anda bisa klik cell A1 kemudian perlahan seret kursor hingga cell F1 lalu lanjut klik “Merge & Center” pada Alignment di tab Home.

Ketahui: Rumus menghitung Debet Kredit

  1. Edit Kolom

Anda bisa memberi variasi pada kolom yang anda buat dengan memilih warna atau jenis font. Usahakan untuk header menggunakan font yang menonjol daripada lainnya. Anda bisa membesarkan sedikit font pada header untuk membedakannya. Semua opsi mengeditan font, warna dan ketebalan font ini tersedia di grup Font pada tab Home.

Anda juga bisa menambahkan border sebagai sekat tiap kolom. Hal ini akan membuat anda lebih mudah dalam membaca data dan download file excel stok barang sederhana. Anda bisa mulai dengan klik cell yang akan di border, kemudian klik “Thick Outside Border”.  Laporan anda akan terlihat lebih rapi dan profesional bila seperti ini.

  1. Penyimpanan File

Setelah proses pengeditan jumlah dan fungsi kolom yang dingin selesai. Maka anda bisa mulai untuk menampilkan header stok barang dengan permanen. Caranya dengan masuk ke View dan klik Freeze Panes. Dengan cara ini anda tidak akan kehilangan header walaupun sudah jauh melakukan scroll kebawah. Dan form siap digunakan.

Ingat selalu menyimpan hasil pekerjaan anda setelah download contoh laporan stok barang harian excel. Caranya dengan membuka tab File kemudian klik Save As. Setelah itu, anda bisa memberi nama pada file tersebut seperti “Daftar stok komputer“. Kemudian lanjut dengan klik Save. Maka laporan anda akan tersimpan otomatis.

Baca Juga:

Pembuatan laporan akan lebih mudah seiring dengan perkembangan digital saat ini. Hampir semua proses adminitrasi perusahaan sudah menggunakan sistem komputerisasi. Data yang diolah akan semakin banyak dan juga bisa dilakukan dengan mudah. Cara ini juga akan meminimalisiir kesalahan yang terjadi karena salah membaca data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *