Download File Slip Gaji Karyawan Excel Otomatis

2 min read

Download slip gaji Excel otomatis

Membuat slip gaji memang susah-susah gampang sehingga beberapa orang perlu download slip gaji Excel otomatis sebagai alat bantu. Hampir setiap perusahaan membutuhkannya sebagai tanda bahwa gaji telah sah diberikan kepada karyawan. Sayangnya, banyak orang masih merasa bingung ketika ingin membuatnya, terutama bagi yang baru terjun di dalamnya. Namun, jangan khawatir karena semua akan dibahas pada kali ini.

Download slip gaji excel otomatis

Pada umumnya, ada dua cara yang bisa dilakukan dalam pembuatan bukti pembayaran gaji, yakni secara manual dan otomatis. Secara manual mungkin lebih mudah dilakukan karena tinggal menuliskan beberapa unsur lalu memasukkan isian sesuai data. Akan tetapi, apabila jumlah karyawan sudah terlalu banyak, maka otomatisasi perlu dilakukan agar tidak membuang banyak waktu.

Baca Juga : Cara Menghitung Persen Potongan Gaji

Format Slip Gaji Sederhana

Format Slip Gaji Sederhana

Sebelum berlanjut ke bagian berikutnya, akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana format sederhana dari slip upah. Meskipun sederhana, format ini harus sesuai dengan UU Ketenagakerjaan No. 13 tahun 2003. Secara garis besar, berikut ini adalah formatnya.

1. Upah pokok karyawan

Upah pokok merupakan komponen paling penting yang harus ada. Istilah tersebut mendeskripsikan jumlah imbalan dibayarkan kepada karyawan oleh pemberi karyawan. Mengenai jumlahnya, setiap perusahaan pasti memiliki kebijakan masing-masing tergantung dari posisi, level, tingkat kesulitan, ataupun kesepakatan antara kedua belah pihak pada masa wawancara kerja.

2. Tunjangan karyawan

Selain mendapatkan gaji pokok, karyawan biasanya juga diberikan tunjangan. Secara umum, terdapat dua jenis tunjangan, yakni tetap dan tidak tetap. Tunjangan tetap dibayar secara teratur dalam waktu sama. Sementara itu, tunjangan tidak tetap dibayar secara langsung maupun tidak langsung secara tidak tetap. Besarnya juga tergantung dari kebijakan setiap perusahaan.

3. Potongan gaji

Selanjutnya adalah potongan gaji. Alasan kenapa terdapat pemotongan adalah untuk beberapa keperluan seperti pajak penghasilan, asuransi kesehatan, dan sebagainya. Di bagian ini biasanya akan dituliskan berapa nominal potongan dari masing-masing karyawan.

4. Informasi potongan pajak

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, antara perusahaan dengan karyawan harus terdapat transparansi, terutama pada perihal upah. Oleh karena itu, pada slip upah harus terdapat informasi terkait potongan pajak tersebut. Informasi ini nantinya juga akan memudahkan ketika melakukan laporan SPT tahunan.

5. Upah lembur

Terakhir adalah upah lembur. Beberapa perusahaan memang kerap menerapkan kerja lembur apabila memang dibutuhkan. Ketika ini diterapkan, maka karyawan akan bekerja dengan jam kerja lebih banyak dari biasanya. Sebagai kompensasi, upahnya pun juga akan terdapat tambahan. Inilah nantinya akan dituliskan sebagai upah lembur pada slip.

Ketahui :

Download Slip Gaji Guru Excel Otomatis

Slip Gaji Guru Excel Otomatis

judul gambar

Di era teknologi seperti saat ini, otomatisasi memang perlu dilakukan agar setiap pekerjaan menjadi lebih efisien. Salah satu contohnya adalah dalam pembuatan file slip gaji karyawan. Biasanya pembuatan dilakukan menggunakan Microsoft Excel. Secara garis besar, berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Membuat tabel

Tabel ini nantinya akan diisi beberapa unsur seperti gaji pokok, tunjangan, dan sebagainya.

2. Membuat new sheet

Tujuan dari pembuatan new sheet adalah memberikan rincian seperti nama karyawan, nomor induk, jabatan, dan lain-lain.

3. Mengatur rumus

Slip gaji Dengan Rumus

Rumus yang bisa digunakan dalam otomatisasi gaji adalah VLOOKUP. Fungsinya adalah untuk mengambil data dari tiap-tiap kolom seperti pajak, tunjangan, serta upah pokok.

Agar lebih mudah, Anda bisa download slip gaji guru excel otomatis berikut ini. Tidak hanya untuk guru, contoh tersebut bisa diterapkan ke pekerjaan lain dengan sedikit penyesuaian.

Untuk contoh slip gaji  format Excel bisa Anda download dibawah ini:

 

download slip gaji excel otomatis

Download

 

Slip gaji lainnya dalam format Excel yang bisa Anda download juga bisa Anda coba di link dibawah ini.

download slip gaji excel otomatis
Download slip gaji Excel otomatis

Download

Download Slip Gaji Word Otomatis

Selain Excel, Microsoft Word juga bisa digunakan untuk membuatnya. Sebagai referensi, Anda dapat mengunduhnya di sini.

Slip gaji word otomatis

Baca Juga :

Itulah tadi sedikit pembahasan mengenai contoh serta download slip gaji Excel otomatis. Semoga penjelasan di atas bisa membantu dalam pembuatan slip secara tepat.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.