Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Contoh Format Daftar Absensi Siswa Doc

2 min read

format absensi siswa doc

Bagi seorang guru ataupun dosen, tentu Anda harus mengetahui tentang format absensi siswa doc. Pasalnya, kebutuhan absensi pada saat proses belajar mengajar merupakan hal yang wajib ada.

Format Absensi Siswa Doc
Format Absensi Siswa Doc

Sebetulnya, untuk bisa membuat lembaran absensi seperti itu bukanlah hal yang terlalu sulit. Bahkan, Anda hanya tinggal download saja dan kemudian melakukan format editing sesuai dengan kebutuhan.

Meskipun terbilang mudah, rupanya tidak sedikit orang yang belum begitu paham tentang cara pembuatan absensi tersebut. Nah, bagi yang ingin tahu, langsung saja simak ulasan format pembuatannya sebagai berikut.

Baca Juga : Cara Mengisi Buku Agenda Surat Keluar

Format Pembuatan Absensi Siswa Doc

Format Pembuatan Absensi
Format Pembuatan Absensi

Dalam proses pembuatan absensi, tentu Anda tidak bisa memasukkan kolom tabel secara sembarangan. Terdapat beberapa format khusus untuk mengisi kolom-kolom tersebut agar absensi bisa dibuat dengan baik.

Contoh Daftar Absensi
Contoh Daftar Absensi

Format Absensi Mahasiswa Doc
Format Absensi Mahasiswa Doc

judul gambar

Format tersebut biasanya sudah digunakan pada beberapa contoh daftar absensi yang Anda cari di internet. Namun, untuk mengetahuinya lebih jauh, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk menyimak penjelasan format absensi tersebut.

1. Judul

Di bagian paling atas absensi, tentu Anda tidak boleh ketinggalan untuk memberikan judul yang jelas. Anda bisa menyesuaikan judul sesuai dengan kelas yang diampu oleh Anda.

Setelah itu, di bagian bawahnya bisa ditambahkan tanggal dan hari waktu absensi tersebut digunakan. Hal itu bertujuan agar dapat memudahkan Anda dalam proses rekap data bulanan.

Artikel Lainnya :

2. Nomor Data

Format berikutnya yang wajib ada pada saat Anda membuat halaman absensi adalah nomor data. Hal ini tidak hanya berlaku untuk absensi siswa saja tetapi juga untuk format absensi mahasiswa doc juga.

Penempatan nomor data ini bisa ditaruh pada bagian kolom paling kiri. Untuk isi nomor data tersebut adalah nomor 1 sampai dengan nomor jumlah siswa atau mahasiswa yang ada di kelas.

3. NISN

Hal lain yang wajib ada pada format pembuatan halaman absensi adalah NISN dari siswa. Nomor induk tersebut merupakan nomor yang telah diberikan kepada para siswa sejak masuk pertama kali ke sekolah.

Dalam menuliskan nomor induk siswa ini, Anda tidak boleh melakukan kesalahan penulisan. Pasalnya, kesalahan tulis dapat menyebabkan akibat yang cukup fatal untuk proses belajar mengajar ke depannya.

4. Nama Siswa

Format berikutnya yang wajib ada pada format absensi siswa pdf atau doc adalah nama siswa. Nama tersebut diisi berdasarkan siswa-siswi yang berada di dalam kelas.

Biasanya, penulisan nama tersebut diurutkan berdasarkan abjad mulai dari huruf A sampai dengan huruf Z. Pengurutan nama berdasarkan alfabet ini juga dapat menentukan nomor absen siswa pada saat di kelas.

5. Tanggal

Berikutnya, tanggal dalam satu bulan juga tidak boleh dilewatkan dalam format saat Anda membuat absensi siswa di kelas. Pemberian tanggal ini dapat memudahkan guru untuk memasukkan tanda check list pada kehadiran siswa.

6. Nilai Kompetensi

Pada format bagian akhir, Anda dapat memberikan kolom nilai kompetensi untuk siswa yang diampu. Hal ini bisa digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan guru dalam memberikan nilai akhir pada siswa yang dibimbingnya.

Selain itu, nilai tersebut juga bisa dijadikan pengingat untuk memberikan nilai tambahan kepada siswa yang mungkin aktif pada saat proses belajar mengajar. Anda bisa mengisi kolom nilai ini dengan angka tertentu untuk memudahkan dalam penilaian.

Ketahui :

Kurang lebih seperti itulah tadi berbagai macam format contoh daftar absen yang benar untuk Anda terapkan. Pastikanlah semua format yang dijelaskan di atas Anda masukan agar absensi yang dibuat hasilnya baik.

judul gambar
Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text