Untuk Melakukan Justify Suatu Teks Atau Paragraf Ditunjukkan Ikon Nomor

Soal Microsoft Word #10

Soal Microsoft Word dan jawabannya #11

Perhatikan gambar dibawah ini!

Untuk melakukan Justify suatu teks atau paragraf ditunjukkan ikon nomor

Untuk melakukan Justify suatu teks atau paragraf ditunjukkan ikon nomor …

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

E. 5

 

Jawab: D. 4

 

Pembahasan sub menu paragraf pada Microsoft Word

Nama ikon dari soal diatas yaitu:

  • Nomor 1 adalah Align Left
  • Nomor 2 adalah Center
  • Nomor 3 adalah Align Right
  • Nomor 4 adalah Justify
  • Nomor 5 adalah Line and Paragraph Spacing

Berikut penjelasannya:

Justify

Fungsi Justify adalah pengaturan teks pada Microsoft Word untuk menampilkan teks rata kanan – kiri pada suatu paragraf. Pengaturan rata kanan dan kiri bisa dilakukan 1 atau lebih paragraf / alinea.

Untuk melakukan Justify suatu teks atau paragraf ditunjukkan ikon nomor

Untuk mengatur 1 paragraf cukup letakkan kursor paragraf tersebut. Bisa ditengah, pinggir atau depan yang penting masih dalam tubuh paragraf /alinea tersebut.

Jika ingin mengatur beberapa paragraf maka tinggal kamu blok semua paragraf yang mau diatur Justify nya. Lalu setelah kamu seleksi, klik ikon nomor 4 seperti contoh soal diatas. Ikon tersebut ada pada menu Home >> Paragraph.

Ikon justify digambarkan dengan garis-garis yang sama rata, baik kanan dan kirinya. Ini menunjukkan jika paragraf juga memiliki kesamaan yakni rata dibagian kanan dan kiri.

Selain dengan ikon seperti No. 4 diatas, untuk menampilkan teks rata kanan kiri atau Justify dapat menggunakan shortcut keyboard untuk menampilkan rata kanan kiri.

Shortcut / sort key untuk Justify teks adalah Ctrl + J. Sekedar untuk mengingat-ingat, “J” disini adalah Justify. Sehingga kamu bisa langsung mengingat saat mau mengatur teks rata kanan-kiri.

Pada grup Paragraph ini, selain pengaturan Justify, juga terdapat pengaturan teks lainnya.

Fungsi Align Left

Fungsi Align Left adalah mengatur teks pada suatu paragraf / alinea untuk rata kiri.

Secara default, dokumen Microsoft Word memiliki pengaturan Align Left. Artinya saat kamu membuka program Word lalu mulai mengetik teks maka otomatis teks memiliki posisi rata sebelah kiri atau sudah terseting Align Left.

Shortcut tombol keyboard yang digunakan untuk Align Left adalah Ctrl + L.

Fungsi Align Right

Fungsi dari Align Right adalah untuk mengatur alinea atau paragraf pada rata kanan. Jika memakai shortcut keyboard yaitu dengan tombol Ctrl + R.

Fungsi Center

Fungsi Center Align adalah untuk mengatur teks atau paragraf untuk berada pada posisi tengah dari kertas atau lembar kerja. Jika menggunakan shortcut tombol keyboard yaitu Ctrl + E.

Line and Paragraph Spacing

Fungsi Line and Paragraph Spacing adalah mengatur jarak antar baris teks dalam suatu paragraf. Ini berguna jika kamu memakai font tertentu agar jarak baris tidak terlalu dekat atau tidak terlalu jauh. Kamu tinggal seleksi tulisan atau paragraf lalu pilih Line and Paragraph Spacing.

Leave a Reply