Cara Membuat Nota Di Excel, Download Contoh Nota Penjualan Excel!

Bagaimana cara membuat nota di Excel? Bisa membuat struk belanja sendiri dengan Excel tentunya sangat mengasyikkan. Apalagi cara tersebut otomatis, tinggal memasukkan kode barang. Disini Anda bisa membuat struk pembayaran atau penjualan dengan Excel secara mudah. Template contoh nota penjualan Excel bisa Anda download di akhir artikel secara gratis.


cara membuat nota di excel

Nota dibutuhkan untuk berbagai keperluan sebagai bukti fisik penjualan di suatu toko maupun perusahaan. Namun, masih banyak yang belum mengetahui cara membuat nota di Excel dengan baik dan benar. Padahal, bisa saja menggunakan template yang tersebar di internet.

Kamu juga tidak perlu membeli aplikasi nota penjualan yang sangat mahal. Hasilnya, kamu akan lebih menghemat biaya perusahaan atau toko yang sedang digeluti. Nota tersebut, nantinya bisa kamu gunakan sebagai alat bukti transaksi.

Bagi yang sudah penasaran bagaimana cara buat nota di Excel berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan.

Cara Membuat Nota Penjualan di Excel

Cara bikin nota di Excel adalah sebagai berikut.

  1. Buka Ms Excel dan langsung buat lembar kerja baru
  2. Buat 2 sheet dengan nama Data Barang dan Nota Penjualan
  3. Sheet pertama, silakan input Kode Barang, kolom kedua Nama Barang, dan juga kolom Harga Satuan. Jangan lupa rename / beri nama pada sheet pertama dengan nama “dtbarang”.

cara membuat nota di excel

  1. Setelah itu, beri nama pada tabel data ini dengan cara, seleksi mulai dari kolom Kode Barang sampai Harga satuan kemudian drag turun terus sampai baris ke 200. Pada Name Box, ubah nama jadi “barang” lalu Enterubah kode barang
  2. Pada kolom Kode Barang, blog kolom Kode Barang, turun sampai baris ke 200 dan pada kotak Name Box ganti dengan nama “kdbarang” lalu tekan Enter.
  3. Setelah itu, silakan isi kolom Nama Barang secara otomatis dengan rumus:
    =IFERROR(INDEX(barang,MATCH(B9,kdbarang_BRG,0),2),” “)
  4. Copy rumus diatas sampai baris terakhir pada Nota Penjualan pada kolom Nama Barang.
  5. Untuk kolom Harga, pada kolom E9 gunakan rumus:
=IFERROR(INDEX(barang,MATCH(B9,kdbarang_BRG,0),3),” “)

 

Lalu drag sampai akhir baris Nota Penjualan.

  1. Untuk kolom Sub Total, pakai rumus:
=IFERROR(E9 * F9,””)

 Copy / Fill sampai baris terakhir dari Nota Penjualan.

  1. Untuk kolom Total Bayar pakai rumus:
=IFERROR(SUM(G9:G23),””)
  1. Rumus diatas bisa kamu gunakan untuk mendapatkan kode dari sheet 1 yang merupakan Data Barang.
  2. Pada kolom Jumlah Beli, isilah sesuai dengan jumlah barang yang dibeli oleh konsumen
  3. Pada bagian tanggal, silakan gunakan tanggal nota otomatis dengan rumus =NOW()

cara membuat nota di excel

Itulah beberapa cara membuat nota di Excel yang bisa kamu lakukan.

Download Template Contoh nota Penjualan Excel

Agar lebih jelas, silakan simak contoh nota Excel berikut ini.

Contoh nota Excel

Itu adalah contoh nota Excel yang bisa Anda jadikan referensi dan Anda gunakan. Kami jadikan dalam 1 file yang siap untuk digunakan dan Anda jadikan nota penjualan otomatis.

Bagi yang tidak ingin repot untuk membuat sendiri atau tanpa aplikasi, silakan download file nota Excel gratis yang akan disediakan pada link di bawah ini.

Download

Cara Membuat Struk Belanja di Excel

Cara membuat struk pembayaran dengan excel tergolong sulit dan juga tidak praktis. Selain itu, jika kamu baru belajar untuk membuatnya, ditakutkan ada kesalahan ketika melakukan input data. Maka dari itu, lebih baik gunakan beberapa software cetak struk belanja yang akan disediakan berikut ini.

  1. Software Jurnal

Di software ini, kamu bisa membuat beberapa hal seperti laporan bisnis dan keuangan, pembuatan invoice atau faktur, dan juga pembuatan inventory atau stok barang. Di dalamnya, kamu akan diberikan beberapa fitur yang ramah pengguna karena sistemnya memang sederhana.

Dengan menggunakan software ini, kamu bisa meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi saat proses input data ataupun ketika pencatatan penjualan. Kamu juga bisa menggunakan fitur pembuatan invoice secara otomatis. Jadi, ketika ada yang membeli barang, kamu tidak perlu membuat rincian detailnya sendiri.

Tapi, kamu harus membeli software ini juga ingin menggunakannya. Ada beberapa layanan seperti Starter, Pro, Enterprise, sampai Enterprise++. Pilihlah sesuai dengan kebutuhanmu.

  1. Software Accurate

Selain software di atas, kamu juga bisa menggunakan software Accurate yang akan memudahkanmu dalam proses pembuatan struk pembelian. Jadi, kamu tak perlu repot lagi membuat struk penjualan secara manual dengan menggunakan excel dan lain sebagainya.

Di software ini, kamu akan sangat dimudahkan ketika menggunakannya karena tampilan yang sederhana lagi ramah pengguna. Kamu bisa menggunakan software ini untuk membuat buku besar, faktur, dan lain sebagainya. Ada beberapa fitur yang ditawarkan. Semakin banyak fitur, maka harganya juga akan semakin tinggi.

Baca Juga:

  1. Myob

Software lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Myob. Fungsinya juga sama dengan kedua aplikasi di atas. Akan tetapi, untuk aplikasi ini belum tersedia dalam versi bahasa Indonesianya. Kamu harus sedikit menguasai bahasa inggris untuk bisa menggunakannya.

  1. Zahir

Software lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membuat struk adalah Zahir. Dengan software ini, kamu bisa membuat pencatatan yang memakai nomor serial, pengelolaan persediaan komprehensif, dan juga mengatur penjualan serta pembelian barang.

Zahir, memiliki user interface yang sederhana dan menjadikannya mudah untuk digunakan. Misalnya saja, untuk membuat invoice digital. Kamu bisa mulai dengan memilih kontak invoice penjualan, lalu isilah formulir sesuai kebutuhan, dan invoice sudah bisa langsung dicetak setelahnya.

Software ini memang dikembangkan khusus untuk kebutuhan pembukuan baik bagi yang berprofesi sebagai Freelance, distribusi, dagang, manufaktur, restoran, dan juga beberapa usaha lain yang sejenis.

Bagusnya, software ini menyediakan layanan free trial untuk mencoba beberapa fitur yang adal di dalamnya.

Beberapa software diatas yang bisa kamu gunakan agar tidak perlu repot membuat struk sendiri. Walaupun demikian, kamu harus bersedia menyisihkan sebagian biaya untuk berlangganan atau langsung membeli software di atas agar bisa menggunakannya.

Artikel Terkait:

Demikian uraian tentang cara membuat nota di excel lengkap dengan rekomendasi software cetak struk serta link untuk mendownload file nota maupun template nota di Excel yang bisa kamu gunakan secara gratis. Semoga membantu.

Leave a Reply