Berly Menyukai dunia traveling, blogging, menulis di blog sejak 2014 sampai sekarang.

Cara Membuat Struk Belanja Sendiri Dengan Ms Word

2 min read

cara membuat struk belanja dengan word

Cara membuat struk belanja dengan Word bisa Anda coba sendiri dirumah menggunakan komputer atau laptop. Cara membuat struk sendiri menggunakan aplikasi MS Word terbilang mudah. Cukup ikuti langkah dibawah ini, dan format struk belanja siap Anda cetak dengan printer.


cara membuat struk belanja dengan word

Struk belanja merupakan alat bukti penerimaan atau pembelian dalam sebuah transaksi. Contohnya saat anda belanja di minimarket seperti Indomaret, pastinya akan diberikan struk oleh petugas kasir. Adanya struk tersebut bisa meningkatkan kredibilitas, sehingga wajib dihadirkan apabila anda memiliki toko sendiri. Berikut format dan cara membuat struk belanja dengan Word secara mudah.

Cara Membuat Struk Belanja Sendiri dengan Microsoft Word

  1. Atur Ukuran Kertas

Saat membuat struk belanja menggunakan Microsoft Word, pertama tama anda perlu mengatur ukuran kertas pada lembar kerja. Dimana pada umumnya struk belanja yang banyak digunakan memiliki ukuran kertas A6, dan bisa diatur melalui menu Page Layout lalu pilih Size dan cari opsi A6. Bisa juga dengan More Paper Size dan isi secara manual, 5.83 inci untuk height dan 4.13 inci untuk width.

  1. Buat Bagian Kepala Nota

Sama seperti cara membuat struk belanja Indomaret dengan Excel, anda perlu membuat bagian kepala nota sebagai langkah awal. Kepala nota sendiri umumnya berisi nama toko, alamat toko, nomor telepon toko, nomor nota, dan juga tanggal penjualan. Di bagian kepala nota ini juga bisa ditambah loga bisnis apabila ada.

Baca Juga:

  1. Buat Tabel

Ketika download format struk belanja, anda akan menemukan tabel pada formatnya. Dimana tabel tersebut berguna untuk mencatat daftar barang yang telah dibeli pelanggan. Dan untuk membuat tabel di Word, anda bisa melakukannya melalui menu Insert, dan pilih Table. Tabel tersebut bisa diletakkan tepat di bawah kepala nota yang telah dibuat sebelumnya.

Isi kolom tabel dengan nama barang yang dibeli, jumlah barang, dan juga harga barangnya. Kemudian total semua barang yang dibeli, dan bisa juga ditambahkan dengan uang yang dibayar serta kembalian untuk customers jika memungkinkan. Di sini anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis masing masing.

judul gambar
  1. Buat Ekor Nota

Ketika tabel yang menjadi bagian isi nota sudah selesai dibuat, maka cara membuat struk belanja dengan Word selanjutnya yaitu anda perlu membuat ekor nota atau bagian penutup. Pada bagian satu ini, anda bisa menambahkan catatan sesuai keperluan. Misalnya catatan terkait barang yang dibeli tidak bisa dikembalikan lagi atau hanya sekadar ucapan terimakasih.

Baca: Rumus Debet Kredit

Informasi yang Harus Ada di Struk Belanja

  1. Keterangan Informasi Toko

Dalam membuat struk belanja, ada beberapa informasi yang wajib untuk disertakan di dalamnya. Yang pertama yaitu keterangan informasi toko, sebagai identitas sebuah bisnis. Yang harus anda tampilkan antara lain nama dari toko itu sendiri, logo bisnis, alamat, serta nomor telepon. Semakin jelas informasi yang diberikan, maka bisnis anda akan lebih mudah dikenali.

  1. Tanggal, Jam Transaksi, dan Nama Pegawai

Selain menampilkan keterangan informasi toko di dalam struk belanja, anda juga harus memuat informasi tanggal maupun jam transaksi dilakukan. Supaya mudah melakukan pencatatan penjualan, sertakan juga nomor struk di sana. Apabila dirasa perlu, nama pegawai yang menangani pembelian saat itu juga turut dicantumkan. Agar apabila ada keluhan maka bisa ditindaklanjuti.

Baca: Fungsi Tools Pada Microsoft Word

  1. Jumlah Pembelian

Cara membuat struk belanja dengan Word yang sudah pasti tidak boleh ditinggalkan yaitu terkait dengan jumlah pembelian. Dalam hal ini, jumlah pembelian diikuti dengan informasi nama produk, harga satuan, dan harga subtotal belanja sebelum dikenai pajak. Apabila anda sedang memberlakukan diskon atau promo, elemen tersebut juga tidak boleh lupa ditampilkan dalam struk.

  1. Informasi Tambahan

Selain beberapa hal pokok seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara membuat struk sendiri juga bisa menampilkan informasi tambahan sesuai kebutuhan dan keinginan. Misalnya di bagian bawah struk daftar belanja ditambahkan dengan tulisan terimakasih. Atau dapat pula ditambah dengan informasi lain seperti password WiFi, biasanya hal ini diterapkan di cafe atau restoran.

Apabila ingin yang lebih unik, tidak ada salahnya untuk menambahkan informasi mengenai akun media sosial atau website yang dimiliki bisnis. Karena selain unik, cara ini bisa ditempuh sebagai sarana marketing. Bahkan informasi mengenai tanggal promo atau diskon pun boleh ditambahkan di bagian belakang struk apabila berkenan.

Baca Juga:

Jadi dari ulasan di atas bisa disimpulkan bahwa membuat struk belanja dengan Word sebenarnya cukup mudah, karena anda hanya perlu menyusun format sesuai dengan informasi yang wajib ada dalam struk. Namun agar lebih mudah dan bentuknya bagus layaknya struk belanja di Indomaret, maka anda bisa mengandalkan aplikasi kasir yang sudah banyak tersedia.

judul gambar
Berly Menyukai dunia traveling, blogging, menulis di blog sejak 2014 sampai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text