Cara Menghitung Persentase Kehadiran / Absen Pegawai & Karyawan

Bagaimana cara menghitung persentase kehadiran pegawai atau karyawan pada suatu perusahaan?

Sebenarnya mudah untuk menghitung absensi karyawan per bulan. Tidak perlu menggunakan rumus Excel persentase kehadiran yang rumit. Tetapi dengan program Excel, kita akan sangat terbantu mencari persentase kehadiran atau absen dari karyawan.

Cara Menghitung Persentase Kehadiran Pegawai

Cara Menghitung Persentase Kehadiran Pegawai

Kehadiran pegawai menjadi salah satu penentu kinerja atau produktivitas sebuah perusahaan. Semakin rajin pegawai datang maka semakin tinggi tingkat persentase produktivitas perusahaan, begitupun sebaliknya.

Materi Terkait: Cara Menghitung Persentase Kenaikan Gaji

Lalu bagaimana cara mudah untuk mengetahui persentase kehadiran pegawai? Jangan khawatir, pada artikel ini akan dijelaskan secara detail bagaimana cara menghitung persentase kehadiran pegawai.

Apa Itu Persentase Kehadiran?

Persentase kehadiran dapat diartikan sebagai rasio kedatangan pegawai yang dihitung berdasarkan periode tertentu. Periode yang digunakan pun berbeda-beda sesuai dengan keinginan, bisa menggunakan periode tahunan, bulanan hingga mingguan.

Pelajari: Cara Membuat Grafik Pencapaian Target

Pentingkah Persentase Kehadiran?

Setelah memahami pengertian dari persentase kehadiran yang menjadi pertanyaan selanjutnya yaitu pentingkah adanya persentase kehadiran? Jawabannya sudah pasti sangat penting.

Persentase kehadiran menjadi tolak ukur bagi pimpinan perusahaan dalam memberikan upah, punismen atau kebijakan tertentu yang sudah di sepakati bersama.

Adanya persentase kehadiran juga bisa digunakan untuk mengetahui laju produktivitas perusahaan. Dengan begitu, pemilik perusahaan bisa mengambil sikap atau langkah yang tepatuntuk mengatasi permasalahan yang ada.

Artikel Terkait: Menghitung Persentase Online

Cara Menghitung Persentase Kehadiran Karyawan

Cara menghitung persentase kehadiran anda bisa menggunakan bantuan rumus. Bagi Anda yang belum tahu rumus menghitung persentase kehadiran pegawai Anda bisa meniru contoh rumus di bawah ini.

Persentase Kehadiran = ( Jumlah Total Absen : Jumlah Hari Kerja (dalam satu periode)) x 100

 

Untuk mengetahui berapa jumlah total absen pegawai Anda bisa meminta datanya pada bagian personalia perusahan. Data yang didapatkan dari bagian personalia akan lebih akurat sehingga tidak merugikan salah satu pihak.

Jika sudah diketahui berapa jumlah total absen pegawai,  anda perlu mencari data mengenai berapa jumlah hari masuk kerja  pada periode tertentu (bisa bulanan atau tahunan).

Dalam menghitung jumlah hari masuk pegawai dalam satu periode perhatikan berapa jumlah hari libur, hari cuti yang diberikan oleh perusahaan serta hari libur nasional. Nantinya hari libur pekan rumah hari libur cuti hari libur nasional tidak perlu dihitung. Jadi, hitung jumlah hari masuk kerja berdasarkan data real yang sudah tidak tercampur dengan hari libur/cuti.

Pelajari Dulu:

Contoh Penghitungan Persentase Kehadiran Menggunakan Rumus

Apabila Anda masih bingung mengenai cara menghitung persentase kehadiran menggunakan rumus perhatikan contoh kasus seperti dibawah ini.

Pak Adi merupakan salah satu karyawan di perusahaan mebel kayu rotan. Diketahui dalam satu tahun Pak Adi melakukan absen kerja sebanyak 10 kali / 10 hari. Jika dalam 1 tahun terdapat 104 hari libur akhir pekan, 11 hari libur nasional dan 20 hari libur cuti yang diberikan perusahaan maka dalam satu tahun Pak Adi masuk kerja sebanyak 231 hari. 231 hari didapatkan dari hasil perhitungan Jumlah hari dalam satu tahun – Jumlah hari libur/cuti dalam satu tahun. Artinya 366 – 135 = 231 hari.

Berdasarkan contoh kasus di atas berikut ini contoh penyelesaian cara menghitung persentase kehadiran karyawan.

Persentase Kehadiran = ( Jumlah Total Absen : Jumlah Hari Kerja (dalam satu periode)) x 100

(10:231) x 100 = 0.043 x 100 = 4.3%

4,3 % merupakan jumlah persentase ketidakhadiran pegawai dalam satu periode. Kemudian untuk mengetahui persentase kehadiran caranya cukup dengan melakukan pengurangan sebagai berikut.

Presentase Kehadiran Pegawai = 100% – 4.3 % = 95,7 %

Pelajari:

Demikian tadi penjelasan mengenai cara menghitung persentase kehadiran pegawai dalam suatu perusahaan an yang bisa Anda tiru. Tertarik menggunakan rumus di atas? Yuk segera praktekkan.

Leave a Reply