Download Contoh Tabel Laporan Keuangan Pemasukan & Pengeluaran Excel

2 min read

Contoh laporan KEUANGAN PEMASUKAN dan pengeluaran Excel

Laporan keuangan masuk/keluar punya peran penting bagi individu atau perusahaan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda harus mengetahui tentang bagaimana cara pembuatan laporan pengeluaran serta pemasukan. Untuk melakukan hal itu, salah satu caranya bisa menggunakan MS Excel. Anda juga dapat menemukan contoh laporan keuangan pemasukan dan pengeluaran Excel dengan mudah di internet.

Contoh Laporan Keuangan Pemasukan dan Pengeluaran Excel

Melihat begitu pentingnya keberadaan laporan tersebut, sebenarnya apakah yang membuat hal tersebut begitu spesial? Perlu diketahui, terdapat cukup banyak keuntungan yang bisa didapatkan saat mempunyai laporan keuangan tersebut. Oleh karena itu, agar keuntungan tersebut dapat maksimal, Anda diwajibkan harus punya kemampuan baik dalam penyusunan format laporan tersebut.

Baca Juga : Cara Laporan Keuangan Sederhana Excel

Keuntungan Membuat Catatan Pemasukan dan Pengeluaran

Pada saat karyawan sudah terbiasa dalam melakukan pencatatan arus kas rutin, terdapat berbagai keuntungan yang dapat dirasakan. Tentunya hal itu akan memberikan dampak positif pada kemajuan perusahaan juga. Nah, berikut ini adalah beberapa keuntungan tersebut.

1. Mengetahui Kondisi Keuangan Terbaru

Adanya catatan kas tersebut akan membuat perusahaan selalu update terhadap kondisi finansial terbaru. Pasalnya, dalam laporan tersebut tercatat jelas pemasukan serta pengeluaran dalam sebulan. Dalam informasi tersebut, perusahaan juga bisa melihat apakah perusahaan bulan tersebut sedang mengalami kerugian ataukah sedang mendapatkan keuntungan.

2. Memudahkan Pengaturan Kas Keluar

Berikutnya, catatan kas akan memudahkan dalam mengatur pengeluaran. Artinya, perusahaan akan mendapatkan referensi lain dalam penyusunan anggaran selain dari data jangka pendek. Adanya informasi pengeluaran serta pemasukan akan membuat kantor dapat memperhitungkan anggaran dalam jangka waktu panjang.

3. Membantu Identifikasi Tujuan Keuangan

Selanjutnya, laporan keuangan dapat membuat identifikasi tujuan keuangan jadi lebih mudah. Dengan data bulanan yang ditampilkan, Anda akan dengan mudah mencari tujuan prioritas dalam penganggaran. Bukan hanya bagi perusahaan, untuk sekelas individu, informasi pengeluaran seperti ini dapat memudahkan dalam memberikan prioritas pengeluaran uang bulanan.

4. Arus Kas Menjadi Lebih Terkendali

Adanya informasi tentang arus finansial bulanan tentu akan memudahkan dalam mengelola arus kas. Dari sana, Anda dapat melihat ke mana sajakah alokasi uang dilakukan. Berbekal dari data tersebut, seseorang atau perusahaan akan mampu untuk mengatur keuangannya lebih baik di masa yang akan datang.

5. Mengetahui Kemampuan dalam Investasi

Penyusunan laporan juga akan membuat kemampuan finansial jadi lebih terukur. Hal ini sangat penting untuk mengetahui kapasitas investasi yang dapat dilakukan dari dana yang ada. Adanya tabungan atau investasi ini dapat berguna di saat ada kebutuhan tidak terduga. Namun, alokasi dana investasi tersebut juga harus disesuaikan agar tidak terlalu membebani kebutuhan harian.

Artikel Terkait :

Contoh Tabel Laporan Keuangan 1

Contoh Tabel Laporan Keuangan

Setelah membahas panjang lebar tentang keuntungan pembuatan catatan kas masuk dan keluar, selanjutnya akan diberikan contoh bentuk laporan kas sederhana. Sebenarnya, Anda dapat download contoh laporan keuangan pemasukan dan pengeluaran Excel langsung dari internet. Namun, untuk memahaminya lebih mudah, langsung saja lihat contohnya di bawah ini

judul gambar
No.TanggalKeteranganMasukKeluar
1.1Jumlah saldo sebelumnyaRp 1.500.000
2.5Gaji bulan iniRp 5.800.000
3.7Belanja kebutuhan harianRp 600.000
4.9Bayar kredit motorRp 850.000
5.10Bayar tagihan bulananRp 750.000
6.11Nongkrong di luarRp 50.000
7.13Beli keperluan dapurRp 500.000
8.15Beli camilan harianRp 500.000
9.18Beli lauk makananRp 300.000
10.20Biaya transportRp 500.000
11.21Servis berkala motorRp 300.000
12.22Pembelian gas LPGRp 140.000
13.23Biaya kesehatanRp 100.000
14.23DonasiRp 300.000
15.25Uang Kuota InternetRp 300.000
16.27TabunganRp 300.000
17.27InvestasiRp 300.000
TotalRp 7.300.000Rp 5.700.000
Saldo akhirRp 1.600.000

Kurang lebih seperti itu contoh sederhana pembuatan laporan keuangan bulanan. Untuk dapat memperoleh contoh lainnya dari versi MS Excel, Anda tinggal cari dan download laporan keuangan Excel gratis.

Download Contoh Laporan Keuangan Pemasukan Dan Pengeluaran Excel

Dibawah ini adalah contoh laporan keuangan sederhana berupa pemasukan dan pengeluaran dalam format Excel. Untuk kolom saldo tidak menggunakan rumus formula Excel, Anda tinggal buat sendiri ya, caranya juga mudah. Bisa memakai fungsi SUM atau pengurangan sesuai kebutuhan Anda masing – masing. Silahkan download file nya dibawah.

Contoh laporan KEUANGAN PEMASUKAN dan pengeluaran Excel

Download

Ketahui :

Begitulah tadi pembahasan serta contoh laporan keuangan pemasukan dan pengeluaran Excel. Dengan adanya contoh di atas, diharapkan Anda lebih mudah dalam memahami pembuatan catatan seperti ini. Apabila tidak ingin terlalu repot dalam hal template table ataupun gaya penulisannya, Anda dapat mencari contoh lainnya di internet dengan mudah.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.