Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Contoh Nota Kosong Pembelian HP Samsung

1 min read

contoh nota pembelian hp

Membuka konter HP dan menjual berbagai jenis perangkat telepon genggam, selain menyediakan produk tentu butuh nota pembelian sebagai bukti transaksi. Contoh nota pembelian HP yang tepat, bisa dijadikan acuan supaya saat membuat desain, memesan, dan menggunakan bisa benar-benar berisikan informasi lengkap sebuah transaksi.

contoh nota pembelian hp

Untuk membuat nota sebenarnya tidak sulit, hanya saja tentu butuh pemahaman tentang poin apa saja yang wajib ada di dalam nota tersebut. Apalagi untuk produk berupa HP, supaya tidak menjadi masalah di kemudian hari. Berikut ini contohnya, lengkap dengan poin-poin utama dari nota tersebut.

Baca Dulu : Contoh Nota Toko

Poin Penting Nota Pembelian HP

Setidaknya ada tujuh poin penting, wajib ada dalam sebuah nota. Nantinya informasi pada setiap poin bisa dijadikan laporan bagi penjual maupun pembeli sesuai kebutuhan masing-masing.

  • Nama Konter

Pada bagian paling atas harus ada informasi nama konter, untuk memudahkan orang mengenali konter tersebut.

  • Alamat Konter

Di bawah nama konter, diberikan alamat konter yang lengkap mulai dari jalannya, nomor, hingga kode pos

  • Nomor Telepon Konter

Nomor telepon yang disajikan pada nota, adalah nomor yang selalu aktif dan mudah dihubungi

  • Lokasi dan Waktu Pembelian

Ada informasi lokasi atau kota transaksi dan waktu beli, termasuk tanggal, bulan, tahun, dan jam transaksi bila memungkinkan

  • Nama Pembeli

Nama pembeli wajib ada, sebagai bukti bahwa transaksi sudah terjadi antara penjual HP dengan pembeli tersebut.

  • Rincian Produk yang Dibeli

Buatkan kolom khusus berisi nomor, nama produk telepon genggam, spesifikasinya, jumlah, dan harga masing-masing produk. Sehingga jelas bagi penjual maupun pembeli untuk melihat berapa total transaksi yang terjadi.

Anda bisa melihat rincian ini pada contoh nota pembelian Hp Samsung, yang bisa dilihat di berbagai situs internet.

  • Total Harga Produk

Di bagian bawah harga, ada kolom yang menempatkan total harga harus dibayar untuk pembelian HP tersebut. Termasuk rincian jika ada potongan harga atau tidak.

  • Catatan Tambahan

Biasanya berisi informasi bonus apa yang mungkin diberikan pemilik konter kepada konsumen sebagai bagian dari transaksi produk tertentu.

  • Tanda Tangan Penjual

Ini adalah hal penting, menegaskan bahwa jual beli dilakukan secara legal. Selain tanda tangan juga diberikan stempel legal dari konter, sebagai penanda bahwa produk dibeli di konter tersebut.

Baca Juga :

judul gambar

Contoh Nota Pembelian HP

Contoh Nota Pembelian HP

Biar tidak bingung dengan posisi masing-masing poin di atas, berikut ini contoh nota kosong untuk pembelian produk smartphone.

Contoh Nota Pembelian HP

Untuk Anda yang ingin memberikan keunikan tersendiri untuk dokumen yang akan dibuat, bisa memilih font menarik dan jelas dibaca. Kemudian warna tulisan juga bisa disesuaikan dengan keinginan.

Berapa Ukuran Standar Pembuatan Nota?

Ukuran baku atau standar untuk membuat bukti transaksi, ada dua macam. Pertama untuk Anda mau membuatnya dengan tampilan vertikal memiliki lebar 10,5 cm dan tingginya 16,25 cm.

Sedangkan untuk versi horizontal bisa menggunakan lebar 21,5 cm dan tinggi mencapai 11 cm. Dengan ukuran tersebut, nantinya Anda bisa menyesuaikan ukuran tabel dan tulisan akan digunakan di dalam dokumen tersebut. Sehingga mudah dibaca dan semua informasi bisa disajikan dengan baik.

Baca Dulu :

Tidak sulit untuk membuat bukti transaksi, ada contoh nota word maupun contoh di atas bisa dijadikan acuan. Anda bisa membuat desain sendiri, kemudian order pembuatannya kepada penyedia jasa pembuatan nota terdekat.

judul gambar
Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text