Contoh Soal Praktek Microsoft Excel Untuk Tes Kerja

2 min read

contoh soal microsoft excel

Dikesempatan kali ini, kami ingin berbagi beberapa tips seputar contoh soal Microsoft Excel beserta jawabannya yang dapat kalian tiru dan ikuti. Jika penasaran, silakan simak informasi lengkapnya di bawah ini.

contoh soal microsoft excel

Contoh Soal Microsoft Excel dari Berbagai Rumus Fungsi Excel

Nah, berikut kami berikan contoh soal Microsoft Excel yang bisa kalian gunakan untuk test murid maupun untuk test ujian masuk kerja. Berikut contoh-contohnya:

1. Contoh Soal Microsoft Excel tentang Aritmatika Dasar

Aritmatika Dasar merupakan salah satu dasar logika termudah yang digunakan untuk melakukan perhitungan data yang lebih kompleks. Contohnya ialah berupa penjumlahan, perkalian, pengurangan, pembagian, kuadrat, dan presentase.

Dengan perhitungan aritmatika dasar, kita bisa menentukan banyak perhitungan seperti yang biasa dilakukan melalui Ms Excel. Diantaranya ialah perhitungan total nilai, nilai tertinggi dan terendah, range harga, jumlah item, nilai tengah, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Tombol Pada Keyboard Yang Digunakan Untuk Memperbaiki Kesalahan Pengetikan

Pertanyaan Excel seputar aritmatika dasar:

Pertanyaan Excel seputar aritmatika dasar

Diketahui, dalam suatu data terdapat dua nilai utama yakni A dan B. Terdapat 14 nilai data yang asing-masing data memiliki nilai A dan B sendiri-sendiri seperti yang tampak pada sel 2 hingga sel 15 pada gambar di atas.

Silakan tentukan nilai masing-masing sel yang belum lengkap seperti pada gambar di atas menggunakan rumus aritmatika dasar Excel. Setelah itu, hitungan juga beberapa nilai dari:

  • Total
  • Rata-rata
  • Nilai tertinggi
  • Nilai terendah
  • Jumlah item

2. Contoh Soal Microsoft Excel untuk Rumus SUM, AVERAGE, MIN dan MAX

Selanjutnya, contoh soal microsoft excel dan jawabannya berikut ini adalah seputar penggunaan rumus fungsi SUM, AVERAGE, MIN dan MAX untuk menentukan upah kerja karyawan.

Kalian bisa menggunakan rumus sederhana dari SUM, AVERAGE, MIN, dan MAX untuk menentukan upah total, upah tertinggi, upah terendah, dan upah kerja.

Pertanyaan seputar contoh soal microsoft excel untuk tes kerja:

Pertanyaan seputar contoh soal microsoft excel untuk tes kerja

judul gambar

Sebuah perusahaan yang bernama PT Telkom Indonesia akan melakukan rekapan total penggajian berdasarkan jam kerja dan jam lembur pada 10 karyawan yang berbeda-beda. Silakan tentukan upah kerja, upah lembut, dan total upah dengan cara melengkapi kolom yang belum diisi tersebut.

Untuk menentukan upah kerja, silakan gunakan rincian perhitungan berikut ini:

  • Upah kerja kotor = jam kerja x 25.000
  • Pajak = total upah x 5%
  • Upah lembur = jam lebur x 30.000
  • Total upah = upah kerja + upah lembur
  • Total upah (netto) = total upah – pajak

Baca Dulu :

3. Contoh Soal Microsoft Excel tentang Fungsi VLOOKUP

VLOOKUP merupakan salah satu fungsi excel yang digunakan untuk mengambil data dari tabel array (data yang terdapat pada tabel lain) sesuai dengan nilai dan kategori data tersebut.

Umumnya, VLOOKUP digunakan bersamaan dengan HLOOKUP namun untuk perhitungan yang lebih simpel maka VLOOKUP saja sudah mencukupi.

Pertanyaan / soal excel dan jawabannya seputar VLOOKUP:

Pertanyaan / soal excel dan jawabannya seputar VLOOKUP

Dalam sebuah toko buku, terdapat beberapa judul buku yang telah terjual di hari yang sama. Mulai dari buku seputar Photoshop hingga buku seputar desain web.

Masing-masing buku memiliki harga yang berbeda dan juga kategori yang berbeda-beda dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Buku kategori A: diskon 25%
  • Buku kategori B: diskon 50%
  • Buku kategori C: diskon 75%

4. Contoh Soal Microsoft Excel tentang Rumus Fungsi IF

Dalam dunia akuntansi dan administrasi, rumus fungsi IF berperan penting untuk menentukan perhitungan data melalui varibel data yang berbeda.

Fungsi IF sendiri memiliki berbagai macam jenis mulai dari fungsi IF tunggal dan fungsi majemuk seperti IF AND / IF OR yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Contoh soal microsoft excel dan penyelesaiannya seputar fungsi IF:

Contoh soal microsoft excel dan penyelesaiannya seputar fungsi IF

Sebuah lembaga kursus dan pelatihan memiliki 10 orang yang akan lulus tahun ini. Perhitungan kelulusan didasarkan dari nilai akhir yang nantinya akan memiliki grade tersendiri mulai dari grade A hingga E.

Silakan tentukan nilai pada sel “Grade” dan “Status” menggunakan rumus fungsi IF dengan ketentuan:

  • Grade A: marks 90 – 100
  • Grade B: marks 80 – 89
  • Grade C: marks 70 – 79
  • Grade D: marks 60 – 69
  • Grade E: kurang dari marks 60

Ketahui :

Nah itulah berbagai macam contoh soal Microsoft Excel beserta jawabannya yang dapat kalian gunakan sebagia media pembelajaran. Semoga bermanfaat!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *