Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Contoh Soal Regresi Linier Berganda Manual & Jawabannya

2 min read

contoh soal regresi linier berganda dan jawabannya

Dalam belajar mata kuliah Statistika, terdapat banyak sekali ilmu yang dipelajari. Salah satu ilmu tersebut adalah tentang regresi linier berganda. Biasanya, para mahasiswa mencari contoh soal regresi linier berganda dan jawabannya untuk menguasai materi tersebut. Dengan berbekal kuota internet, hal seperti itu kini bisa dilakukan sangat mudah sekali.

Contoh Soal Regresi Linier Berganda dan Jawabannya

Secara umum, regresi digunakan untuk pembuatan sebuah hubungan variable terikat/tetap pada satu ataupun lebih variable bebas. Nah, bagi Anda yang mungkin merupakan mahasiswa Statistika dan ingin mencari tahu lebih jauh tentang contoh pembahasan soal regresi linier berganda, maka langsung saja ikuti beberapa penjelasan penting berikut ini.

Baca Dulu : Cara Mencari Nilai Jika diketahui Rata-Rata

Apa Itu Regresi Linier Berganda?

Sebelum mencari tahu tentang contoh soal regresi linier sederhana dan jawabannya, ada baiknya mulai terlebih dahulu dari pengertiannya. Dalam bahasa inggris, Regresi Linier Berganda (RLB) disebut juga dengan nama Multivariate Linier Regression. Nama tersebut merupakan sebuah pendekatan secara matematis dalam bidang ilmu Statistika.

Pendekatan regresi merupakan sebuah cara pendekatan yang dilakukan menggunakan korelasi antara sebuah faktor tetap dengan faktor bebas dua atau lebih. Hasil dari RLB kemudian akan dibandingkan ke tabel distribusi F. Kaidah dari uji RLB ini adalah apakah pengaruh dari variabel bebas yang digunakan signifikan ataukah tidak, yaitu:

  • Fhitung > Ftabel, Ha diterima dan Ho ditolak
  • Fhitung < Ftabel, Ha ditolak dan Ho diterima

Bagaimana Metode Hitung RLB?

Dalam mencari jawaban di contoh soal regresi berganda manual, pastinya diperlukan sebuah metode hitung. Secara umum, proses hitung dari RLB ini menggunakan 3 macam metode hitung RLB, yaitu matriks, dasar, dan juga SPSS. Metode matriks dan dasar merupakan perhitungan manual, sementara SPSS merupakan perhitungan menggunakan software komputer secara otomatis.

Apakah Rumus Regresi Linier Berganda?

Untuk melakukan perhitungan menggunakan Regresi Linier Berganda, terdapat rumus dasarnya. Secara sekilas, rumus tersebut termasuk banyak sehingga akan cukup sulit bagi mahasiswa untuk dapat menghafal secara terperinci. Oleh karena itu, biasanya para pengajar menyarankan para mahasiswa untuk memahami dasarnya dengan baik agar lebih mudah dalam menerapkannya.

Berikut ini adalah rumus pengerjaan dari Regresi Linier Berganda:

Rumus Regresi Linier Berganda

Dalam memahami rumus di atas, diperlukan pemahaman dasar yang kuat. Selain itu, sering melakukan latihan soal juga dapat membantu dalam mempelajari regresi ini. Untuk pemahaman lebih lanjut, Anda dapat langsung melihat contoh soal penerapan dari RLB ini beserta pembahasannya di bagian berikutnya.

Baca Juga :

judul gambar

Contoh Soal dan Jawaban Regresi Linier Berganda

Setelah melihat pembahasan tentang dasar dari teori RLB ini, selanjutnya akan diberikan beberapa contoh soal beserta dengan penerapannya. Dengan melihat dari pembahasan tersebut, dimaksudkan agar Anda lebih mudah dalam memahami langkah-langkahnya. Berikut adalah contoh soal-soal tentang Regresi Linier Berganda tersebut.

1. Contoh Soal 1

Perhatikanlah tabel di bawah ini. Berdasarkan tabel tersebut, buatlah persamaan regresi liniernya dengan rumus dasar. Lanjutkan hitung juga determinasi dan nilai koefisiennya!

Contoh Soal Dan Jawaban Regresi Linier Berganda 1

Keterangan tambahan:

Ho = Berat badan tidak terpengaruh oleh tinggi dan usia

Ha = Berat badan terpengaruh oleh tinggi dan usia

Jawaban:

Jawaban contoh soal 1

Jawaban soal 1 bagian 2

2. Contoh Soal 2

Dilihat dari hasil jawaban soal nomor 1 sebelumnya, tolong berikan penjelasan apakah faktor tinggi dan juga usia dapat memberikan pengaruh terhadap nilai yang dihasilkan. Apabila memang iya, tentukanlah variable yang mana dengan pengaruh lebih.

Jawaban:

Berdasarkan pada gambar tabel, besaran dari tabel punya nilai 4,26. Nilai tersebut membuat Ho ditolak dan membuat Ha diterima. Melihat dari hasil perhitungan tersebut, bisa dikatakan bahwa tinggi dan usia dapat memberikan pengaruh pada berat badan seseorang.

Setelah itu, dilihat dari besar nilai absolut pada b1 nilainya lebih besar dibandingkan b2, maka bisa diambil kesimpulan bahwa faktor usia lebih memberikan pengaruh pada berat badan seseorang.

Ketahui :

Begitulah tadi contoh soal regresi linier berganda dan jawabannya yang bisa Anda pelajari. Satu hal yang mesti dipahami di sini adalah materi dalam ilmu statistika itu ada banyak sekali. Jadi, untuk mencoba menghafal semuanya itu merupakan hal berat. Nah, untuk mengatasinya, Anda dapat memperdalam ilmu dasar-dasarnya saja seperti tentang bab regresi linier berganda ini.

judul gambar
Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text