Apa Fungsi Drop Cap? Bagaimana Langkah Langkah Membuat Drop Cap Pada Microsoft Word?

Selama menggunakan program pengolah kata Microsoft Word, pernahkah anda mencoba menerapkan fitur drop cap? Kehadiran fungsi drop cap pada Microsoft Word akan memberi sentuhan pada tulisan anda di lembar kerja, sehingga terlihat jauh lebih menarik dari sebelumnya. Yuk intip ulasan berikut untuk melihat fungsinya pada teks atau naskah dan langkah langkah membuatnya.

Apa Fungsi dari Drop Cap?

Fungsi drop cap pada Microsoft Word adalah memberikan tekanan serta sentuhan artistik pada suatu naskah atau dokumen sehingga akan lebih menarik bagi pembacanya. Yaitu dengan cara membuat 1 huruf yang sangat besar dan lebih besar dibandingkan huruf lainnya di bagian awal paragraf.

fungsi drop cap pada microsoft word

Fungsi drop cap ditunjukkan lewat ikon yang sesuai dengan pengertiannya, yaitu garis garis paragraf dengan huruf A besar di bagian depannya.

Sebagai program pengolah kata, Microsoft Word memang dibekali dengan berbagai fitur yang dapat membuat paragraf anda menjadi lebih menarik bagi yang membacanya. Contohnya anda bisa merapikan jarak spasi pada baris paragraf, mengtaur indentasinya, hingga mengkombinasikan jenis maupun warna font yang digunakan.

Umumnya, buku berupa novel yang paling sering menggunakan fitur drop cap tersebut. Ini dilakukan agar teks terlihat jauh lebih artistik dan menarik.

Langkah Langkah Membuat Drop Cap pada Microsoft Word

Langkah Membuat Drop Cap Melalui Toolbar

Fungsi drop cap pada Microsoft Word 2007 sudah langsung tersedia melalui menu bar Insert. Lebih tepatnya fitur ini berada di grup toolbar Text, yang ada di bawah WordArt. Ikon-nya ditandai dengan garis garis paragraf yang di bagian depannya terdapat huruf A besar.

Langkah langkah membuat drop cap pada Microsoft Word adalah seperti berikut.

  1. Blok atau sorot paragraf tertentu dalam lembar kerja yang ingin anda buat drop cap.
  2. Klik menu bar Insert, dan cari ikon Drop Cap pada group toolbar Text.
  3. Klik ikon Drop Cap yang ditandai dengan garis garis paragraf dengan huruf A besar di bagian depannya.
  4. Setelah itu akan muncul dua tampilan, yang pertama adalah Dropped. Dropped ini sama seperti Drop Cap pada umumnya, menjorok ke dalam atau ke kanan. Sementara tampilan yang kedua yaitu In Margin, yang akan menggeser semua baris di bagian bawahnya agar lebih ke kanan.
  5. Pilih tampilan pertama Dropped, maka secara otomatis paragraf yang anda sorot akan berubah bentuk menjadi apa fungsi drop cap yang telah disinggung di atas.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah:

langkah-langkah membuat drop cap

langkah-langkah membuat drop cap

langkah langkah membuat drop cap pada microsoft word

Paragraf setelah digunakan fitur Drop Cap (Dropped) pada Microsoft Word

 

drop cap menggunakan perintah in Margin

Membuat Drop Cap dengan perintah In margin

Pelajari Dulu: Fungsi Redo, Undo, Copy Paste dan Cut

Langkah Membuat Drop Cap Melalui Drop Cap Options

Selain melalui toolbar, anda juga bisa menerapkan fungsi drop cap MS Word melalui Drop Cap Options. Cara satu ini sangat cocok bila anda kurang menyukai format default seperti pada cara pertama. Selain itu, anda juga bisa mengatur ukuran font yang digunakan, jenis fontnya, hingga jarak antara huruf drop cap dengan paragraf.

Berikut langkah langkah untuk membuat drop cap pada naskah.

  1. Lakukan block pada paragraf yang ingin anda drop cap.
  2. Klik menu Insert seperti pada cara pertama, lalu klik Drop Cap pada toolbar dan pilih Drop Cap Options di paling bawah.
  3. Pada kotak dialog yang muncul, pilih Dropped yang ada di tengah dari tiga pilihan yang ada.
  4. Anda bisa mengatur ukuran font pada kolom Lines to drop, memilih jenis huruf pada kolom font, dan mengatur jarak antara huruf drop cap dengan paragraf pada kolom Distance from text. Setelah semuanya diatur, klik Ok untuk memunculkan drop cap.

Lihat gambar dibawah:

langkah langkah membuat drop cap pada microsoft word

langkah langkah membuat drop cap pada microsoft word

Setelah melakukan kedua cara membuat drop cap. Maka contoh teks drop cap akan muncul dengan huruf besar cukup mencolok di bagian depannya. Membuat orang yang melihat sekilas jadi merasa tertarik untuk membacanya. Biasanya paragraf yang diberi drop cap ini terletak pada paragraf pertama, agar kesannya semakin kuat.

Pelajari:

Kesimpulan:

Agar naskah teks dokumen Anda menarik, ada fitur apik yang bisa anda gunakan pada paragraf dokumen, yaitu drop cap. Fungsi drop cap di Microsoft Word adalah agar teks lebih menarik dan dapat memancing perhatian para pembaca. Selain itu, menggunakan Dropcap akan membuat naskah atau teks tulisan Anda terlihat lebih profesional dan bernilai.

Leave a Reply