Fungsi Picture Tools di Microsoft Word 2016

Picture tools merupakan salah satu basic tools yang kemungkinan besar sudah begitu familiar bagi para pengguna Microsoft Office Word. Pasalnya tidak jarang mereka yang bekerja dengan MS Word menyisipkan gambar untuk mempermanis naskah. Yuk intip panduan menggunakan fungsi Picture tools satu ini dalam ulasan berikut.

Mengenal lebih dekat fungsi Picture Tools pada MS Word

fungsi picture di microsoft word

Microsoft Word memang merupakan perangkat lunak pengolah angka yang menjadi bagian dari paket Microsoft Office. Ternyata tidak hanya dapat menuliskan huruf huruf saja, lembar kerja Microsoft Word juga dapat dipakai untuk memasukkan gambar maupun foto. Karena memang tidak jarang foto atau gambar digunakan untuk memperjelas tulisan dan sebaliknya.

Penggunaan fitur Picture tools terbilang amat mudah, karena MS Word sendiri memang kebanyakan didukung oleh fitur fitur penting yang mudah penggunaannya. Sehingga tidak jarang para pemula bisa dengan cepat mempelajari MS Word tanpa membutuhkan waktu yang lama. Apabila sudah pro, bahkan Word bisa dimanfaatkan untuk pembuatan CV dengan desain apik.

Baca Juga: Kegunaan Insert Shapes Tool Pada Ms Word

Cara menggunakan fungsi Picture Tools di Microsoft Word

  1. Menambah Gambar ke dalam Dokumen

Untuk menambahkan gambar ke dalam dokumen sesuai dengan fungsi Picture, maka yang perlu anda lakukan yaitu menuju ke menu bar Insert yang ada di atas lembar kerja. Cari Picture tools pada grup Illustrations, yang memiliki ikon persegi empat dengan gambar di dalamnya. Ikon ini berada tepat di samping ikon Clip Art, yang dilambangkan empat persegi empat bergambar.

fungsi picture di microsoft word

 

Klik ikon Picture tersebut, maka anda akan langsung masuk ke folder Picture Library yang tersimpan pada perangkat PC atau laptop. Namun jika pada folder tersebut tidak tersedia foto apapun, maka anda bisa mencari pada folder lainnya yang menyimpan foto sesuai dengan keinginan anda. Klik dan Enter untuk memasukkan gambar atau foto ke lembar kerja.

  1. Pilih Style Gambar

Setelah fungsi Picture dijalankan, maka gambar atau foto yang anda pilih akan masuk ke lembar kerja dengan format sesuai default. Jadi anda bisa melakukan pengeditan pada style gambarnya agar terlihat tidak terlalu monoton. Caranya adalah melalui menu Format lalu Picture styles. Menu format akan muncul apabila gambar diaktifkan, caranya yaitu dengan mengklik atau memblock gambar.

format picture

Baca Dulu: Fungsi Drop Cap Pada Microsoft Word

Pada menu Picture styles, terdapat cukup banyak style gambar yang bisa anda pilih misalnya Style reflected rounded rectangle. Atau anda juga bisa memilih yang lain sesuai dengan keinginan. Setelah dipilih, anda bisa memperbesar atau memperkecil gambar dengan cara klik gambar tersebut dan klik pada salah satu bagian titiknya. Tahan lalu tarik ke dalam dan keluar untuk mengatur ukurannya.

  1. Memotong Gambar

Apabila gambar yang anda masukkan terasa kurang pas, misalnya ada bagian tertentu yang ikut terfoto padahal anda tidak menginginkannya. Maka tidak perlu khawatir, karena anda juga bisa memotong gambar melalui menu format seperti sebelumnya. Namun untuk aksi ini, klik format dan pilih crop. Nantinya anda bisa bebas memotong gambar sesuai keinginan.

  1. Menata Posisi Gambar

Jika fungsi Picture di Microsoft Word dari segi style, ukuran, maupun potongan gambarnya sudah sesuai, maka lanjutkan dengan menata posisi gambar di tempat yang tepat. Ini juga bisa dilakukan melalui tab menu format. Sebagai contoh, anda bisa memilih posisi middle left with square text wrapping. Namun jika masih kurang sreg, anda bisa menyeretnya secara manual.

Baca Dulu:

Sangat mudah bukan menggunakan Picture tools untuk menyisipkan gambar di dalam lembar kerja Microsoft Word? Bahkan tidak hanya mudah, fitur fitur tersedia untuk mengedit gambar yang telah dimasukkan juga tak kalah lengkap. Dengan adanya fitur fitur tersebut maka dokumen Word anda tentunya akan terlihat lebih menarik.

Leave a Reply