Berly Menyukai dunia traveling, blogging, menulis di blog sejak 2014 sampai sekarang.

Fungsi Redo, Undo, Paste, Cut & Copy Pada Microsoft Word

2 min read

Fungsi redo dan undo

Apa saja fungsi redo, undo, cut? Icon copy dan paste berfungsi untuk apa saja? Sebagian besar dari kamu pasti tahu, perintah menggunakan ikon ini paling sering digunakan. Terutama saat menggunakan aplikasi Microsoft Word.

Fungsi redo dan undo

Secara default fungsi Undo dan Redo ada pada Quick Access Toolbar yang berada pada bagian paling atas pojok kanan. Ini berperan dalam mempercepat langkah pengeditan teks maupun perintah lainnya. Jika tidak tertampil pada jendela paling atas kamu bisa menampilkannya dengan klik ikon panah kecil pada jendela Quick Access Toolbar. Lalu akan muncul berbagai perintah yang jika kamu pilih atau centang maka akan muncul dibagian jendela Quick Access Toolbar.

Fungsi Redo dan Undo
Menampilkan icon perintah Redo, Undo pada Quick Access Toolbar

Sedangkan ikon perintah Copy, Paste dan Cut ada pada menu Home >> grup Clipboard.

Fungsi ikon Paste, Cut & Copy
Fungsi ikon Paste, Copy dan Cut pada Menu Home Microsoft Word 2016

Selain pada Quick Access Toolbar, dan grup Clipboard, icon Redo, Undo, perintah Cut, Copy dan paste bisa kita pakai dengan cara klik kanan pada layar kertas atau dokumen Word.

Fungsi Undo

Fungsi Undo adalah membatalkan perintah sebelumnya. Saat kamu ngetik dan mengedit teks atau tulisan, kamu pastinya tidak selalu benar. Oleh karenanya kamu perlu perintah untuk membatalkan teks atau tulisan yang baru saja di edit.

Gambar ikon Undo
Gambar ikon Undo

Fungsi Undo ini bisa untuk membatalkan tulisan atau perintah yang sebelumnya kamu lakukan. Caranya adalah dengan klik ikon tanda panah yang melengkung ke kiri. Bisa juga dilakukan dengan kombinasi tombol keyboard Ctrl + Z.

Fungsi Redo

Fungsi Redo adalah mengulang langkah yang sudah dibatalkan sebelumnya dari menu Undo. Jika kita sebelumnya melakukan Undo, maka kita bisa melakukan Redo. Sedangkan jika kita tidak melakukan Undo maka kita tidak bisa melakukan Redo. Boleh dikatakan jika Redo adalah kebalikan dari Undo.

Gambar ikon Redo
Gambar ikon Redo

Caranya yaitu dengan klik tanda panah melingkar pada Quick Access Toolbar. Dapat juga fungsi Redo menggunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl + Y.

Contoh penggunaan fungsi Undo dan Redo

Contoh penggunaan fungsi Undo dan Redo di Microsoft Word:

Misal, kita mau mempaste text yang sudah kita copy sebelumnya, namun kita Undo karena kita berpikiran text belum lengkap.

gambar contoh penggunaan undo dan redo

Maka muncul icon Undo di bagian paling atas pojok kanan yang bisa kita klik jika ingin membatalkan paste text tadi.

Gambar icon undo
Gambar icon undo berupa panah belok kiri

Lalu kita klik icon undo tersebut, maka text akan hilang.

judul gambar

Akan tetapi kita akan membatalkan perintah Undo tersebut karena ternyata text tersebut sudah lengkap. Maka akan muncul disebelah icon Undo, panah ke arah kanan yang merupakan ikon Redo.

Ketahui Juga: Cara Membuat Struktur Organisasi di Word 2010

Gambar icon Redo
Gambar ikon Redo

Maka kita tinggal klik icon panah kearah kanan tersebut atau icon Redo. Maka text akan muncul kembali.

Fungsi Copy

Gambar ikon Copy
Gambar ikon Copy

Copy berfungsi untuk menyalin atau menggandakan teks (tulisan), angka maupun objek yang lainnya ke dokumen yang sama maupun dokumen lainnya. Perintah atau cara Copy tulisan / teks dokumen biasanya dilakukan dengan:

Menyeleksi teks yang mau dicopy >> Lalu klik kanan bagian tulisan yang diseleksi >> pilih icon Copy >> selanjutnya letakkan pointer di tempat yang mau digandakan.

Selain menggunakan klik kanan, kamu bisa menggunakan kombinasi tombol keyboard untuk mengcopy tulisan yaitu dengan tombol Ctrl + C.

Baca Juga:

Fungsi Cut

Gambar ikon Cut
Gambar ikon Cut

Cut berfungsi untuk memindahkan tulisan (teks) dan objek lainnya ke tempat lain. Caranya adalah:

  1. Pilih teks yang mau di Cut
  2. Seleksi tulisan atau teks tersebut
  3. Lalu klik kanan pada tulisan yang diseleksi
  4. Berikutnya pilih Cut
  5. Maka tulisan yang di cut tersebut akan hilang.

Untuk melakukan fungsi Cut dengan tombol keyboard adalah dengan kombinasi tombol Ctrl + X.

Fungsi paste

Gambar ikon Paste
Gambar ikon Paste

Fungsi Paste pada Microsoft Word adalah menempelkan hasil dari Copy dan Cut. Yakni dengan cara meletakkan kursor ke tempat yang mau di paste. Selanjutnya tinggal klik kanan lalu klik Paste. Maka nama yang diseleksi dan di copy atau di cut sebelumnya akan menempel di dokumen baru.

Baca Juga:

Saat kamu menggunakan Microsoft Word, menulisan dokumen dalam bentuk teks tentunya saat – saat tertentu memerlukan perintah untuk menggandakan tulisan, memindah tulisan atau membatalkan atau mengulanginya. Disinilah fungsi Redo, Undo, Cut, Copy serta Paste berperan dan dapat kita akses dengan sekali klik ataupun menggunakan kombinasi tombol keyboard agar lebih cepat.

judul gambar
Berly Menyukai dunia traveling, blogging, menulis di blog sejak 2014 sampai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text