Fungsi Text Box pada Microsoft Word 2007, Ms Word 2016

Text box sesuai dengan namanya memiliki arti yaitu tulisan yang ada di dalam kotak pada lembar kerja Microsoft Word. Text box digunakan untuk memberi sebuah keterangan pada lembar kerja. Keberadaannya terbilang sangat membantu lantaran pengguna dapat membuat keterangan yang berbeda dari isi lembar kerja. Lebih lengkap mengenai fungsi text box, simak ulasannya berikut.

Lebih Dekat dengan Text Box pada MS Word

Seperti yang telah disinggung di awal, text box merupakan fitur pada Microsoft Office Word yang berguna untuk membuat teks atau tulisan agar berada di dalam shape (bentuk datar). Bentuk datar ini biasa seperti kotak atau persegi, persegi panjang, maupun lingkaran. Dengan menggunakan text box, maka anda bisa memberikan keterangan pada lembar kerja.

Fungsi Text Box pada Ms Word

Misalnya naskah di lembar kerja menjelaskan tema tertentu, maka anda bisa menggunakan text box untuk memberi keterangan mengenai poin penting atau keterangan untuk gambar. Beberapa fungsi dari text secara spesifik yaitu membuat bingkai pada tulisan, membuat tulisan grafiti, membuat tulisan artistik, serta membuat latar belakang teks.

Baca Dulu:

Cara Membuat Text Box dalam Lembar Kerja MS Word

Menerapkan fungsi text box pada MS Word bukan perihal yang sulit. Terdapat dua cara yang bisa anda lalui untuk menggunakan fitur dari Microsoft Office Word satu ini. Kedua cara ini pun bisa ditemukan pada menu bar yang sama, yaitu pada menu Insert yang terletak di tengah tengah menu Home dan Page Layout.

Cara pertama :

  1. Masuk ke menu bar Insert dan pada group Text yang berada di sebelah kanan group Header & Footer, anda akan menemukan menu Text Box tersebut yang memiliki ikon kotak putih dengan gambar garis garis paragraf dan huruf A besar di depannya.
    text box

    Menu Text Boxt Pada Microsoft Word 2016

  2. Klik ikon text box tersebut, dan anda bisa memilih gaya atau bentuk text box yang diinginkan. Dalam hal ini tersedia beberapa bentuk seperti simple Text Box, Alphabet Sidebar, Alphabet Quote, Annual Quote, Annual Sidebar, Austere Quote, dan masih banyak lagi.
  3. Apabila tidak ingin gaya atau bentuk seperti default fungsi text box pada Microsoft Word 2007, anda juga bisa langsung memilih draw a text yang ada di paling bawah setelah ikon text box dipilih.
  4. Sebagai contoh, simple text box sudah dipilih. Maka akan muncul kotak text pada lembar kerja Microsoft Word. Selanjutnya hapus tulisan yang terdapat di dalam text box pada layar, dan isikan atau ketikkan sesuai dengan keinginan anda.
  5. Jika ingin mengedit shape yang digunakan untuk text box, maka aktifkan text box tersebut dan klik kanan. Klik No Fill untuk membuat shape transparan, dan klik Fill untuk mengubah warna garisnya.
  6. Apabila ingin memperbesar text yang ada pada text box, bisa langsung block pada tulisan terkait lalu klik kanan maka akan muncul pengeditan seperti ukuran font, jenis font, gaya seperti garis miring hingga garis bawah, maupun warnanya.

Untuk cara kedua:

Menerapkan fungsi text box bisa dilakukan melalui Shapes yang ada di group illustrations. Ikon text box nantinya bisa anda temukan pada kategori basic shapes, klik seperti pada cara pertama. Maka langkah langkah berikutnya untuk membuat text box sama persis dengan cara pertama.

Pelajari juga:

Itulah fungsi dan cara membuat atau menggunakan Text Box pada Microsoft Office Word 2007. Karena text box ini berupa shape, maka anda dapat mengaturnya agar menjadi lebih bagus pada drawing tools format yang muncul saat anda mengaktifkan text box. Lakukan pengeditan sesuka hati hingga menemukan bentuk paling oke sebagai penyempurna naskah Anda.

Leave a Reply