Cara Mengatur Menu Margin Word Serta Menggunakan Fungsi Potrait & Gutter

Menu Margin adalah salah satu opsi pengaturan dalam menyusun sebuah text pada Microsoft Word. Bagaimana cara mengatur Margin 4 4 3 3? Atau kalian memiliki pertanyaan, “ Pada menu Margin terdapat tulisan Potrait atau Gutter yang berfungsi untuk mengatur apa?”. Nah kali ini, kakak akan membahasnya untuk kalian semua. Ini adalah pengaturan yang mudah, karena ini merupakan basic dalam mempelajari ms Word. So kalian tidak usah kawatir ya, mudah kok!

Apa itu Margin pada Ms Office Word?

Menu Margin pada Microsoft Word

Microsoft word adalah aplikasi yang populer digunakan. dalam Microsoft word terdapat toolbar dan sub menu yang bisa kita gunakan untuk membantu menyelesaikan tugas atau pekerjaan kita sehari-hari.

Pelajari: Fungsi Merge Cell dan Split Cell

Salah satu menu yang kerap digunakan bahkan menjadi menu dasar yang wajib dimengerti dalam menggunakan Microsoft word adalah menu margin. Pada Microsoft word tools atau sub menu margin terdapat pada menu page layout.

Margin sendiri diartikan sebagai fitur / tools / sub menu pada Microsoft word yang memiliki fungsi kinerja untuk mengatur jarak pada batas tepi teks. Margin sangat bermanfaat utamanya ketika kita harus membuat dokumen dengan format Margin yang berbeda-beda.

Pelajari juga: Kegunaan Shapes Pada Microsoft Word

Bayangkan apabila hanya terdapat satu format margin? Sungguh akan sangat merepotkan sekali bukan. Untung saja fitur margin ini terdapat pada Microsoft Word sehingga kita bisa mengatur jarak antar dokumen, mengatur orientasi halaman menjadi potrait atau landscape dan sebagainya.

Cara Mengatur Menu Margin pada Microsoft Word

Untuk mengetahui cara penggunaan margin pada Microsoft Word, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini

  1. Pertama buka aplikasi MS Word yang sudah terinstal di laptop kamu
  2. Setelah aplikasi terbuka, berikutnya kamu bisa membuat dokumen baru atau menggunakan dokumen yang ditampilkan pada aplikasi MS Word. Untuk membuat dokumen baru agar lebih cepat dan mudah kamu bisa menggunakan rumus Ctrl + N.
  1. Berikutnya, klik menu Page Layout atau Layout pada Ms Office 2016 yang terletak pada menu atas di Microsoft Word.
  2. Setelahnya kamu akan disuguhkan dengan berbagai pilihan ukuran kertas yang ingin kamu gunakan mulai dari ukuran / margin normal (top, bottom, left, right mengunakan ukuran 2.54cm). Kamu bisa klik panah kecil naik turun untuk mengatur angka margin sesuai keinginan kamu. Ada juga ukuran atau margin Narrow (top, bottom, left, right mengunakan ukuran 1.27 cm) dan lain sebagainya pada versi Word yang lama.
  1. Setelah kamu memilih ukuran atau margin kertas yang kamu inginkan maka margin sudah berhasil digunakan. Cukup mudah dan simpel sekali.

Kamu bisa lihat gambar dibawah ini.

Menu Margin pada Microsoft Word

Menu Margin pada Microsoft Word 2016

Pada sub menu margin terdapat beberapa istilah seperti Potrait dan Gutter. Bagi yang belum tau Potrait pada menu margin digunakan untuk membuat berkas/dokumen Microsoft word dengan model potrait (kertas berdiri tegak).

Sedangkan istilah Gutter pada margjn diartikan sebagai jarak spasi tambahan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika pada saat menu margin sudah disediakan beberapa ukuran kertas seperti ukuran nerrow, ukuran normal dan lain sebagainya.

Pelajari Juga:

Tapi jika pada opsi ukuran yang telah disediakan tidak memenuhi ukuran kertas yang  dibutuhkan maka kamu bisa membuat spasi atau ukuran kertas sesuai keinginanmu. Inilah yang disebut dengan gutter.

Lalu bagaimana cara pembuatannya? Cara pembuatannya sangat mudah yaitu dengan mengisi kolom top, bottom, left dan right pada Page Setup. Page setup sendiri bisa kamu temukan pada menu Page Layout atau menu Layout untuk versi Ms office yang baru.

Pelajari Juga:

Itulah tadi penjelasan mengenai fungsi dan cara penggunaan margin pada Microsoft Word. Semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply