Skip to content
Home » Pengertian Page Layout & Fungsi Page Setup Pada Microsoft Excel

Pengertian Page Layout & Fungsi Page Setup Pada Microsoft Excel

  • by
Pengertian page layout pada Microsoft Excel

Panduanoffice.web.id – Bagi kalian yang sedang belajar TIK, mungkin pernah menemukan pertanyaan pertanyaan tentang aplikasi Excel. Misal apa pengertian Page Layout pada Microsoft Excel, apa pengertian dan fungsi Page Setup pada Microsoft Excel?

Pengertian page layout pada Microsoft Excel

Nah pada kesempatan kali ini kita kita akan bahas itu semua. Termasuk tentang pengertian Page Setup Print Preview pada Microsoft Excel.

 

Fungsi Page Layout pada Microsoft Excel

Page Layout adalah suatu tab pada Excel yang memuat icon – icon yang memiliki fungsi tertentu dan perintah mengatur tata letak dalam lembar kerja Excel.

pengertian page layout pada microsoft excel
Pengertian page layout pada microsoft excel

 

Page Layout  terdiri dari bagian – bagin sub sebagai berikut:

Themes:

Themes: Berfungsi dalam mengubah tampilan tema di Excel

Colors: Berfungsi mengubah tampilan tema

Fonts: Berfungsi dalam mengubah jenis font di Excel

Effects: Berfungsi dalam mengubah efek tema di Excel.

 

Page Setup:

Margin: Befungsi mengubah margin halaman

Orientation: Berfungsi mengatur posisi kertas

Size: Mengatur ukuran kertas

Print Area: Berfungsi menandai area sheet yang akan dicetak.

Break: Berfungsi menyisipkan break

Background: Berfungsi dalam mengganti background lembar kerja.

Print Title: Berfungsi Memindai kolom serta garis tertentu untuk dicetap di setiap halaman Excel.

 

Scale to Fit:

Width: Befungsi mengatur lebar cetakan.

Height: Berfungsi mengatur tinggi lembar kerja agar sesuai dengan cetakan.

Scale: Berfungsi dalam mengatur skala cetakan lembar kerja Excel.

 

Sheet Option:

View Gridlines: Berfungsi mengatur dalam tampilan grid di layar lembar kerja.

View Headings: Mengatur tampilan header

Print Gridlines: Berfungsi mengatur tampilan grid pada hasil cetak.

Print Headings: Mengatur tampilan header di setiap hasil cetakan Excel.

 

Arrange:

Bring to Front: Berfungsi didalam meletakkan objek paling depan

Send to Back: Berfungsi dalam meletakkan objek ke belakang

Selection Pane: Berfungsi di dalam memperlihatkan panel seleksi objek.

Align: Berfungsi didalam  mengatur alinea atau posisi objek

Group: Berfungsi di dalam mengatur kelompok atau beberapa objek.

Rotate: Berfungsi di dalam memutar suatu objek di Excel.

 

Pengertian Page Setup pada Microsoft Excel

Pengertian Page Setup adalah bagian dari sub menu Page Layout yang memiliki icon – icon dimana memiliki fungsi dalam lembar kerja atau sheet Excel.

Beberapa icon bagian Page Setup sudah kita jabarkan diatas Anda tinggal mempelajarinya termasuk Page Setup Print Preview atau Print Area.

Print Preview atau Print Area ini biasanya kita pakai setelah kita menyelesaikan lembar kerja Excel. Kemudian kita akan mencetaknya. maka kita terlebih dahulu menggnakan sub menu print preview atau print are ini. Ini untuk emngetahui apakah lembar kerja yang akan kita cetak sesuai dengan kertas ukuran yang sudah kita siapkan. Misal untuk ukuran kertas A4 atau F4.

Lembar kerja kita yang telah dipilih untuk print preview akan muncul garis batas di tepi. Ini menandakan batas dari kertas yang nantinya akan dicetak. Jika tabel Excel kita keluar dari garis tersebut, dipastikan saat di print maka akan terpotong. Inilah fungsi dari Page Setup.

Demikian pembahasan mengenai pengertian Page Layout pada Microsoft Excel serta fungsi Page Setup pada Microsoft Excel. Semoga bermanfat bagi kalian semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *