Cara Membuat Garis Seperti Buku Di Word 2010

1 min read

cara membuat garis seperti buku di word

Cara membuat garis seperti di buku di Word ternyata tidak sulit untuk dilakukan. Ada cara membuat garis seperti di buku di Word 2010 atau di Word 2007. Dengan mengetahui cara ini, Anda bisa membuat kertas HVS menjadi bergaris. Berikut adalah rincian cara membuat Word menjadi folio bergaris. 

Cara Membuat Word menjadi Folio

cara membuat garis seperti buku di word

Untuk membuat Word menjadi bergaris, ada setting yang harus Anda gunakan. Cara membuat dokumen bergaris di Word bisa Anda lakukan dengan mengikuti panduan berikut ini.

  • Buka aplikasi Ms Word yang ada di laptop atau PC.
  • Lanjutkan dengan mengatur kertas yang digunakan, buat ukuran kertas menjadi polio. Caranya dengan memilih menu Page Layout, kemudian memilih menu Size.
  • Di menu Size, pilih opsi More Paper Size dan masukkan ukuran kertas folio yang diinginkan.
  • Setelah selesai klik OK, lanjutkan dengan membuat garis di kertasnya.
  • Cara membuat garis seperti di buku di Word bisa dilakukan dengan menu Insert. Dari menu Insert, lanjutkan dengan memilih menu Table.
  • Masukkan satu kolom table saja, Anda bisa mengatur panjang dan banyaknya Table dengan setting lanjutan.
  • Gundakan table yang sudah ada dengan melakukan blok pada table, kemudian pilih Insert.
  • Di Insert, pilih opsi Insert Below. Secara otomatis, jumlah table akan bertambah sesuai panjang kertas.

Dengan menggunakan cara membuat garis seperti di buku di Word 2010  ini, Anda sudah bisa mendapatkan kertas HVS yang mirip dengan kertas polio. Namun sayangnya di bagian ujung kanan dan kiri tabel masih terdapat garis pembatas.

judul gambar

Baca Dulu:

Cara Membat Dokumen Bergaris di Word tanpa Pembatas

Jika Anda tidak keberatan dengan garis tersebut, Anda bisa langsung mencetak dan menggunakannya. Namun jika ingin menghapus garis di bagian kanan dan kiri kertas, Anda bisa menggunakan cara berikut:

  • Blok semua table yang ada, kemudian pilih menu Borders.
  • Pilih opsi lanjutan Outside Borders. Dengan cara membuat word menjadi folio bergaris ini, Anda akan menghilangkan garis yang ada di bagian luar table, baik di bagian kanan atau kiri.
  • Agar makin rapi, tarik Ruler sampai batas kertas. Tarik ruer tersebut sampai ke batas lembar kerja Word yang Anda gunakan.

Proses dan cara membuat dokumen bergaris di Word sudah selesai. Anda tinggal menyimpannya untuk digunakan kembali atau mencetaknya jika ingin menggunakannya secara fisik. Anda juga bisa mengatur ulang ukuran kertas tersebut di bagian Page Layout.

Baca Juga:

Itulah cara membuat garis seperti buku di Word yang bisa Anda coba. Cara ini tidak hanya berlaku untuk Word 2010 saja, Anda juga bisa menggunakanya untuk tipe Word yang lain, misalnya Word 2007 atau versi yang lebih lama.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *