Berly Menyukai dunia traveling, blogging, menulis di blog sejak 2014 sampai sekarang.

Pengertian & Fungsi Tools Pada Microsoft Word

2 min read

fungsi tools pada microsoft word

Hampir semua orang yang sudah melek teknologi pasti tidak asing lagi dengan penggunaan Microsoft Word. Software besutan perusahaan raksasa Microsoft ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari pekerja hingga pelajar. Bagi anda yang belum terbiasa menggunakannya, kenali terlebih dahulu deretan fungsi tools pada Microsoft Word berikut.fungsi tools pada microsoft word

Pengertian Tools pada Microsoft Word

Banyak orang yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word namun ternyata belum mengetahui perbedaan toolbarmenu bar dan Tools Microsoft Word. Perlu diketahui bahwa menu bar merupakan sebuah strip horizontal yang biasa berada di bagian atas layar, berisikan daftar menu untuk program tertentu.

Sedangkan toolbar Microsoft Word adalah adalah tombol navigasi yang didalamnya berisi icon-icon perintah atau tools Ms Word. Penjelasan selengkapnya bisa di baca di Fungsi Toolbar Ms Word.

fungsi tools pada microsoft word

 

Sementara itu, pengertian tools pada Microsoft Word adalah icon icon perintah yang merupakan bagian dari antarmuka sistem operasi terdapat pada Toolbar. Biasanya, tools Microsoft Word tersebut bisa ditemukan pada bagian bawah menu bar pada jendela layar yang terbuka. Singkatnya, tools Microsoft Word adalah icon perintah berdasarkan kelompok pada tombol navigasi toolbar Microsoft Word.

Icon-icon tools yang berada dibawah menu Word tersebut bisa di “customize” atau dimunculkan maupun dihilangkan (disembunyikan).

Untuk memunculkannya pada ribbon tersebut, pada Microsoft Office Word 2016 bisa Anda lihat pada menu FILE —> Options —> pada jendela Word Options pilih Customize Ribbon. Klik panah kecil “Choose commands from”, pilih Tool Tabs. Maka pada bagian sebelah kiri akan muncul berbagai perintah.

Perbagai menu perintah tersebut adalah:

SmartArt Tools

+ SmartArt Design

+ Format

Chart Tools

+ Chart Design

+ Format

Drawing Tools

+ Shape Format

Picture Tools

+Picture Format

Table Tools

+ Table Design

+ Layout

Header & Footer Tools

+ Header & Footer

Equation Tools

+ Equation

Ink Tools

+ Ink

Graphics Tools

+ Graphics Format

3D Model

+ Text Box Tools

Drawing Tools

+ Shape Format

WordArt Tools

+ WordArt

Diagram Tools

+ Diagram

Organization Chart

+ Picture Format

judul gambar

fungsi tools pada microsoft word

Pada bagian sebelah kanan, Tools yang tercentang adalah perintah-perintah yang telah muncul di navigasi toolbar. Secara default, Tools tab tersebut telah muncul semua di ribbon atau bawah menu bar. Namun jika Anda tidak ingin menampilkannya, Anda bisa uncheck, maka perintah tersebut tidak akan muncul di ribbon Ms Word.

Nama dan Fungsi Toolbar di Word

  1. File Tab

Menu tools di Word 2010 ini berisikan beberapa opsi seperti pada tombol office button pada versi Microsoft Word terdahulu. Beberapa opsi yang dimaksud yaitu New Blank Document untuk membuat file baru, Recent untuk membuka file terakhir dilihat, Open untuk membuka file yang sudah disimpan sebelumnya, dan Save/Save As untuk menyimpan dokumen.

Baca Dulu: Cara Membuat Nota di Word

  1. Quick Access Toolbar

Fungsi tools pada Microsoft Word satu ini adalah untuk memudahkan pengguna dalam memilih beberapa opsi secara cepat. Jadi ketika anda klik, maka sejumlah opsi seperti Open, Quick Print, New, Save, Redo, Draw Table, Undo, Redo, Open Recent File, Spelling & Grammar, dan Print Preview dan Print akan muncul.

  1. Ruler

Ruler dalam bahasa Indonesia berarti penggaris. Dan sesuai dengan namanya, Ruler ini adalah tab penggaris yang ada pada Word, sebuah tab yang menampilkan angka dan titik kecil. Di Word, terdapat dua jenis rulers yang tersedia yaitu Ruler Vertical dan Ruler Horizontal. Ruler Vertical untuk mengatur ukuran halaman, dan Ruler Horizontal untuk mengatur margin serta tab stops.

Baca: Cara Membuat Halaman di Google Docs

  1. Ribbon

Ribbon biasanya berada di atas Ruler, fungsi tools pada Microsoft Word ini adalah semacam grup yang dapat mengendalikan beberapa perintah dan opsi di dalamnya. Terdapat tiga komponen pada Ribbon, antara lain Tab, Group, juga Command yang masing masing mempunyai fungsi berbeda.

Tab muncul di bagian atas, berisikan Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, hingga View. Di sanalah anda dapat menemukan berbagai tools yang biasa digunakan, contohnya seperti Shapes. Fungsi tool Shapes pada Microsoft Word adalah untuk menyisipkan gambar bentuk pada lembar kerja, misalnya lingkaran atau persegi dan lain sebagainya.

Selanjutnya komponen Grup pada Ribbon adalah kolom dimana sejumlah opsi muncul dari setiap tab yang ada di bawahnya. Misalnya kolom yang dapat mengatur ukuran dan jenis Font, Themes, Pages Colors, dan lain lain. Lalu yang terakhir ada Command, yaitu perintah yang muncul pada setiap grup seperti yang telah disebutkan.

  1. Help

Fungsi tools pada Microsoft Word ini adalah untuk menyampaikan panduan agar dapat membantu anda dalam mengatasi permasalahan yang ditemukan pada perangkat lunak. Jadi melalui Help, anda pun dapat menanyakan berbagai hal lain yang berkaitan dengan software besutan Microsoft tersebut.

Fungsi tool shapes pada Microsoft Word

Fungsi Tool Shapes pada Microsoft Word adalah untuk membuat gambar 2 dimensi sesuai karakter atau bentuk desain yang ada pad aMs Word. Selengkapnya bisa baca disini.

Baca dulu:

Sebenarnya selain deretan tools di atas, Microsoft Word punya banyak tools lainnya. Namun informasi di atas sudah dapat menjadi pembelajaran penting bagi pemula, lantaran tools tersebut adalah yang paling banyak digunakan dengan berbagai fungsinya. Setelah memahaminya, anda bisa mulai mempelajari lebih banyak tools yang ada di Word.

judul gambar
Berly Menyukai dunia traveling, blogging, menulis di blog sejak 2014 sampai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text