Contoh Cara Membuat Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Dengan Excel Gratis

3 min read

cara membuat aplikasi koperasi simpan pinjam dengan excel

Koperasi serba usaha menjadi salah satu bentuk koperasi yang banyak berdiri di lingkungan masyarakat. Tentunya koperasi ini pun sangat membutuhkan laporan keuangan yang tepat, guna mengontrol penggunaan uang. Jika dulu laporan keuangan koperasi perlu dibuat secara manual, kini cara membuat aplikasi koperasi simpan pinjam dengan Excel bisa menjadi solusi cepatnya.

Cara Pembukuan Koperasi dalam Microsoft Excel

Contoh Excel koperasi simpan pinjam di zaman modern seperti sekarang ini sudah bisa didapatkan dengan mudah melalui internet. Sehingga dengan mempelajarinya, anda pun bisa melakukan pembukuan koperasi dengan memanfaatkan contoh yang diperoleh tersebut.

cara membuat aplikasi koperasi simpan pinjam dengan excel

Terlebih bagi anda yang memang sudah terbiasa bekerja menggunakan Microsoft Excel, maka pembukuan menggunakan software tersebut akan terasa jauh lebih mudah. Bahkan laporan keuangan maupun laporan lainnya yang berhubungan dengan kegiatan akuntansi koperasi, pasti semuanya dapat dilakukan secara mudah.

Akan tetapi, perlu bagi anda untuk mengetahui mengenai dasar dasar akuntansi terlebih dahulu agar pembukuan dalam Excel bisa lebih cepat. Yang mana apabila melakukan pembukuan sesuai dengan prosedur dari akuntansi, maka anda perlu melalui beberapa proses dalam pembuatan laporan.

Misalnya cara membuat aplikasi koperasi simpan pinjam dengan Excel yang menampilkan 4 sheets. Pertama data peminjam, data pencairan pinjaman, data angsuran pinjaman, dan sheet yang terakhir berisikan rekapitulasi data pinjaman. Dimana pada beberapa sheet datanya akan diisi secara manual dan beberapa berisikan fungsi atau rumus Excel.

Cara Membuat Aplikasi Simpan Pinjam

  1. Buat Empat Sheets

Seperti pada contoh aplikasi koperasi Excel xls gratis, pertama tama buat empat sheets yaitu data peminjam, data pencarian pinjaman, data angsuran pinjaman, dan rekapitulasi data pinjaman. Pada sheet data peminjam kolomnya berisi nomor, ID, nama, alamat, no. HP, dan keterangan.

Lalu pada sheet data pencairan pinjaman, buat kolom nomor, tanggal pencairan, ID, nama, besar pinjaman, dan keterangan. Selanjutnya pada sheet data angsuran pinjaman buat kolom nomor, tanggal angsuran, ID, nama, dan besar angsuran. Sedangkan pada rekapitulasi data pinjaman berisikan nomor, ID, nama, besar pinjaman, total angsuran, sisa pinjaman, dan keterangan.

  1. Isi Data Peminjam

Setelah keempat sheet pada cara membuat aplikasi koperasi simpan pinjam dengan Excel sudah dibuat, selanjutnya isikan data peminjam pada sheet pertama. Juga dengan data pencairan pinjamannya, yang diisi secara manual pada kolom no. Tanggal pencairan, ID, serta besar pinjaman.

Sementara untuk kolom nama diisi menggunakan rumus. Namun pertama tama untuk memudahkan, maka buka sheet data peminjam terlebih dahulu dan block pada isi kolom dan beri nama “DATA” di bagian kiri atas. Berikutnya buka sheet data pencairan pinjaman kemudian masukkan rumus:

=IFERROR(VLOOKUP(C5;DATA;2;FALSE);””)

 

di kolom nama, maka secara otomatis akan muncul.

cara membuat aplikasi koperasi simpan pinjam dengan excel

  1. Isi Data Angsuran Pinjaman

Langkah selanjutnya untuk membuat aplikasi koperasi simpan pinjam sederhana gratis yaitu mengisi data angsuran pinjaman. Seperti pada sheet sebelumnya, untuk kolom tanggal, tanggal angsuran, ID, dan besar angsurannya diisi secara manual. Sementara untuk kolom nama menggunakan rumus IFERROR dan VLOOKUP seperti pada cara sebelumnya.

aplikasi koperasi serba usaha dengan excel gratis

  1. Rekapitulasi Buku Besar

Pada langkah selanjutnya cara membuat aplikasi koperasi simpan pinjam dengan Excel, anda akan bekerja pada sheet rekapitulasi buku besar. Pada sheets ini, semua kolom akan diisi menggunakan rumus. Pada kolom ID, caranya yaitu dengan buat tanda sama dengan dan klik pada kolom ID di sheet data peminjam.

Untuk kolom nama caranya sama dengan sebelum sebelumnya, yaitu menggunakan rumus

=IFERROR(VLOOKUP(B5;DATA;2;FALSE);””)

 

Lalu pada kolom besar pinjaman bisa menggunakan rumus

=SUMIF(PINJAMAN!$C$5:$C$24;B5;PINJAMAN!$E$5:$E$24)

 

yang didapat dari sheet pinjaman.

Pun dengan kolom total angsuran, rumus Excel simpan pinjam menggunakan fungsi SUMIF. Hanya saja untuk kolom total angsuran, data yang digunakan didapat dari sheet angsuran.

Perlu diperhatikan bahwa pada rumus tersebut menggunakan absolut, yang mana anda bisa memasukkannya dengan cara klik F4 pada keyboard atau bisa juga ditulis secara manual.

Kemudian pada kolom sisa pinjaman adalah hasil pengurangan dari kolom besar pinjaman dan total angsuran, jadi cukup dengan memasukkan rumus =D5-E5 dan copy atau drag rumus ke bawah agar mengikuti. Sampai sini, maka software koperasi serba usaha gratis sudah hampir selesai dibuat.

Pada kolom keterangannya sendiri, juga diisikan rumus untuk melihat apakah para peminjam sudah melunasi angsuran atau belum, atau bahkan kelebihan bayar. Di sini, anda kembali akan menggunakan rumus IF yaitu

=IF(B5=0;””;IF(F5=0;”Lunas”;IF(E5>D5;”Kelebihan Bayar”;”Belum Lunas”)))

 

aplikasi koperasi serba usaha dengan excel gratis

Baca Juga:

Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Excel

Bagi anda yang ingin download aplikasi akuntansi koperasi Excel gratis, sebenarnya ada cukup banyak yang bisa ditemukan di internet. Biasanya banyak orang yang merekomendasikan 2 aplikasi koperasi serba usaha dengan Excel gratis berikut ini, yang mana dapat anda pertimbangkan.

  1. Softkop

Software Softkop diklaim sangat membantu melakukan pembukuan koperasi hingga mengelola manajemen koperasi. Instalasinya bahkan terbilang mudah, dimana anda hanya perlu mengikuti panduan yang tertera pada saat pertama kali membuka aplikasi. Menariknya lagi, Softkop bisa digunakan pada PC atau laptop dengan spesifikasi rendah. Silahkan menuju link download disini.

  1. Koperasiku

Satu lagi aplikasi koperasi simpan pinjam yang banyak direkomendasikan yaitu Koperasiku. Software ini sendiri adalah buatan programmer asal Indonesia asli, yang masih begitu peduli terhadap perkembangan koperasi di dalam negeri. Inilah mengapa Koperasiku banyak digunakan sampai saat ini. Apalagi software tersebut tersedia secara gratis dan penggunaannya cukup mudah.

Baca:

Demikian seputar informasi mengenai aplikasi koperasi serba usaha atau simpan pinjam dari PanduanOffice. Keberadaan software seperti ini tentunya akan memudahkan pembukuan akuntansi di koperasi, sehingga tidak perlu lagi dilakukan secara manual. Terlebih data yang tertera juga lebih akurat dan terhindar dari human error.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *