Download Contoh Pembukuan Laporan Keuangan Bumdes Excel Sederhana Tapi Lengkap

2 min read

contoh pembukuan bumdes excel

Saat ini, seluruh desa di Indonesia diberi modal oleh pemerintah pusat untuk mendirikan Bumdes. Fungsi utamanya ialah untuk memanfaatkan potensi yang ada di desa tersebut baik potensi SDM maupun SDA. Sayangnya, sebagian besar pengurus Bumdes bukanlah dari kalangan akuntansi sehingga mereka belum paham sama sekali terkait administrasi usaha seperti halnya contoh pembukuan Bumdes Excel.

Contoh Pembukuan Bumdes Excel

Nah, jika desa kalian baru saja mendirikan Bumdes, tentu akan sulit untuk membuat pembukuan dan laporan keuangan. Terlebih, bila para pengurusnya belum memiliki pengalaman sama sekali dalam hal ini.

Untuk itu, kali ini kami ingin memberikan beberapa referensi terkait contoh pembukuan Bumdes Excel serta contoh laporan Bumdes doc yang bisa kalian tiru nantinya.

Apa itu Bumdes?

Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) merupakan sebuah bisnis / usaha yang dikelola sepenuhnya oleh pemerintah desa yang hasil keuntungannya akan menjadi APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa).

Berbeda dengan jenis usaha lainnya, Bumdes hanya memanfaatkan potensi yang ada di desa tersebut. Misalnya para pengurusnya hanya warga desa dan lokasinya pun harus berada di desa tersebut.

Karena itu, walau sudah diberi buku panduan Bumdes sekalipun, seringkali masih banyak orang yang bingung tentang bagaimana cara mengelola Bumdes yang tepat mulai dari bagaimana cara membuat rincian laporan keuangan hingga pembukuan usahanya.

Fungsi dan Tujuan Pembukuan Bumdes

Karena Bumdes merupakan Badan Usaha yang diakui oleh negara, maka wajib hukumnya membuat pembukuan. Setidaknya ada 4 tujuan dibuatnya pembukuan bumed, berikut rinciannya:

a) Sebagai Bahan Laporan Keuangan

Sama seperti badan usaha lainnya, Bumdes juga diharuskan melaporkan rincian data keuangan tiap tahunnya kepada pemerintah guna urusan laporan perpajakan.

Laporan keuangan ini pun bisa digunakan sebagai bahan rujukan untuk keperluan pembuatan surat menyurat yang penting. Misalnya pembuatan NPWP usaha, pembuatan sertifikasi Depkes dan halal MUI, hingga menjadi dokumen penting yang wajib dilampirkan untuk keperluan pengajuan kredit.

Baca Juga :

b) Menganalisa Perkembangan Usaha

Perkembangan usaha dari waktu ke waktu bisa kita amati dari data yang terdapat dalam pembukuan Bumdes. Karena segala hal yang berkaitan dengan laporan keuangan, laporan penjualan, hingga data pengurus Bumdes ada dalam pembukuan tersebut.

Kalian dapat mengamati struktur perkembangan usaha dari waktu ke waktu untuk menganalisa seberapa banyak keuntungan dan kerugian yang didapatkan oleh Bumdes di setiap periodenya.

c)  Mengetahui Potensi Kerugian Dini

Penting sekali bagi sebuah bisnis untuk mengetahui potensi loss dini melalui sebuah data yang terangkum dalam laporan pembukuan.

Dengan mempertimbangkan beberapa faktor-faktor perkembangan usaha, pihak Bumdes tentu akan dapat mengantisipasi kerugian yang kemungkinan akan terjadi di masa mendatang.

d) Mempertahankan Stok Produk

Jika Bumdes yang kalian kelola merupakan jenis usaha yang memproduksi atau menjual barang, maka penting s ekali untuk mengetahui persediaan barang (stock balance).

Dengan menganalisa melalui pembukuan Bumdes, kalian dapat memperkirakan kelebihan dan kekurangan stok produk yang dijual sehingga dapat dengan mudah mengendalikan kebutuhan stok barang.

Contoh Pembukuan Bumdes Excel

Berikut ini beberapa contoh laporan keuangan Bumdes lengkap yang dapat kalian contoh untuk membuat laporan usaha secara mendetail:

judul gambar

1. Jurnal Umum Bumdes

Laporan Keuangan Bumdes

Pertama, kalian dapat membuat pembukuan Bumdes Excel dengan format berupa jurnal umum. Umumnya, jurnal umum ini akan digunakan sebagai buku besar yang merangkum segala laporan neraca saldo Bumdes. Beberapa poin yang dapat dimasukan ke dalam tabel pembukuan ialah berupa:

  • Nomor urut
  • Tanggal
  • Jenis / keterangan
  • Nomor ref
  • Debet
  • Kredit

2. Jurnal Penjualan dan Pembelian

Jurnal Penjualan Pembelian Bumdes

Contoh laporan keuangan Bumdes sederhana satu ini cocok digunakan dalam pembukuan harian yang berguna untuk mengetahui stock balance serta perubahan modal. Poin-poin yang bisa kalian isi dalam contoh pembukuan Bumdes Excel tersebut antara lain:

  • Nomor urut
  • Tanggal
  • Nomor faktur
  • Jenis penjualan
  • Jenis pembelian
  • Debit
  • Kredit

3. Jurnal Penerimaan dan Pengeluaran Kas

Jurnal Penerimaan Kas

terakhir, adalah jurnal penerimaan dan pengeluaran kas yang merangkum segala laporan rugi / laba, laporan utang piutang, dan pembelian / penjualan stok barang. Untuk membuat jurnal penerimaan dan pengeluaran kas, kalian dapat mencontoh gambar di atas.

Download Contoh Pembukuan Bumdes Excel

Berikut ini contoh format pembukuan Bumdes dengan format Excel. Jika ingin download file Excelnya, silahkan download di pada link dibawah ini.

contoh pembukuan Bumdes Excel

DOWNLOAD

Baca Juga :

Itulah beberapa contoh pembukuan Bumdes Excel lengkap yang dapat kalian tiru. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *