Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Download Gratis Contoh Pembukuan Transaksi Keuangan Laundry Harian

2 min read

contoh pembukuan laundry harian

Contoh pembukuan laundry harian sangat penting untuk diketahui, terlebih bagi pengusaha pemula yang baru saja terjun ke dunia bisnis ini. Pasalnya tanpa adanya pembukuan atau pencatatan keuangan, pengusaha tidak dapat mengelola keuangan bisnis dengan baik.

Contoh Pembukuan Laundry Harian

Di era serba praktis seperti saat ini, usaha laundry kiloan cukup banyak diminati karena dinilai memiliki prospek menjanjikan sebut saja karena jumlah mahasiswa yang meningkat, banyaknya karyawan luar kota, hingga sempitnya lahan untuk mencuci pakaian di rumah. Langsung saja berikut ini contoh pembukuan keuangan laundry yang dapat dijadikan referensi.

Baca Dulu : Cara Menghitung Harga Laundry Kiloan

Buku Laundry

Buku laundry dapat disebut sebagai laporan keuangan perusahaan jasa laundry, yang umumnya dibuat oleh pengelola usaha tersebut sebagai bahan informasi bagi pemilik, manajemen, investor, hingga pemerintah atau kantor pajak. Terdapat beberapa jenis laporan keuangan yang bisa dibuat menurut Standar Akuntansi Keuangan (SAK), diantaranya :

1. Laporan Laba Rugi

Merupakan laporan berisi kondisi laba dan rugi suatu bisnis. Laporan ini umumnya dibuat untuk memperjelas keadaan finansial bisnis selama periode tertentu, sehingga nantinya dapat menjadi bahan evaluasi.

2. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas bisa digunakan sebagai indikator prediksi kas di beberapa periode mendatang. Untuk keperluan arus kas masuk, dapat dilihat melalui hasil kegiatan operasional bisnis atau pinjaman yang dilakukan oleh usaha tersebut. Sementara untuk arus kas keluar, dapat diketahui melalui seberapa banyak biaya operasional yang dikeluarkan oleh bisnis tersebut.

3. Laporan Perubahan Modal

Laporan ini dapat menjadi indikator perkembangan suatu bisnis, dan dibuat di setiap periode dimana terdapat perubahan penurunan dan kenaikan kekayaan bersih.

4. Laporan Neraca

Seperti namanya, laporan ini disusun seperti neraca agar dapat mengetahui informasi dan posisi keuangan suatu bisnis. Di dalamnya pun memuat informasi seperti aktiva, pasiva, dan permodalan.

5. Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)

Merupakan jenis laporan keuangan yang dipergunakan bisnis atau perusahaan berskala besar. Umumnya CALK berisi informasi tambahan mengenai kondisi perusahaan.

Contoh Pembukuan Laundry Harian

Untuk keperluan pembukuan harian, berikut ini contoh yang dapat diikuti :

  • Contoh Format Pemasukan Harian Laundry

Contoh Format Pemasukan Harian Laundry

  • Contoh Format Pengeluaran Harian Laundry

Contoh Format Pengeluaran Harian Laundry

Baca Juga :

Contoh Pembukuan Keuangan Laundry

Selanjutnya terdapat contoh pembukuan keuangan untuk usaha laundry. Selain catatan keuangan harian, diperlukan adanya catatan keuangan bulanan agar laba dan rugi usaha dapat terlihat.

  • Contoh Format Laporan Keuangan Bulanan

Contoh Format Laporan Keuangan Bulanan

  • Contoh Pembukuan Laba Rugi

Contoh Pembukuan Laba Rugi

Contoh Laporan Rugi Laba Laundry

Unduh

judul gambar
  • Contoh Laporan Pendapatan

Contoh Laporan Pendapatan

  • Contoh Laporan Neraca

Laporan Neraca

Unduh

Contoh Laporan Neraca

Contoh Laporan Keuangan Laundry Excel

Bagi yang ingin membuat laporan keuangan laundry menggunakan Microsoft Excel, berikut contoh format yang dapat diikuti :

  • Contoh Laporan Keuangan Excel Lengkap

Contoh Laporan Keuangan Excel Lengkap

  • Contoh Laporan Keuangan Bulanan Excel Sederhana

Contoh Laporan Keuangan Bulanan Excel Sederhana

Contoh Transaksi Usaha Laundry

Berikut ini terdapat contoh jurnal transaksi beserta invoice laundry :

  • Contoh Format Jurnal Transaksi Laundry

Contoh Format Jurnal Transaksi Laundry

Unduh

  • Contoh Format Invoice Transaksi Laundry

Contoh Format Invoice Transaksi Laundry

  • Contoh Nota Transaksi Laundry

Contoh Nota Transaksi Loundry

Strategi Meningkatkan Keuntungan Usaha Laundry

Agar usaha laundry Anda mendatangkan keuntungan besar, lakukan strategi di bawah ini :

  • Maksimalkan Media Sosial

Promosi melalui media sosial dinilai sangat ampuh, terlebih di era digital seperti saat ini. Tak ada salahnya mencoba boosting post dengan iklan berbayar agar keberadaan usaha Anda diketahui banyak orang.

  • Layanan Ambil dan Delivery

Tak sedikit pelanggan laundry merupakan orang sibuk, bahkan untuk sekedar pergi memasukkan cucian kotor ke laundry. Karena itu tawarkan layanan ambil dan delivery order guna meningkatkan jumlah konsumen.

  • Pasang Banner atau Neon Box

Agar usaha laundry Anda dapat terlihat dari kejauhan, pasang banner atau neon box berukuran cukup besar yang menghadap ke jalan. Buat semenarik mungkin agar orang tertarik untuk melihatnya.

Ketahui :

Itulah contoh pembukuan laundry harian lengkap dengan contoh laporan keuangan Excel. Semoga bermanfaat.

judul gambar
Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text