Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Contoh Laporan Keuangan Usaha Catering Box

2 min read

contoh laporan keuangan usaha catering

Contoh laporan keuangan usaha catering menjadi informasi penting yang harus diketahui oleh pengusaha catering. Pasalnya laporan keuangan usaha catering akan memudahkan pengusaha untuk melihat apakah usaha yang ia kelola berjalan dengan lancar. Tidak hanya cocok untuk usaha catering box, namun bisa juga untuk usaha catering rumahan.

contoh laporan keuangan usaha catering

Tanpa membuat laporan keuangan usaha catering yang benar, maka proses kerja menjadi sulit untuk dilakukan. Bisnis catering tentu tidak bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya manajemen keuangan yang baik. Dengan laporan keuangan, bisnis bisa tetap berjalan dan Anda tahu berapa keuntungan yang didapatkan.

Contoh Laporan Keuangan Usaha Catering Box

Berikut ini contoh laporan keuangan laba rugi usaha catering:

contoh laporan keuangan usaha catering

Untuk laporan keuangan sederhana bisa lihat contoh dibawah ini:

contoh laporan keuangan usaha catering

Untuk format laporan keuangan dibawah ini, Anda bisa download file doc (Word) jika menginginkannya. Namun lebih enak pakai Excel ya, karena perhitungannya nanti bisa otomatis. Namun tidak masalah, Anda tinggal copy saja format header file doc Word tersebut ke Microsoft Excel.

contoh laporan keuangan usaha catering

Silahkan download form laporan keuangan untuk usaha catering Anda pada link dibawah ini:

Download

Pentingnya Membuat Laporan keuangan Usaha Catering

Pembukuan dan pembuatan laporan untuk usaha catering box yang Anda miliki merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Ini karena melakukan pembukuan dan pembuatan laporan memiliki dampak dan manfaat yang baik, diantaranya:

  • Melindungi Bisnis

Bisnis yang Anda miliki akan terlindungi dari kemungkinan bangkrut atau gulung tikar. Sebab Anda tahu berapa jumlah keuntungan yang didapatkan dan bisa mengetahui saldo yang dimiliki untuk tetap menjalankan usaha.

  • Mengontrol Dana

Dengan contoh laporan keuangan usaha catering, Anda bisa tahu kemana uang yang Anda dapatkan dibelanjakan. Anda juga bisa mengetahui berapa besaran dana yang dibutuhkan untuk tiap pos, misalnya untuk belanja bahan makanan, transportasi dan laba dari penjualan yang dilakukan.

judul gambar
  • Menganalisa Sumber Penghasilan

Laporan keuangan usaha catering akan membantu Anda mendapatkan rincian mengenai sumber penghasilan yang Anda miliki. Ini juga bisa menjadi dasar pengambilan keputusan dan kebijakan yang baik, apalagi jika bisnis Anda sudah mulai besar.

  • Meningkatkan Kepercayaan Investor

Beberapa layanan usaha catering box menggunakan investor untuk menunjang pemasukan dan modal di awal usaha. Jika Anda ingin mendapatkan investor yang cukup, Anda harus menyediakan laporan keuangan secara rinci untuk mengetahui kemana uang investor tersebut akan digunakan.

Baca Juga :

Model Laporan Keuangan untuk Usaha Catering

  • Buku Stok

Contoh laporan keuangan usaha catering yang harus Anda miliki adalah buku stok. Dengan buku stok Anda tahu kapan barang masuk, keterangannya, jumlah barang yang keluar dan berbagai stok yang masih tersedia. Anda tidak akan salah beli produk atau bahan makanan untuk pembuatan catering.

  • Buku pemasukan

Berikutnya adalah laporan keuangan usaha catering untuk pemasukan dana. Pemasukan dana merincikan laba yang Anda dapatkan dari berbagai pesanan yang masuk, dana dari investor dan dana untuk membuat pesanan pelanggan. Dengan catatan yang baik, maka nota dan kuitansi pembelian bisa tersimpan dengan baik.

  • Buku pengeluaran

Berikutnya adalah buku pengeluaran, buku ini akan mencatat berbagai pengeluaran yang dilakukan oleh usaha catering box atau jenis usaha catering yang lain. Laporan ini akan membuat perhitungan bisa dilakukan secara rutin dan tidak ada pengeluaran yang tidak perlu.

  • Buku laba dan rugi

Terakhir Anda bisa menggunakan contoh laporan keuangan usaha catering dari model buku laba dan rugi. Buku tersebut akan merincikan mengenai laporan keuangan selama kurun waktu tertentu, biasanya per bulan. Anda akan tahu berapa besaran laba yang didapatkan guna menghindari kerugian.

Model Buku Laporan Keuangan untuk Catering

Ada beberapa jenis model pelaporan yang umum digunakan usaha catering box atau catering rumahan, diantaranya:

  • Menggunakan Aplikasi

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi, aplikasi ini akan membantu Anda mendapatkan rincian terkait informasi penjualan dan pembelian yang dilakukan. Anda bisa lebih mudah dalam melakukan rekap modal usaha, pengeluaran dan pembelian dengan aplikasi khusus.

  • Menggunakan Excel dan Aplikasi Sejenis

Jika ingin lebih mudah dalam membuat laporan keuangan usaha catering, Anda bisa menggunakan Excel. Dengan Exvel Anda bisa mendapatkan rincian pelaporna yang lebih rapi dan mudah untuk dipahami. Apalagi aplikasi Excel tersedia untuk berbagai kebutuhan dan bisa ditemukan dengan mudah di banyak perangkat OS Windows.

Baca Juga :

Selain dua cara laporan keuangan usaha catering diatas, Anda juga bisa menggunakan pelaporan dengan cara manual. Namun, cara ini tidak direkomendasikan jika Anda sudah memiliki bisnis yang besar karena malah akan menyulitkan dan menghabiskan banyak waktu.

judul gambar
Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text