Berly Menyukai dunia traveling, blogging, menulis di blog sejak 2014 sampai sekarang.

Contoh Pembukuan Usaha Peternakan Ayam Potong

2 min read

contoh pembukuan usaha ayam potong

Pembukuan merupakan sebuah usaha yang wajib dilakukan oleh setiap pebisnis untuk memastikan bahwa kondisi finansial usahanya tetap dalam keadaan yang aman. Di dalam sana banyak sekali komponen penting yang tidak boleh sampai terlewatkan. Di kesempatan kali ini, yuk cari tahu contoh pembukuan usaha ayam potong, usaha peternakan, dan penjualan telur beserta komponennya! Anda bisa download dalam file PDFnya di akhir artikel.

Pembukuan Usaha Peternakan

contoh pembukuan usaha ayam potong

Indonesia dikenal sebagai negara agraris, sehingga cocok dimanfaatkan untuk usaha di bidang pertanian termasuk peternakan. Tidak ada salahnya jika anda memulai usaha dari unggas yaitu ayam. Dengan membuka peternakan ayam, anda bisa merambah ke dunia usaha ayam potong dan jual telur. Tidak heran jika contoh pembukuan usaha ayam potong ini pening.

Namun agar bisnis bisa berjalan dengan baik, diperlukan pembukuan usaha peternakan yang rinci. Setiap komponen yang berkaitan dengan kas keluar dan masuk harus dicatat dengan baik agar kondisi finansial perusahaan bisa dipantau dengan seksama. Jika akuntansinya dikelompokkan, maka didapat beberapa golongan penting, yaitu aset, biaya, kewajiban, dan pendapatan.

Baca: Contoh Tabel Pengeluaran Harian Rumah Tangga

Contoh Pembukuan Usaha Ayam Potong

  1. Pencatatan Hutang Pada Supplier Dan Stok Ayam DOC

Langkah pertama dalam contoh pembukuan usaha ayam potong adalah mendapat informasi hutang pada supplier dan stok ayam DOC. Saat supplier datang, anda haus menghitung berapa banyak ayam yang masuk dan jika dinominalkan, berapa uang yang nantinya harus terbayar. Usahakan datanya valid dan tidak ada perbedaan harga antara perhitungan anda dan pihak supplier.

  1. Mencatat Pemberian Pakan Pada Ayam

Contoh pembukuan usaha ayam potong pasti di dalamnya juga memuat rincian biaya untuk memberi pakan pada ayam. Gunakan pakan yang baik agar tumbuh kembang ayam bisa lebih optimal. Akan jauh lebih nyaman lagi jika anda bekerjasama dengan pihak supplier pakan ayam agar mendapat harga yang jauh lebih terjangkau.

Baca Dulu: Cara menghitung Harga Laundy Kiloan

  1. Mencatat Data Operasional

Dalam sebuah peternakan, pasti ada yang namanya biaya operasional. Biaya operasional sendiri merupakan biaya yang keluar agar peternakan bisa menjalankan aktivitas sehari harinya dengan baik. Beberapa bagian dari biaya operasional adalah penggajian, tunjangan karyawan, transportasi, sewa, pajak, dan komisi penjualan.

Bagian dalam contoh pembukuan usaha ayam potong sangat detail, sehingga perlu bantuan ahli akuntansi. Mereka harus bisa mencatat setiap arus keluar maupun masuk agar bisnis tetap bisa dipantau dengan baik. Sekalipun usaha ayam potong anda hanya memotong saja, bukan berarti tidak ada biaya operasional yang harus ditanggung.

Baca Dulu: Cara Menghitung Biaya Pembuatan Lemari Pakaian

  1. Assembling Pembukuan

contoh pembukuan usaha ayam potong

judul gambar

Laporan keuangan dalam bisnis komponennya beragam. Semua data itu harus disatukan agar bisa ditarik kesimpulan. Adapun beberapa laporan yang nantinya harus dihasilkan dalam satu periode adalah laporan hutang, laporan piutang, neraca, laba rugi, dan assembling ayam. Sebenarnya tidak ada patokan harus seperti apa model pembukuannya, karena yang penting jelas, valid, dan mudah dimengerti.

Baca Dulu: Cara Menghitung Keuntungan Usaha Kredit

Contoh Pembukuan Penjualan Telur

  1. Jurnal Kas Masuk

Setelah membahas contoh pembukuan usaha ayam potong, saatnya anda mengenal contoh pembukuan penjualan telur. Salah satu dari mereka adalah jurnal kas masuk. Dalam akuntansi, jurnal adalah catatan yang menjadi alat bantu untuk menjaga agar transaksi berjalan dengan lancar. Jurnal kas masuk juga akrab dikenal dengan nama penerimaan kas.

Catat seluruh pemasukan yang didapat dari usaha, misalnya jumlah telur yang berhasil terjual dalam satu bulan. Tidak boleh ada yang tertinggal, karena nantinya entri debet dan kredit harus tetap seimbang. Data yang ada di kas masuk akan dipadukan dengan informasi dari jurnal kas keluar. Info terkait penjualan, piutang, dan persediaan harus detail.

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Lemari Bawah Tangga

  1. Jurnal Kas Keluar

Kas keluar merupakan keseluruhan transaksi yang erat kaitannya dengan pengeluaran kas perusahaan. Istilah lain yang berhubungan dengan kas keluar adalah bukti kas keluar. Anda harus melakukan pencatatan atau pembukuan berdasarkan bukti kas keluar. Hal tersebut akan membuat pencatatan lebih valid, sebagaimana pada contoh pembukuan usaha ayam potong.

contoh pembukuan usaha ayam potong

Adapun beberapa komponen yang masuk dalam jurnal kas keluar adalah perlengkapan usaha penjualan telur, misalnya adalah timbangan, kantong plastik, kalkulator, dan lain sebagainya. Nantinya dokumen tersebut harus ditandatangani oleh diperiksa oleh bagian finansial usaha, terlebih jika bisnis penjualan telur ini terkoneksi dengan peternakan secara langsung.

Baca Dulu:

Contoh pembukuan usaha ayam potong sebenarnya tidak jauh berbeda dengan usaha telur, karena komponen dalam pencatatan kas nya tetap mirip. Hanya saja jika dibandingkan, lebih rumit di ayam potong. Terlebih lagi jika ayam yang nantinya dijual berasal dari peternakan sendiri karena ikut mengurangi jumlah ayam secara keseluruhan. Oleh karena itu, pencatatannya lebih dalam.

Silahkan download contoh laporan pembukuan sederhana peternakan ayam potong pada link dibawah.

Download File PDF

Itulah sekilas penjelasan terkait dengan contoh pembukuan yang perlu anda ketahui. Saat hendak membuka usaha peternakan ayam, galilah informasi terkait bisnis agar lebih sukses. Amalkan pula pencatatan atau pembukuan dengan benar agar pemantauan bisnis bisa lebih mudah. Tidak ada salahnya juga kalau anda memilih beberapa software akuntansi untuk membantu.

judul gambar
Berly Menyukai dunia traveling, blogging, menulis di blog sejak 2014 sampai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text