Cara Menghitung Keuntungan Usaha Kredit Biar Sukses, Bagaimana Menurut Islam?

2 min read

cara menghitung keuntungan usaha kredit

Memulai usaha kredit adalah aktivitas yang saat ini banyak digunakan orang untuk menambah pundi pundi pendapatan. Namun sebenarnya bisnis ini tidak mudah, karena ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Di kesempatan kali ini, yuk cari tahu cara menghitung keuntungan usaha kredit, cara usaha kredit barang biar sukses, dan cara menghitung kredit barang menurut islam.

Cara Usaha Kredit Barang Biar Sukses

cara menghitung keuntungan usaha kredit

  1. Mempersiapkan Modal

Saat ini banyak pelaku usaha kredit yang menetapkan margin tinggi pada setiap barang yang ditawarkannya. Sebenarnya langkah tersebut cukup menggiurkan, namun perlu anda ingat pula bahwa di sana ada modal yang mandek. Anda harus bisa menyiapkan modal yang besar agar usaha kredit tidak berhenti di tengah jalan.

  1. Menemukan Supplier

Selain tahu cara menghitung keuntungan usaha kredit, anda juga harus mencari supplier barang yang menawarkan harga kompetitif. Jika dari supplier sudah dapat harga yang miring, maka usaha kredit anda bisa lebih dilirik orang karena harga yang produk yang lebih murah. Namun anda harus tetap memperhatikan kualitas barang, agar pembeli merasa puas.

  1. Mencatat Keuangan Dengan Lengkap Dan Tertib

Kunci sukses usaha kredit adalah bisa menata dan mencatat arus kas dengan baik. langkah ini juga akan membuat cara menghitung keuntungan usaha kredit menjadi lebih muda. Tanpa pencatatan yang baik, anda akan sulit mengetahui debitur mana yang sudah bayar dan belum. Data dalam catatan tersebut sangat penting, karena menjadi bagian dari inti usaha.

  1. Memperluas Jaringan

Cara menghitung keuntungan usaha kredit sangat penting, apalagi jika anda memiliki banyak debitur. Namun untuk ini, anda perlu memperluas jaringan karena usaha kredit ini memiliki persentase repeat order yang rendah. Hanya orang yang benar  benar butuh saja, yang menjadi debitur anda. Biasanya pelanggan juga akan menyelesaikan cicilannya dulu sebelum mengambil kredit lain.

  1. Bisa Bersikap Tegas Pada Pelanggan

Cara usaha kredit barang biar sukses  yang kelima adalah bisa bersikap tegas pada pelanggan atau debitur. Percuma saja jika anda tahu cara menghitung keuntungan usaha kredit namun hasilnya negatif alias tidak balik modal. Akan lebih baik jika anda sudah membuat perjanjian di awal agar ada aturan yang jelas antara debitur dan kreditur.

Cara Usaha Kredit Pakaian

  1. Memiliki Modal Dan Ide Yang Jelas

Cara usaha kredit pakaian sebenarnya sama saja dengan cara membuka usaha kredit barang. Cara menghitung keuntungan usaha kredit nya pun masih sama dan tidak ada bedanya sama sekali. Salah satu cara yang penting terkait dengan usaha ini adalah menyiapkan modal dan ide yang jelas. Dari modal, anda bisa membeli produk keinginan debitur.

  1. Melakukan Promosi Usaha

Promosi merupakan tahapan yang tidak bisa dipisahkan dalam sebuah bisnis. Agar sukses, anda perlu melakukan promosi. Paling tidak gunakan whatsapp story, instagram, atau facebook agar masyarakat tahu jika anda membuka usaha kredit pakaian. Percuma saja jika modal dan ide sudah matang tapi promosinya gagal.

judul gambar
  1. Menyusun Peraturan Kredit

Meskipun harga pakaian tidak semahal barang elektronik, namun anda tetap harus menyusun peraturan kredit bagi debitur. Cara menghitung keuntungan usaha kredit tidak akan berguna jika akhirnya ada masalah terkait dengan proses pembayaran cicilan oleh debitur. Anda akan kesulitan untuk mengetahui, berapa keuntungan usaha jika banyak yang tidak taat aturan.

  1. Melakukan Kerjasama Dengan Pihak Konveksi

Cara menghitung keuntungan usaha kredit pakaian sama saja dengan barang lain. Oleh karena itu, anda juga harus ingat poin kedua dari pokok bahasan sebelumnya, yaitu mencari supplier yang kompetitif. Anda harus bisa menjalin kerjasama dengan pihak konveksi agar mendapat harga yang lebih miring. Dengan begitu, keuntungan yang didapat juga bisa lebih tinggi dari sebelumnya.

Baca Dulu:

Cara Menghitung Kredit Barang Menurut Islam

Dikutip dari sebuah sumber, telah dijelaskan bahwa urusan masalah jual beli kredit masih menimbulkan perselisihan diantara para ulama. Namun kebanyakan diantara mereka menyetujui bahwa aktivitas ini boleh, namun tidak ada tambahan biaya apabila terjadi keterlambatan pembayaran. Dari kedua belah pihak juga harus memiliki akad yang jelas terkait dengan pembayarannya.

Jika demikian, maka cara menghitung kredit barang menurut islam tidak boleh ditambah dengan bunga keterlambatan. Jika hal ini terjadi, maka kredit yang dijalankan sudah masuk dalam ranah riba jahiliyah. Bagi umat islam, hal tersebut tidak dibenarkan karena termasuk hal yang tercela dan dibenci oleh Allah.

Berapa Persen Keuntungan Usaha Kredit

Cara menghitung keuntungan usaha kredit sebenarnya mudah, yaitu dengan membagi harga barang dengan lama cicilan. Misal barang A dijual dengan harga 350.000 dan dicicil 10 bulan, maka pendapatan anda per bulannya adalah 35.000. Lantas berapa persen keuntungan usaha kredit? Anda bisa menghitungnya dengan membagi (harga jual-beli/harga beli) x 100%.

Baca Dulu:

Demikianlah sekilas informasi terkait dengan usaha kredit yang perlu anda ketahui. Keputusan untuk menjalankan bisnis ini sepenuhnya ada di tangan anda. Yang penting, siapkan ide yang matang, jangan sampai bisnis berhenti di tengah jalan. Gunakan modal sebaik mungkin untuk membangun bisnis yang berkelanjutan.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.