Tabel Angsuran Pinjaman Bank BKK & Syarat Pengajuan

2 min read

tabel angsuran pinjaman bank bkk

Tabel angsuran pinjaman bank BKK mungkin yang sedang Anda cari saat ini. Ketika butuh uang untuk suatu keperluan, pengajuan pinjaman bank menjadi salah satu cara tercepat. Karenanya, perlu mengetahui apa saja syarat pengajuan pinjaman bank BKK, bagaimana cara cek angsuran BKK dan contoh simulasi tabel dari angsuran bank BKK.

Tabel Angsuran Pinjaman Bank BKK

BKK (Bank Kredit Kecamatan) yang dikenal pula sebagai Bank Perkreditan Rakyat, banyak dipilih oleh para nasabah untuk menyimpan uang atau mengajukan pinjaman mikro di beberapa wilayah. Alasannya adalah karena bank BKK sendiri memang lebih berfokus pada masyarakat kalangan ke bawah. Berikut simak informasi PanduanOffice.web.id lengkap terkait tabel angsuran pinjaman bank BKK.

tabel angsuran pinjaman bank bkk

Mengenal Jenis Pinjaman BKK

  1. Kredit Pegawai dan Pensiunan

Saat cek angsuran BKK, anda bisa melihat bahwa bank BKK sendiri menyediakan beberapa jenis pinjaman. Salah satunya yaitu kredit pegawai dan pensiunan yang mana fasilitas ini ditujukan untuk PNS, POLRI, TNI, perangkat desa, pegawai, BUMN, BUMD, swasta, pegawai honorer, dan juga para pensiunan agar dapat memenuhi kebutuhan melalui potongan gaji.

Baca : Contoh Laporan Keuangan Kas RT Excel

  1. Kredit Modal Kerja

Bagi para nasabah BKK, bisa mengajukan kredit modal kerja apabila ingin mendirikan atau mengembangkan sebuah bisnis. Adanya fasilitas pinjaman modal kerja ini diharapkan bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, sekaligus meningkatkan kemandirian mereka dalam membuka lapangan pekerjaan.

  1. Kredit Investasi

Pada tabel angsuran pinjaman bank BKK 2021, anda mungkin bisa menemukan jenis kredit investasi. Kredit investasi ini merupakan fasilitas pinjaman dari BKK yang ditujukan untuk masyarakat perorangan, koperasi, perusahaan, ataupun lembaga lainnya yang hendak membeli barang modal atau jasa untuk keperluan rehabilitasi, relokasi usaha, modernisasi, maupun pendirian usaha baru.

  1. Kredit Konsumtif

Satu lagi layanan kredit yang ditawarkan oleh BKK yaitu kredit konsumtif. Jenis pinjaman ini diberikan kepada masyarakat secara perorangan guna memenuhi kebutuhan konsumtif yang berupa barang maupun jasa. Contohnya seperti kredit biaya pendidikan, kredit untuk biaya ibadah umroh, kredit kendaraan bermotor, kredit KPR, sampai kredit pembelian barang elektronik.

Baca Juga: Cara Membuat Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Excel

Syarat Pengajuan Pinjaman Bank BKK

Syarat pengajuan pinjaman bank BKK sebenarnya bisa sedikit berbeda tergantung jenis pinjaman yang anda pilih. Dimana pasyaratan ini tentunya wajib dipenuhi agar pengajuan pinjaman dapat disetujui oleh pihak bank. Untuk syarat pengajuan pinjaman secara umum, bisa dilihat pada daftar berikut.

judul gambar
  1. Warga negara Indonesia (WNI).
  2. Fotokopi KTP atau identitas diri lainnya yang masih berlaku.
  3. Fotokopi akta nikah nasabah yang sudah menikah.
  4. Fotokopi kartu keluarga.
  5. Fotokopi rekening koran atau buku tabungan.
  6. Fotokopi slip gaji.
  7. Fotokopi rekening listrik atau air.
  8. Surat berharga dari barang yang dijadikan sebagai jaminan

Untuk tabel angsuran pinjaman bank BKK bisa dilihat langsung pada bank terkait setelah nantinya pengajuan disetujui. Selain itu, untuk debitur badan usaha perlu menambahkan beberapa dokumen seperti fotokopi NPWP, fotokopi akta pendirian perusahaan, sampai data keuangan milik perusahaan.

Baca: Rumus Debet Kredit

Cara Mengajukan Kredit Bank BKK

tabel angsuran pinjaman bank bkk

Bagi anda yang ingin mendapatkan layanan kredit dari bank BKK, maka terlebih dahulu harus melakukan pengajuan pada bank bersangkutan. Adapun prosedur pengajuannya sendiri sebenarnya sangat mudah dan hanya terdiri atas beberapa langkah saja. Berikut langkah yang bisa anda lakukan.

  1. Menyiapkan dokumen persyaratan.
  2. Kunjungi kantor BKK di domisili anda.
  3. Ambil nomor antrean dan temui petugas, lalu sampaikan anda ingin mengajukan pinjaman.
  4. Serahkan semua berkas persyaratan, maka nantinya petugas akan memberikan formulir pengajuan kredit.
  5. Isi formulir dengan sebenar benarnya kemudian serahkan kembali ke petugas.
  6. Formulir anda akan dievaluasi, kemudian verifikasi data formulir dan berkas dokumen persyaratan akan diberikan.
  7. Anda akan dihubungi oleh pihak bank apabila pengajuan disetujui
  8. Tanda tangan kontrak kredit dan dana pinjaman akan ditransfer ke rekening BKK anda.

Baca Juga: Contoh Tabel Pengeluaran Harian Rumah Tangga

Suku Bunga Pinjaman dan Tenor Kredit

Pada tabel angsuran pinjaman bank BKK 2020 atau seperti pada tabel angsuran BKK Wonogiri 2021, tenor kredit mungkin bisa berbeda beda. Namun maksimal tenor pinjaman di BKK yaitu 3 tahun atau sekitar 36 bulan. Yang mana untuk soal bunganya, tergolong cukup rendah yakni 0,625% per bulannya. Tapi tentu setiap kantor cabang bisa mematok suku bunga yang berbeda.

Baca Juga:

Bila dibandingkan dengan bank konvensional, tentu pinjaman bank BKK lebih cocok untuk masyarakat kalangan ke bawah. Pasalnya suku bunga yang dipatok tergolong rendah dan nilai angsurannya pun relatif tetap. Selain itu, cabang bank BKK saat ini sudah ada di berbagai tempat di dalam negeri sehingga lebih memudahkan masyarakat.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.