Download Contoh Format Absensi Karyawan Document Excel

2 min read

contoh absensi karyawan document download

Format absensi karyawan dalam bentuk Excel dapat Anda download pada artikel Panduanoffice kali ini. Document file Excel ini dalam bentuk template yang siap untuk Anda isi dan edit sesuai kebutuhan. Tampilan yang menarik akan membuat Anda bersemngat dalam mencetak document Excel yang satu ini.

contoh absensi karyawan document download

Absensi karyawan adalah data yang menunjukkan kehadiran harian karyawan di suatu perusahaan. Sistem Kehadiran Karyawan adalah sistem yang mencatat kedatangan karyawan berdasarkan ketentuan yang diatur. Paling tidak, data yang dihasilkan dari sistem kehadiran karyawan akan menunjukkan informasi. Berikut contoh absensi karyawan document yang bisa Anda download.

Download Contoh Format Absensi Karyawan Document Excel

contoh absensi karyawan document download

Contoh absensi untuk karyawan diatas bisa Anda buat dengan Ms Excel. Caranya pun sangat mudah, tinggal menyesuakan kolom dan jumlah baris sesuai kebutuhan.

Jika Anda ingin menggunakan template Excel dengan tampilan yang lebih bagus seperti dibawah ini, Anda bisa download contoh template absensi dalam file Excel pada link dibawah ini.

contoh absensi karyawan document download

Download

Jenis Absensi Karyawan

  1. Absensi Manual

Sistem manual mengharuskan setiap karyawan untuk mengisi kehadirannya. Karyawan perlu mengantri dalam jangka waktu yang lama untuk dapat memasuki waktu kedatangan dan keberangkatan setiap karyawan terutama pada perusahaan yang memiliki banyak karyawan. karyawan lah yang harus mengisi absen secara individu.

Format yang diterapkan pastinya memiliki beberapa perbedaan dari satu perusahaan ke perusahaan lain, tetapi informasi seperti waktu kedatangan atau keberangkatan dan tanda tangan adalah standar yang harus terpenuhi. Format absensi karyawan doc atau excel bisa didapatkan atau diterapkan sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan

  1. Absensi Analog

Presensi pegawai yang menggunakan sistem analog tidak jauh berbeda dengan presensi manual. Anda akan menemukan alat yang terdiri dari slot untuk memasukkan lembar waktu karyawan dan jam analog yang menampilkan waktu terkini. Ketika karyawan memasukkan kartu ke dalam slot, waktu secara otomatis tercetak di lembar waktu.

Baca Juga: 

judul gambar
  1. Absensi Digital

Setelah meninggalkan absensi karyawan dalam format manual, banyak organisasi kini menggunakan format absensi otomatis. Teknologi canggih saat ini memungkinkan untuk merekam kehadiran karyawan secara digital di perangkat elektronik. Sistem absensi online atau digital adalah metode absensi yang paling banyak digunakan di perusahaan saat ini.

Hal ini karena absensi dinilai sangat aman dan sulit berkembang. Kehadiran digital ini dapat dihubungkan secara lebih efektif menggunakan web, dan tabel digital dapat digunakan untuk melihat dan meringkas ID karyawan dan daftar kehadiran. Data absensi karyawan doc digital dapat disimpan dalam database berbasis cloud

  1. Absensi Fingerprint

Kehadiran ini menggunakan sidik jari sebagai sarana otentikasi pengguna atau karyawan di perusahaan. Jika perusahaan menggunakan sidik jari untuk menangkap kehadiran yang perlu dilakukan karyawan hanyalah meletakkan jari di mesin. Mesin kemudian secara otomatis mencatat kehadiran karyawan tersebut sesuai sidik jari yang terdaftar.

Dengan menggunakan alat ini, pastinya akan sulit ditemukan kecurangan karena sidik jari dari masing-masing orang memiliki perbedaan. Meskipun begitu, alat ini juga memiliki kekurangan karena tidak bisa membaca sidik jari jika jari anda kotor, basah, ataupun berkeringat. Bisa dikatakan bahwa mesin absensi satu ini cukup sensitif.

Baca Dulu:

  1. Absensi Digital PIN

Kehadiran yang satu ini memiliki beberapa tombol angka dan huruf. Sesuai dengan namanya, kehadiran digital ini menggunakan satu atau lebih kata sandi yang diberikan kepada semua karyawan perusahaan. Karyawan harus masuk ke sistem sebelum menggunakannya dan mengikuti tahapan berikutnya.

Anda perlu membuat kata sandi Anda sendiri dan memasukkannya ke dalam perangkat kehadiran digital yang dipasang oleh masing-masing perusahaan. Namun sayangnya, kehadiran digital seperti itu masih memiliki celah penipuan. Jika seorang karyawan tidak hadir yang dilakukan adalah membagikan kata sandi kepada orang lain.

  1. Absensi Magnetic Card

Kartu absensi magnetik seperti versi canggih dari mesin absensi Ceklok. Sistem ini membutuhkan kartu akses yang merekam kehadiran karyawan secara digital. Harga cukup murah, namun cukup menggesek kartu dan data absensi karyawan dapat tersimpan dengan baik di sistem sehingga Anda dapat menghitung kualitas mesin ini.

Baca Juga:

Meskipun telah banyak jenis absensi digital, namun yang masih populer hingga saat ini adalah jenis absensi manual. Hal ini dirasa cukup mudah bagi orang yang ketinggalan informasi tentang perkembangan teknologi. Anda juga bisa mengetahui contoh format absensi document download dengan mudah dan cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *