Contoh Tabel Excel Laporan Gaji Karyawan Perusahaan

Contoh laporan gaji karyawan perusahaan akan kami berikan dengan perhitungan tabel gaji karyawan Excel kepada Anda. Format gaji karyawan Excel ini terdapat beberapa kolom yang berisi nomor, nama karyawan, jabatan, gaji utama, tunjangan, pajak, dll.  Dengan format tabel gaji karyawan ini, kita tidak perlu memakai aplikasi gaji karyawan berbayar. Anda cukup menyiapkan sheet Excel, menyiapkan data karyawan dan menggunakan rumus Excel yang sudah dipersiapkan.


laporan gaji karyawan excel

Bagi anda pelaku bisnis pemula, penting untuk mengetahui bagaimana cara mudah membuat laporan gaji karyawan Excel. Dengan memanfaatkan aplikasi gaji karyawan dengan tabel di Excel, penghitungan akan lebih fleksibel dan bisa muncul secara otomatis. Artikel kali ini akan membuat contoh mudah cara pembuatannya, yuk simak ulasan berikut.

Membuat Laporan Gaji Karyawan dengan Excel

  1. Data yang Akan Dimasukkan dalam Laporan

Untuk membuat contoh laporan gaji karyawan perusahaan, terdapat beberapa data yang nantinya perlu anda masukkan ke dalam tabel perhitungan. Beberapa data yang dimaksud ini antara lain ada sekitar 7 kolom, yakni nomor, nama karyawan, jabatan, gaji utama, tunjangan (di sini menggunakan 5% dari gaji utama), pajak (10% * gaji utama + tunjangan) dan terima bersih (netto).

  1. Membuat Tabel

Seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama, terdapat data data dengan jumlah sekitar 7 kolom yang perlu anda masukkan untuk ke dalam perhitungan laporan gaji karyawan.

Baca Juga: 

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam hal ini yaitu membuat tabel yang berisi data data tersebut. Berikut, lihat contoh sederhananya.

contoh laporan gaji karyawan perusahaan

  1. Masukkan Rumus Tunjangan

Pada contoh pembuatan laporan gaji karyawan Excel kali ini, tunjangan yang diberikan oleh perusahaan untuk karyawannya sebesar 5% dari besar gaji pokok atau gaji utama. Oleh sebab itu, kolom tunjangan bisa diisi dengan cara mengalikan 5% dengan jumlah yang ada di kolom gaji pokok.

Gunakan rumus untuk memudahkan, caranya aktifkan cell di kolom tunjangan lalu ketikkan =5%*E6 lalu tekan Enter di keyboard.

Ini adalah rumus dasar Excel, dimana tanda * berarti anda mengalikan 5% dengan angka yang ada di dalam cell E6. Nantinya akan muncul hasilnya secara otomatis, dan bisa langsung ditarik hingga ke bawah seperti berikut ini.

laporan gaji karyawan excel

  1. Masukkan Rumus Pajak

Setelah selesai dengan kolom tunjangan, berikutnya isi kolom pajak pada tabel gaji karyawan Excel. Pada contoh ini menggunakan pajak yang dikenai 10% dari gaji utama ditambah dengan tunjangan. Sama halnya dengan perhitungan di kolom tunjangan yang menggunakan rumus fungsi Excel, pada kolom pajak ini pun juga akan menggunakan rumus untuk menghitungnya.

Cara menghitung pajak pada laporan gaji karyawan Excel yaitu aktifkan cell paling atas di kolom pajak kemudian ketikkan =10%*(E6+F6) lalu tekan Enter pada keyboard.

Arti dari fungsi ini adalah untuk mengalikan pajak sebesar 10% dengan jumlah gaji pokok dan tunjangan, yang berada di cell E6 dan F6.

Dan seperti sebelumnya, format gaji karyawan Excel untuk perhitungan di kolom pertama bisa langsung mengarahkan pointer ke sudut kanan cell lalu tarik hingga ke bawah. Dengan demikian, hasilnya akan otomatis muncul di kolom tanpa anda perlu terlebih dahulu mengulangi rumus satu persatu di setiap cell. Tampilannya akan menjadi seperti berikut.

download perhitungan gaji karyawan excel

  1. Masukkan Rumus Gaji Bersih

Gaji bersih atau total yang akan didapat oleh masing masing karyawan dihitung menggunakan acuan (gaji utama + tunjangan) – pajak. Sehingga cara menyelesaikan perhitungan ini bisa dengan cara klik cell H6, lalu ketikkan =(E6+F6)-G6 dan tekan Enter di keyboard. Arti rumus ini adalah menjumlahkan isi cell E6 (gaji pokok) dengan F6 (tunjangan), lalu dikurangi G6 (pajak).

Setelah menekan Enter, otomatis nominal gaji bersih yang akan diterima oleh karyawan akan muncul di kolom gaji bersih tersebut.

Baca Dulu:

Untuk baris baris selanjutnya, laporan gaji karyawan Excel ini bisa menggunakan cara cara seperti sebelumnya. Yaitu tarik pointer ke bawah hingga baris terakhir, sehingga anda tidak perlu mengulangi kembali rumus tersebut.

Download perhitungan gaji karyawan Excel berikut untuk melihat contohnya.

download perhitungan gaji karyawan excel

Contoh tabel laporan gaji karyawan Excel

  1. Tambahan

Selain contoh penghitungan sederhana seperti yang telah dijelaskan secara singkat pada poin poin sebelumnya, anda juga perlu memperhatikan beberapa hal tambahan. Misalnya jika gaji diberikan dengan ketentuan setiap karyawan selalu masuk kerja. Ini berarti jika karyawan absen atau izin, maka gaji bisa dipotong dengan nominal tertentu sesuai kebijakan perusahaan.

  1. Slip Gaji

Gunakan aplikasi gaji karyawan dengan Excel untuk membuat slip gaji. Slip gaji ini diberikan oleh perusahaan untuk karyawan agar mereka bisa mengetahui secara rinci terkait dengan gaji yang diterima. Mulai dari gaji pokoknya, semua tunjangan yang diperoleh, pajak, hingga potongan potongan lainnya.

Adanya slip gaji akan memberikan transparansi dari perusahaan ke karyawan. Dan ini baik untuk meningkatkan loyalitas pekerja yang anda miliki, mengingat bahwa beberapa orang merasa bahwa slip gaji adalah hal yang penting untuk mengetahui apakah gaji yang didapat memang sesuai. Oleh karena itu, jangan lupakan slip gaji setelah membuat laporan gaji karyawan Excel.

Artikel Terkait:

Demikian penjelasan mengenai cara pembuatan laporan gaji karyawan menggunakan Excel. Silahkan anda uji coba secara langsung untuk lebih mudahnya. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kondisi perusahaan terlebih dahulu, karena setiap bisnis lazimnya memiliki kebijakan yang berbeda beda terkait dengan ketentuan pemberian gaji untuk karyawan.

Leave a Reply