Berly Menyukai dunia traveling, blogging, menulis di blog sejak 2014 sampai sekarang.

Cara Absen Fingerprint Online Dengan Hp Menggunakan Password di Rumah

2 min read

cara absen fingerprint dengan hp

Saat ini, penggunaan sistem absensi sudah hampir dipakai oleh semua jenis perusahaan. Bahkan dengan perkembangan teknologi yang ada, sistem absensi tidak hanya berupa catatan manual menggunakan kertas, namun juga berupa face recognition, fingerprint, hingga yang terbaru ialah cara absen fingerprint dengan HP masing-masing karyawan.

cara absen fingerprint dengan hp

Fungsi sistem absensi tidak hanya digunakan untuk mengetahui persentase kehadiran karyawan saja, namun juga dapat dipakai dalam sistem shift management serta sistem penggajian otomatis. Dengan begitu, perusahaan tidak perlu repot-repot menambah staf tambahan di bagian manajemen dan keuangan.

Keuntungan Absen Fingerprint dengan HP Android

Cara absen lewat HP Android memang saat ini masih jarang diterapkan disebagian besar perusahaan bila dibandingkan menggunakan mesin fingerprint khusus. Walau begitu, absen via HP memiliki jauh lebih banyak keuntungan, berikut diantaranya:

a)     Lebih Efektif dan Efisien

Absen menggunakan HP sendiri tentu lebih efektif karena kalian tidak perlu lagi antre saat absen pagi (chek in) ataupun saat absen pulang (chek out).

Karena tidak perlu absen bergantian dengan orang lain, tentu akan membuat jam kerja menjadi lebih efisien akibat tidak ada waktu yang terbuang percuma hanya untuk sekedar absensi.

Topik Terkait: Cara Mengambil Data Absen Dari Fingerprint Solution Dengan Flashdisk

b)     Cara Pemasangan yang Mudah

Pemasangan sistem absensi HP sangatlah mudah, kalian hanya perlu berlangganan di provider yang menyediakan layanan absensi berbasis HP. Jika sudah berlangganan, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan sudah beli / berlangganan sistem absensinya.
  2. Input semua data lengkap karyawan untuk membuat ID dan pass.
  3. Instal aplikasi absensi pada masing-masing HP karyawan.
  4. Login menggunakan ID dan Pass yang telah dibuat sistem.
  5. Aktifkan fitur yang dibutuhkan seperti GPS, fingerprint, dll.
  6. Selesai! Silakan pakai untuk keperluan absensi.

c)     Cocok untuk Work for Home

Jika perusahaan kalian menerapkan sistem kerja work for home selama pandemi, maka absen dengan HP android ini cocok untuk kalian gunakan.

Selain lebih cepat, kalian juga tak perlu susah payah datang ke kantor untuk sekedar absen melalui mesin fingerprint. Karena itulah banyak karyawan yang menggunakan metode ini sebagai salah cara absen online dari rumah yang lebih praktis dan efisien.

d)     Tidak Mudah Dimanipulasi

Banyak cara yang dipakai untuk mengakali mesin absensi fingerprint ataupun face recognition seperti menggunakan jari cadangan yang didaftarkan menggunakan jari rekan kerja, hingga menggunakan software salinan foto untuk menyalin sempurna gambar wajah kita.

judul gambar

Namun tidak halnya dengan cara absen fingerprint dengan HP karena selain butuh password khusus juga terdapat kombinasi security tambahan untuk menghindari kemungkinan terjadinya tindak kecurangan. Berikut sistem keamanan yang terdapat dalam sistem absensi HP Android:

  • Sensor Fingerprint
  • Front Kamera
  • GPS
  • IMEI

e)     Dapat Digunakan oleh Semua Pengguna Android

Saat ini hampir tidak ada karyawan yang tidak punya smartphone Android. Karena itu, penggunaan absensi berbasi HP merupakan pilihan yang tepat karena hanya menggunakan sumber daya smartphone karyawan masing-masing.

Kebanyakan sistem absensi fingerprint dapat bekerja di perangkat Android tipe lama seperti versi Android 4.0 (Jelly Bean) hingga versi terbaru yakni versi Android 11 (Android R).

Ketahui:

Fitur-Fitur Absensi dengan HP

Berikut beberapa fitur-fitur untggulan yang terdapa dalam sistem absensi menggunakan fingerprint HP:

1.     Pemantauan Realtime

Jika mesin absensi lain harus mendownload dan mengolah terlebih dulu datanya agar bisa direkap di Excel, namun tidak halnya dengan mesin absensi berbasis HP Android satu ini. Kalian bisa memantau data absensi secara realtime tanpa harus mengunduh atau memindahkan datanya terlebih dahulu ke komputer.

2.     Laporan Aktivitas

Semua data masuk dan keluar karyawan akan tercatat secara realtime sehingga pihak perusahaan dapat mengetahui secara pasti performa kerja setiap pegawainya.

3.     Sistem Penggajian Otomatis

Memang, saat ini kebanyakan sistem absensi via HP belum mendukung sistem penggajian secara otomatis melainkan hanya digunakan untuk keperluan absensi. Namun bila kalian menggunakan layanan yang sepaket dengan penggajian, tentu akan membuat pekerjaan jadi lebih mudah.

4.     Manajemen Shifting

Bingung membuat jadwal karyawan karena jumlah pegawainya sangat banyak? Nah, agar tidak terjadi kerancuan dalam pembuatan jadwal maka gunakan saja sistem absensi HP untuk keperluan shifting management.

5.     Penanda Lokasi

Takut sistem absensinya dicurangi oleh karyawan? Gunakan saja penanda lokasi sehingga tahu apakah saat karyawan check in dan check out sedang berada di lingkungan perusahaan atau tidak.

Artikel Terkait:

Nah itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara absen fingerprint dengan HP Android. Semoga bermanfaat!

judul gambar
Berly Menyukai dunia traveling, blogging, menulis di blog sejak 2014 sampai sekarang.

Apa Itu Aplikasi Administrasi RT Pintar Gratis?

Sekarang ini apapun bisa dilakukan dengan sangat mudah, termasuk administrasi RT lengkap berkat adanya aplikasi administrasi RT Gratis yang sangat membantu kepala RT dan...
Berly
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text