Contoh Cara Rekap Absen Fingerprint Format Excel

1 min read

Mesin absen fingerprint memiliki fungsi yang sangat penting untuk mengetahui aktivitas kehadiran karyawan setiap harinya. Namun mesin ini tidak terintegrasi langsung dengan server / cloud sehingga perlu dilakukan rekap secara berkala. Karena itu, dikesempatan kali ini kami ingin memberikan rincian contoh rekap absen fingerprint beserta dengan caranya.

Apa Itu Rekap Absen Fingerprint?

Rekap absen fingerprint merupakan sekumpulan data yang dihasilkan dari proses absensi yang menggunakan mesin fingerprint.

contoh rekap absen fingerprint

Jadi, setiap kali karyawan melakukan absensi dengan autentifikasi menggunakan jarinya, maka akan terekam sebagai aktivitas check in di saat berangkat, dan check out di saat pulang.

Saat mereka tidak dapat menunjukkan kehadirannya dengan cara memverifikasi melalui mesin fingerprint, maka akan dianggap sebagai tidak masuk.

Nah kumpulan data yang dihasilkan dari mesin absensi ini disebut sebagai rekap absen yang nantinya akan digunakan untuk keperluan penggajian.

Rekap absen bisa dibuat dalam beberapa format sesuai dengan keinginan para pengguna mulai dari  format text, xml, html, dan juga Excel.

Ketahui: Aplikasi Inventaris Barang Kantor Excel Gratis

Fungsi dan Kegunaan Rekap Absen Fingerprint

Dibandingkan dengan rekap absen manual, contoh rekapan via mesin fingerprint jauh lebih detail karena akan memberikan informasi yang lebih lengkap dan lebih akurat. Jika dijabarkan, ada beberapa fungsi dan kegunaan dari rekap absen fingerprint, berikut rinciannya:

  1. Memonitor kehadiran karyawan secara lebih rinci dengan pengkategorian kehadiran yang lebih detail seperti hadir, izin, sakit, cuti, dan libur.
  2. Mempercepat perhitungan penggajian saat akhir bulan, bahkan beberapa mesin fingerprint sudah terintegrasi langsung dengan sistem penggajian.
  3. Memantau setiap aktivitas karyawan apakah datang terlembat ataupun ulang awal yang tidak sesuai dengan kebijakan perusahaan.
  4. Memungkinkan pengolahan data yang lebih detail menggunakan sistem yang terintegrasi baik secara online maupun offline.
  5. Menghindari kecurangan absensi karyawan seperti titip absen kepapda rekan kerja karena data fingerprint tidak dapat dipalsukan.

Ketahui: Rumus Excel Menghitung Tanggal Jatuh Tempo

judul gambar

Cara Export Rekap Absen Fingerprint

Berikut step by step untuk merekap data absen fingerprint untuk keperluan pembuatan laporan absensi karyawan:

a)     Pasang Flashdisk

Agar data absensi mesin fingerprint dapat diunduh, kalian perlu memindahkannya ke flashdisk atau USB disk. Pastikan flashdisk dalam keadaan kosong karena dalam beberapa kasus sering terjadi kegagalan apabila flashdisknya sudah terisi data lain. Berikut langkah-langkah memasang flashdisk:

  1. Pasang flashdisk pada slot mesin fingerprint.
  2. Dari halaman homepage, silakan klik “Download” lalu klik OK.
  3. Jika sudah, pilih opsi “Data Scan” lalu klik tombol OK.
  4. Atur tanggal yang ingin di unduh datanya.
  5. Pilih lagi “Download” kemudian klik tombol OK.

Jika gagal, mungkin mesin fingerprint kalian memiliki tipe sistem yang berbeda seperti halnya pada mesin jenis revo. Jadi silakan gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Pasang flashdisk pada mesin fingerprint.
  2. Pilih menu “Download” lalu klik tombol OK.
  3. Arahkan ke “log” lalu klik tombol OK.

Pelajari: Cara Membuat Grafik Pencapaian Target

b)     Download Scanlog

Untuk mendownload scanlog, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pasang flashdisk yang telah berisi data fingerprint ke komputer.
  2. Buka aplikasi Att Management.
  3. Pilih Menu Mesin lalu centang nama mesinnya.
  4. Klik Download Scanlog.
  5. Centang pilihan “Menggunakan FD”.
  6. Tentukan tipe mesin.
  7. Pilih Download Scanlog lalu pilih flashdisk
  8. Pilih file GlogData/001_Glog>>Open.

c)     Export Format Rekap Absen

Kalian bisa mendownload hasil rekap ke dalam format fingerprint Excel atau format lain seperti text, html, xml sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing.

Artikel Terkait:

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan seputar contoh rekap absen beserta fungsi dan kegunaannya. Semoga bermanfaat!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *