Fungsi Tab Menu Page Layout Pada Microsoft Word 2010

2 min read

fungsi page layout pada microsoft word 2010

Apa fungsi page layout pada Microsoft Word 2010? Ketahui fungsi menu page atau tab Page Layout pada Microsoft Word 2010 di artikel Panduanoffice kali ini! Stay tuned!!

fungsi page layout pada microsoft word 2010

Microsoft Word merupakan salah satu program pengolah kata yang banyak digunakan saat ini. Seperti yang telah diketahui, perangkat lunak satu ini memiliki banyak menu dengan berbagai macam fungsi. Termasuk pula pada versi Microsoft Word 2010, yang terdiri atas berbagai tab menu. Pada pembahasan kali ini, akan dijabarkan mengenai fungsi Page Layout pada Microsoft Word 2010. Seperti apa ?

 

Fungsi Menu Page Layout

Page Layout adalah salah satu menu yang ada di Microsoft Word. Dimana menu tersebut bisa ditemukan pada berbagai versi dari program Microsoft Word, termasuk Word versi 2010. Untuk fungsinya sendiri, tab Page Layout ini secara umum berguna sebagai pengaturan halaman, mengatur tema, mengatur paragraf, latar belakang halaman, hingga tata ruang pada sebuah dokumen.

Untuk lebih memahami fungsi tab Page Layout pada Microsoft Word 2010, maka bisa dilihat dari masing masing sub menu yang ada di dalam group ribbon tab tersebut. Sebab seperti tab menu lainnya yang ada di Microsoft Word, Page Layout juga terdiri atas beberapa group dengan kumpulan fungsi di dalamnya.

Baca: Contoh Laporan Leuangan Kas RT Excel

Group Themes pada Tab Page Layout

Fungsi Page Layout pada Microsoft Word 2010 untuk group Themes ini secara umum adalah untuk mengatur tema pada halaman dokumen yang sedang aktif. Yang mana temanya sendiri sudah tersedia secara langsung di program tersebut, dan bisa diatur sesuai dengan keinginan pengguna. Adapun group Themes tersebut terdiri atas sub menu berikut ini dengan fungsinya masing masing.

  1. Themes : mengatur dan memilih template tema yang disediakan program.
  2. Colors : mengatur dan memilih warna tema di halaman.
  3. Fonts : mengatur dan memilih jenis huruf yang digunakan pada tema.
  4. Effects : mengatur efek objek pada tema, misalnya objek berbasis shape.

Lihat Dulu: Contoh Nota Service AC

judul gambar

Group Page Setup pada Tab Page Layout

Selain group Themes, ada juga group Page Setup pada Tab Page Layout. Fungsi Page Layout pada Microsoft Word 2010 untuk group Page Setup, adalah untuk melakukan pengaturan halaman dokumen. Ikon atau sub menu yang ada di group Page Setup ini yaitu seperti berikut.

  1. Margins : memilih batas batas teks pada halaman.
  2. Orientation : mengatur orientasi halaman misalnya landscape atau potrait.
  3. Size : mengatur ukuran kertas pada lembar kerja.
  4. Columns : mengatur bentuk kolom pada dokumen.
  5. Breaks : mengatur jenis pemisahan halaman.
  6. Line Numbers : mengatur kontinuitas nomor baris di luar margin.
  7. Hyphenation : pemisahan suku kata di akhir baris.

Baca Dulu: Contoh Nota Makanan dan Minuman

Group Page Background pada Tab Page Layout

Fungsi menu Page Layout pada Microsoft Word 2010 untuk group Page Background yaitu mengatur berbagai jenis latar belakang halaman. Ikon yang ada di group ini antara lain sebagai berikut.

  1. Watermark : memberikan tanda air di belakang halaman.
  2. Page color : memberikan warna pada halaman.
  3. Page borders : mengatur bingkai pada teks, paragraf, atau halaman.

Group Paragraph pada Tab Page Layout

Untuk group Paragraph yang ada di tab Page Layout, perannya adalah untuk mengatur terkait dengan paragraf. Ada 2 fungsi yang menjadi bagian dari group Paragraph, yaitu :

  1. Indent : mengatur batas teks kiri ataupun kanan.
  2. Spacing : mengatur jarak antar paragraf.

Ketahui: Aplikasi Nota Penjualan Excel

Group Arrange pada Tab Page Layout

Fungsi Page Layout pada Microsoft Word 2010 untuk group Arrange ini yaitu melakukan pengaturan tambahan pada tata ruang dokumen. Ada banyak ikon yang bisa anda temukan di sini, dengan fungsi seperti mengatur posisi atau letak objek, memutar objek, dan lain sebagainya.

Baca Dulu: Contoh Tabel Pengeluaran Harian Rumah Tangga

Demikian informasi mengenai fungsi dari tab Page Layout yang ada di Microsoft Word 2010. Tidak hanya ada di versi Word 2010, tab menu ini juga bisa ditemukan pada berbagai versi Microsoft Word lainnya. Fungsinya sendiri kurang lebih sama seperti yang telah dijelaskan di atas.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.