Contoh Pembukuan Harian Laporan Warung Sembako Kecil Excel

2 min read

contoh pembukuan warung sembako kecil

Contoh pembukuan warung sembako kecil sangat dibutuhkan bagi Anda yang berminat untuk menjalankan bisnis berjualan sembako. Meskipun merupakan bisnis yang tidak terlalu besar, menjalankan bisnis sembako membutuhkan perhitungan yang terperinci. Mulai dari perhitungan modal, jumlah barang yang keluar dan pendapatan warung setiap harinya. Laporan keuangan toko kelontong Excel menjadi salah satu laporan yang dapat memenuhi pencatatan pembukuan data. Untuk membuat laporan keuangan tersebut, Anda dapat meniru contoh laporan penjualan harian toko yang tersebar di dunia maya.

Contoh Pembukuan Warung Sembako Kecil

Data yang Harus Ada Pada Laporan Keuangan Toko Kelontong Excel

Laporan keuangan toko kelontong Excel dapat dilakukan dengan langkah yang cukup sederhana. Excel merupakan salah satu perangkat lunak yang dapat membantu Anda dalam membuat pembukuan warung sembako dengan lebih mudah. Melalui perangkat lunak ini, Anda dapat memanfaatkan rumus dalam perhitungan laba dan sisa stock barang yang tersedia. Untuk membuat pembukuan warung, berikut data apa saja yang perlu Anda persiapkan:

a. Catatan Pengeluaran

Contoh pembukuan warung sembako kecil pastinya menjelaskan akan catatan pengeluaran. Dengan catatan tersebut, Anda dapat mengetahui jumlah modal dan keuntungan yang akan diperoleh kelak. Anda dapat mencatat kegiatan pembelian barang  sembako untuk warung dan barang sembako yang dijual warung. Catatan pengeluaran juga harus dilengkapi dengan bukti pembelian barang.

b. Catatan Pemasukan

Contoh laporan penjualan harian toko juga membutuhkan catatan total keuntungan yang didapatkan oleh warung sembako. Melalui catatan ini, Anda tidak akan merasa kesulitan untuk mencatat pemasukan di akhir bulan.

Baca Dulu : Contoh Pembukuan Usaha Ayam Potong

c. Menulis ketersediaan stock barang

Laporan keuangan toko kelontong excel wajib dilengkapi dengan kolom stock barang. Pencatatan stock barang ini harus Anda lakukan setiap hari sehingga Anda dapat melakukan pengawasan operasional warung sembako. Anda bahkan dapat mencegah kecurangan yang dilakukan oleh pegawai atau supplier jika menulis kesediaan stock barang di Excel.

d. Merancang buku laba rugi

Contoh pembukuan warung sembako kecil membutuhkan data yang lengkap guna mengetahui jalan keluar masuk barang dan jumlah pendapatan yang diperoleh warung sembako. Pembukuan ini dapat dibuat dengan tampilan yang sederhana. Pada umumnya, buku laba rugi berisikan beban warung sembako dan jumlah pendapatan warung.

judul gambar

Contoh Laporan Penjualan Harian Toko Sembako

Contoh Laporan Harian Toko Sembako

Contoh laporan penjualan harian toko sembako di atas telah mencantumkannama barang, harga beli, harga jual, stock barang, jumlah pendapatan dan keuntungan yang diperoleh toko sembako. Dengan menggunakan Excel, laporan penjualan barang dapat dibuat dengan langkah mudah. Dalam kolom jumlah awal misalnya, Anda dapat menggunakan rumus SUM untuk mengetahui keseluruhan jumlah barang. Rumus SUM juga digunakan pada jumlah sisa stock barang, jumlah pendapatan yang masuk dan jumlah keuntungan yang diperoleh warung sembako.

Baca Juga: Cara Membuat Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Dengan Excel

contoh pembukuan warung sembako kecil

Download File Excel

Laporan keuangan toko kelontong Excel merupakan proses final yang Anda lakukan dalam pembuatan pembukuan warung sembako. Laporan keuangan ini merupakan bahan evaluasi bagi warung sembako yang sedang Anda jalankan.

Umumnya, laporan keuangan tersaji dalam empat pilihan. Yang pertama adalah laporan laba dan rugi, laporan kas arus, laporan neraca dan laporan perubahan modal. Melalui keempat jenis laporan tersebut, Anda akan memiliki laporan keuangan yang lebih jelas dan rapih. Jumlah pendapatan yang dimiliki dapat diketahui dengan lebih jelas.

Contoh laporan penjualan harian toko dapat dijadikan acuan Anda dalam merancang laporan keuangan toko sembako. Dengan memperhatikan contoh laporan tersebut, Anda dapat mengetahui bahwa pembuatan laporan keuangan toko sembako tidaklah sulit. Anda perlu melakukan menyusun laporan dengan rajin, mulai dari awal toko berdiri hingga toko sedang berjalan. Laporan keuangan harian yang dibuat dengan rajin menghindari Anda dari tumpukan laporan yang harus diselesaikan pada akhir bulan.

Baca Juga :

Contoh pembukuan warung sembako kecil banyak disajikan dengan menggunakan Excel. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perangkat lunak tersebut dapat memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan warung sembako. Tidak hanya mudah digunakan, perangkat lunak ini menyediakan menu yang memudahkan Anda dalam melakukan perhitungan, jumlah barang yang tersisa, jumlah pendapatan dan keuntungan yang Anda peroleh setiap hari.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *