Apa Sih Fungsi Gambar Ikon Font Color Pada Microsoft Word?

1 min read

Fungsi Font color

Font color merupakan salah satu fitur pada Microsoft Word yang cukup banyak digunakan dalam proses teks editing. Berbeda dengan fitur text highlight color, fungsi font color pada  Microsoft Word ialah untuk memberi warna pada teks-nya, bukan pada background-nya.

Fungsi Font color

Nah, bila kalian sebelumnya tidak pernah menggunakan fitur font color saat menggunakan aplikasi Ms Word, maka alangkah baiknya untuk membaca artikel seputar font color mulai dari fungsi, gambar, jenis, dan cara menggunakannya di bawah ini.

Baca Dulu : Fungsi Text Highlight Color

Apa itu Font Color?

Font color merupakan fitur yang digunakan untuk memberi warna pada teks yang umumnya dimaksudkan untuk menyampaikan makna tertentu di luar bacaan teks tersebut.

Dalam dokumen formal, font color memang jarang sekali digunakan. Namun dalam cerita dan artikel umum, font color biasa dipakai untuk mempertebal pemaknaan suatu kata ataupun untuk memisahkan antara kata tertentu dengan kata lainnya untuk menekan pernyataan penting.

Seperti yang kita tahu, warna dasar teks pada Microsoft Word adalah hitam. Nah, dengan bantuan font color kita bisa mengubah warna teks sesuai dengan keinginan kita.

Gambar Ikon Font Color

Apabila kalian belum pernah melihat fungsi font color secara langsung, maka berikut kami berikan contoh ikon font color yang dapat kalian amati pada gambar font color di bawah ini:

Gambar Ikon Font Color

judul gambar

Ciri-ciri ikon font color:

  • Terdapat pada tab HOME
  • Masuk ke dalam toolbar grup Font
  • Memiliki simbol berupa huruf A dengan garis bawah merah
  • Warna default yang digunakan ialah merah

Baca Juga :

Apa Fungsi Font Color

Fungsi font color pada Microsoft Word ialah untuk mengubah warna dari warna dasar default hitam menjadi warna lain sesuai kebutuhan.

Penggunaan warna yang berbeda pada suatu teks biasanya dimaksudkan untuk memberikan penekanan, mengekspresikan maksud dan tujuan, serta untuk mengomunikasikan makna secara lebih mendalam di luar teks yang tampil.

Hampir semua aplikasi Office seperti Ms Word, Ms Excel, Ms PowerPoint dan lainnya memiliki fitur font color karena kegunaannya yang cukup penting dan sebagai salah satu fitur dasar yang harus dimiliki oleh aplikasi pengolah angka dan data.

Jenis-Jenis Pewarnaan pada Font Color

Microsoft Word menyediakan 5 macam opsi font color yang berbeda-beda fungsi dan kegunaannya. Berikut rincian lengkapnya:

  • Automatic: jenis pewarnaan otomatis yang tampil di deretan paling atas. Berfungsi untuk memberikan warna default pada teks yakni warna hitam.
  • Theme Colors: berfungsi untuk memberi warna pada teks berdasarkan warna pilihan yang telah tersedia. Kalian bisa memilihnya dari sekian banyak deretan warna yang ada di dalamnya.
  • Standard Colors: versi simpel dari theme colors di mana deretan warna yang ditampilkan ialah warna standar yang terdiri atas warna yang berbeda satu sama lain.
  • More Colors: digunakan untuk memberi warna pada teks berdasarkan warna yang kita inginkan. Kalian bisa mengatur jutaan warna melalui fitur ini.
  • Gradient: salah satu jenis pewarnaan yang dipakai untuk memberikan gradiasi warna pada teks yang telah ditentukan.

Cara Mengaplikasikan Font Color pada Microsoft Word

Untuk mengaplikasikan font color pada teks sebenarnya sangatlah mudah, berikut langkah-langkah yang dapat kalian terapkan:

  • Blok teks yang akan kalian beri warna
  • Pilih tab Home
  • Cari fitur font color pada toolbar Font
  • Pilih warna yang ingin kalian gunakan
  • Selesai!

Baca Juga :

Nah itulah berbagai macam fungsi font color pada Microsoft Word yang perlu kalian ketahui. Semoga bermanfaat!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *