Contoh & Langkah Membuat Nota Pembelian Barang Sembako

2 min read

contoh nota pembelian barang sembako

Apakah Anda sedang mencari contoh nota pembelian barang sembako sebagai referensi? Jika iya, maka artikel ini sepertinya bisa menjadi jawabannya. Seperti kita ketahui, nota memang memiliki fungsi cukup penting, yakni sebagai bukti pembayaran yang sah. Biasanya benda tersebut dibutuhkan ketika membuat laporan keuangan ataupun laporan kegiatan. Agar lebih jelas, Anda bisa menyimak pembahasan pada kali ini.

Contoh nota pembelian barang sembako

Sembako adalah singkatan dari sembilan bahan pokok yang berarti bahan-bahan penting dalam kehidupan sehari-hari seperti beras, gula, dan sebagainya. Namun, biasanya toko sembako akan menjual lebih banyak dari itu agar bisa melengkapi. Karena merupakan kebutuhan pokok, tentu saja jumlah pembelinya cukup banyak sehingga perlu pendataan pembelian, salah satu caranya adalah menggunakan bon.

Baca Dulu : Download Nota Kosong Excel 

Apa Itu Nota Kosong

Sebelum berlanjut ke contoh, mungkin akan lebih baik jika Anda mempelajari nota kosong terlebih dahulu. Tujuannya adalah memahami apa saja unsur yang terdapat di dalamnya. Kemudian Anda bisa membuat nota sendiri sebagai template untuk dicetak. Setelah dicetak, maka pendataan akan lebih mudah karena tinggal mengisi nama barang, jumlah barang, serta nominal transaksi saja.

Bagaimana Langkah Membuat Nota?

Hal yang paling penting diketahui terlebih dahulu adalah mengenai apa saja unsur-unsur di dalamnya. Unsur tersebut harus bisa menjelaskan seluruh informasi pembelian secara singkat. Beberapa unsur wajib pada nota adalah nama toko, nomor, tanggal transaksi, jenis barang, jumlah barang, harga satuan, total harga, tanda tangan atau cap, dan juga stempel lunas.

Setelah mempelajari unsur di atas, maka Anda bisa berlanjut ke langkah berikutnya, yakni proses pembuatannya. Jika masih awal, Anda bisa menggunakan nota kontan di atas kertas yang dijual di berbagai toko alat tulis. Setelah itu, cukup tuliskan jenis barang, jumlah, total harga, serta tanda tangan. Biasanya terdapat dua rangkap, yakni satu untuk pembeli serta satu penjual.

Cara berikutnya adalah membuat bon sendiri. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buat judul menggunakan huruf kapital dan ukuran besar
  • Masukkan nama toko pada bagian kanan atas
  • Masukkan kolom tanggal transaksi serta nomor pada bagian kiri
  • Buat beberapa kolom sejajar
  • Isi kolom 1 dengan Jumlah Barang
  • Isi kolom 2 dengan Jenis Barang
  • Isi kolom 3 dengan Harga Barang
  • Isi kolom 4 dengan Jumlah Harga per Jenis
  • Tambahkan kolom total harga
  • Masukkan kolom diskon jika ada
  • Tambahkan kolom tanda tangan ataupun cap sebagai pengesahan
  • Selesai

Setelah memenuhi langkah-langkah di atas, Anda bisa langsung mencetaknya di percetakan terdekat. Biasanya hasilnya akan berbentuk seperti buku dengan jumlah lembar tertentu. Selanjutnya, ketika pembelian terjadi, cukup isi kolom-kolom tersebut sesuai kondisi transaksi.

Baca Juga :

Berapa Ukuran Nota

Sebenarnya tidak ada ukuran paten mengenai nota. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan. Namun, akan jauh lebih baik jika ukurannya kecil dan bisa masuk ke dalam dompet. Ukuran tersebut sangat direkomendasikan karena praktis namun masih bisa dibaca secara jelas. Apabila masih cukup bingung, silakan konsultasikan pada pihak percetakan.

judul gambar

Contoh Nota Belanja Sembako 2022

Contoh Nota Belanja Sembako 2022

Sebagai sumber referensi, silakan pahami beberapa contoh berikut ini. Anda bisa mengamati kemudian memodifikasi sesuai kebutuhan. Mengenai urutan kolom serta posisinya sebenarnya dapat diganti-ganti asalkan informasi tetap tersampaikan. Sebagai contoh, jumlah pembelian bisa ditaruh pada bagian paling kiri maupun kanan sebelum total harga. Begitu pula unsur-unsur lainnya.

Contoh Nota Toko ATK

Contoh Nota Toko ATK

Selain sembako, toko alat tulis juga perlu menggunakan nota pembelian. Tujuannya sama, yakni sebagai bukti pembelian yang sah. Mengenai format sebenarnya tidak terlalu berbeda. Agar lebih jelas, silakan simak contoh berikut ini.

Contoh Nota yang Bisa Diedit Word

 

contoh nota pembelian barang sembako
Contoh nota pembelian barang sembako Word yang bisa diedit

Unduh

Agar bisa lebih memudahkan, maka silakan perhatikan contoh nota dengan format word berikut ini. Dengan demikian, proses pembuatan akan menjadi lebih mudah apabila ingin mendesain mandiri menggunakan aplikasi Microsoft Word.

Ketahui :

Itulah tadi beberapa contoh nota pembelian barang sembako beserta cara pembuatannya. Jadi, bisa dikatakan nota memiliki perang cukup penting sehingga setiap toko perlu memilikinya. Tak hanya itu, bagi pihak pembeli, barang tersebut juga harus diminta dalam setiap transaksi karena beberapa toko menggunakannya sebagai syarat pengajuan retur apabila terdapat barang cacat seperti pasta gigi kedaluwarsa dan lain-lain.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *