Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Contoh & Cara Membuat Jadwal Kerja 2 & 3 Shift Excel 24 Jam

2 min read

contoh jadwal kerja 3 shift

Jika masih kesulitan dalam hal pembuatan sistem penjadwalan kerja, Anda bisa download contoh jadwal kerja shift pada pembahasan kali ini. Bagi pelaku yang masih baru, membuat penjadwalan tersebut memang cukup membingungkan. Namun, sebenarnya apabila perlahan-lahan dipahami serta melihat beberapa contoh, semua itu akan menjadi jauh lebih mudah dilakukan, bahkan oleh pemula sekalipun.

Contoh Jadwal Kerja 3 Shift

Jadwal kerja pun ada bermacam-macam jenisnya seperti penjadwalan bulanan dan juga shift. Tentu saja proses pembuatan keduanya cukup berbeda. Sebenarnya jadwal bisa dibuat manual dengan mudah. Namun, jika jumlah karyawan sudah banyak serta memiliki job desk berbeda-beda, tentu saja harus dibuat menggunakan cara lebih efisien. Agar lebih jelas, silakan simak pembahasan pada kali ini.

Baca Dulu : Download Jadwal Kerja Excel

Tips Membuat Jadwal Kerja Bulanan Excel

Jadwal Kerja Bulanan Excel

1. Mengikuti regulasi pemerintah

Meskipun setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing, namun kebijakan tersebut harus tetap seusai dengan regulasi pemerintah. Regulasi ini dimaksudkan agar tidak ada penyelewengan dilakukan seperti memaksa karyawan bekerja lebih lama tanpa ada upah tambahan. Sebagai contoh, jadwal shift malam dan siang tentu akan berbeda sehingga nantinya berpengaruh pada besaran gaji.

2. Memahami kebutuhan karyawan

Agar proses pembuatan menjadi lebih efektif, penting untuk mengetahui kebutuhan setiap karyawan. Terlalu sembarangan dalam penjadwalan akan membuat produktivitas karyawan menurun drastis. Selain kebutuhan karyawan, jenis bisnis yang dijalankan juga harus benar-benar dipahami karena bisa jadi setiap jenis bisnis memiliki tipe penjadwalan berbeda.

3. Membuat jadwal secara jelas

Jadwal harus benar-benar dibuat secara jelas seperti waktu mulai bekerja dan pekerjaan berakhir. Dalam pelaksanaannya pun juga harus dilakukan dengan tegas. Sebagai contoh, apabila karyawan datang melebihi jadwal maka akan dikenakan sanksi. Sebaliknya, ketika jam bekerja sudah selesai maka karyawan berhak untuk menghentikan pekerjaan kecuali terdapat kesepakatan sebelumnya.

4. Menggunakan software pendukung

Di era teknologi seperti saat ini banyak hal bisa dilakukan lebih praktis. Dalam pembuatan jadwal, Microsoft Excel dapat membantu membuatnya lebih praktis. Pengoperasiannya pun juga tidak terlalu rumit. Bagi pemula, mungkin hanya dibutuhkan beberapa hari saja untuk belajar.

Ketahui :

judul gambar

Contoh Jadwal Kerja Bulanan

Contoh jadwal kerja bulanan

Apabila ingin mencari sumber referensi dalam pembuatan, Anda bisa mengunduh beberapa contoh berikut ini. Mengingat setiap kondisi perusahaan pasti berbeda-beda, jadikan contoh tersebut sebagai acuan saja. Selanjutnya, sesuaikan beberapa poin sesuai perusahaan masing-masing.

Contoh & Cara Membuat Jadwal Kerja 2 & 3 Shift Excel 24 Jam

Contoh Jadwal Kerja Shift

Selain penjadwalan bulanan, terkadang beberapa perusahaan juga menerapkan sistem kerja shift. Dalam pembuatannya memang tidak boleh dilakukan sembarangan karena pemerintah sudah mengeluarkan peraturan terkait hal tersebut. Sebelum mengunduh contoh, Anda bisa menyimak beberapa cara menjadwalkan jam kerja shift berikut ini.

1. Tiga Grup dalam Dua Shift

Contoh jadwal kerja 3 shift
Contoh jadwal kerja 3 shift

Biasanya model seperti ini diterapkan pada pekerjaan terkait bidang keamanan seperti satpam ataupun security. Menggunakan rumus 2-2-2, artinya di dalam satu minggu terdapat beberapa shift, misalnya dua shift pertama, dua shift kedua, dan dua hari libur.

2. Empat Grup dalam Tiga Shift

contoh jadwal kerja 3 shift

Ketika menggunakan model ini, karyawan dibagi menjadi empat grup. Masing-masing akan bekerja 4 hari seminggu dengan waktu 7 jam. Sebagai contoh, pertama bekerja pada 07.00 hingga 15.00, kedua bekerja mulai 15.00 hingga 23.00, kemudian ketiga bekerja dari 23.00 hingga 07.00. Setelah giliran ketiga, karyawan akan mendapat libur selama 2 hari hingga akhirnya kembali ke pertama.

Agar lebih jelas, Anda bisa melihat beberapa contoh berikut ini. Selanjutnya, silakan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Artikel Terkait :

Jadi, setelah download jadwal kerja Excel di atas, kini Anda tidak akan kesulitan lagi dalam hal penjadwalan. Semoga artikel ini dapat membantu sehingga pekerjaan karyawan akan lebih terorganisasi dengan baik.

judul gambar
Andin Reva Kita memiliki dua telinga dan satu mulut. Karena itu, kita bisa mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
Alternative Text