Download Contoh Format Slip Gaji File Excel Gratis!

2 min read

slip gaji excel

Slip gaji Excel diperlukan terlebih bagi HR perusahaan, karena mereka bertanggung jawab membuat dokumen penting ini. Bagi mereka yang berstatus karyawan HR di suatu perusahaan, pasti tak asing dengan pembuatan slip gaji bulanan pegawai. Dokumen ini sangat penting untuk dipahami, mengingat jika terdapat detail yang kurang jelas maka dapat menimbulkan permasalahan diantara karyawan lainnya.

Slip gaji Excel

Namun bagi mereka yang bingung bagaimana format yang tepat, beberapa contoh di bawah ini dapat dijadikan referensi. Bahkan format di bawah ini bisa diunduh secara gratis, sehingga dapat di-edit dan digunakan untuk penggajian karyawan perusahaan atau suatu usaha.

Baca Juga : Cara Menghitung Persen Potongan Gaji

Format Slip Gaji Excel

Sebelum membuat ataupun mengedit, terlebih dahulu tentu Anda perlu mengetahui apa saja format yang umumnya digunakan untuk dokumen penggajian karyawan di suatu perusahaan. Berikut ini beberapa format yang umum digunakan, diantaranya:

  • Identitas Perusahaan

Tak jauh berbeda dengan dokumen resmi lainnya, dokumen penggajian juga harus disertai dengan identitas perusahaan secara lengkap dan jelas.

  • Identitas Karyawan

Selain identitas perusahaan, identitas karyawan pun juga harus dicantumkan mulai dari nomor ID, nama, jabatan, masa kerja, dan lain-lain sesuai kebutuhan.

  • Periode

Periode juga menjadi salah satu elemen yang dibutuhkan, mengingat perusahaan satu dengan lainnya memiliki kebijakan tersendiri terkait pembayaran upah pegawainya.

  • Rincian Penghasilan

Melalui rincian penghasilan, karyawan dapat mengetahui detail apa saja dari upah diterimanya setiap bulan mulai dari gaji pokok, lembur, tunjangan, dan lain-lain.

Contoh Slip Gaji Excel

Terdapat cukup banyak format slip upah yang dapat dijadikan referensi, mengingat setiap perusahaan pasti memiliki kebijakan tersendiri terkait rincian apa saja yang harus ada di dokumen penting tersebut. Berikut ini beberapa contohnya.

  • Lengkap dengan Rincian Penerimaan dan Potongan

Slip gaji Lengkap dengan Rincian Penerimaan dan Potongan

Bagi perusahaan yang ingin memberikan detail rinci terkait penggajian bagi karyawannya, contoh ini cocok dijadikan referensi. Pasalnya sudah terdapat banyak elemen di dalamnya mulai dari NIK, nama, jabatan, periode, penerimaan, potongan, hingga gaji bersih.

Ketahui :

  • Ala Perusahaan Luar Negeri

Slip Gaji Ala Perusahaan Luar Negeri

Selanjutnya jika Anda ingin mencari inspirasi dari perusahaan luar negeri dimana menggunakan bahasa Inggris serta detail rincian yang berbeda dari sebelumnya, maka format satu ini bisa digunakan.

  • Sederhana dan Rinci

Slip Gaji Sederhana dan Rinci

judul gambar

Jika menginginkan slip upah lebih sederhana namun tetap rinci, contoh satu ini layak untuk ditiru. Pasalnya detail penerimaan upah karyawan tak perlu dibagi menjadi dua kolom, karena hanya memerlukan satu kolom keterangan beserta nominal diterima.

Download Slip Gaji Excel

Download Slip Gaji Excel

Berikut ini terdapat rincian penggajian yang dapat digunakan untuk perusahaan maupun usaha kecil hingga besar dengan jumlah pegawai cukup banyak. Terdapat beberapa rincian dalam format di atas yakni:

  • ID : nomor ID pegawai
  • Nama : Nama pegawai
  • Jabatan : Jabatan dari masing-masing pegawai ketika gaji dibayarkan
  • STS : Status pernikahan
  • Penerimaan : Jumlah yang diterima pegawai mulai dari gaji pokok, tunjangan, lembur, transport, uang makan, bonus, dan lain-lain
  • Potongan : Beberapa potongan gaji mulai dari tunjangan jabatan, BPJS, JHT, JKK, JPN, PPH 21, dan lain-lain
  • THP : Total gaji yang diterima

Untuk dapat mengunduh format di atas, berikut link-nya.

Download Slip Gaji Excel Gratis

Download Slip Gaji Excel Gratis

Selain dapat langsung di-edit, terdapat pula dokumen penggajian Excel dengan beberapa sheet berisi elemen-elemen yang perlu diisikan mulai dari data karyawan, absensi, hingga gaji karyawan. Berikut link untuk mengunduhnya: Link Unduh.

Edit Slip Gaji PDF

Edit Slip Gaji PDF

Selain dalam format Excel, terdapat pula file dalam bentuk PDF yang dapat di-edit sesuai kebutuhan. Detail yang dijelaskan pun cukup lengkap mulai dari NIK, nama, jabatan, status, penghasilan pokok, tunjangan jabatan, konsumsi, harian, bonus target, potongan PPh 21 dan asuransi, serta penerimaan bersih.

Berikut link untuk mengunduhnya https://idoc.pub/download/contoh-slip-gaji-karyawan-format-ms-excel-ylyx6dxv0enm

Fungsi Slip Gaji Bagi Karyawan

Selain untuk mengetahui berapa upah yang diterima di bulan tersebut, terdapat beberapa fungsi lain dari dokumen resmi ini diantaranya:

  • Memberikan Informasi Terkait Upah

Fungsi utamanya yakni memberikan informasi terkait berapa upah yang diterima. Pasalnya setiap bulannya tentu terdapat beberapa hal berbeda mulai dari bonus, lembur, dan lain-lain.

  • Pengajuan KTA

Pengajuan KTA dapat dilakukan guna memenuhi berbagai kebutuhan mulai dari biaya kesehatan, pendidikan, pernikahan, dan lain sebagainya. Salah satu persyaratan untuk pengajuan KTA atau Kredit Tanpa Agunan adalah berkas upah ini, karena pihak bank perlu memastikan jika si peminjam mampu untuk melunasi utangnya.

  • Pengajuan KPR

Selain KTA, KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah juga memerlukan dokumen ini sebagai salah satu persyaratannya. Untuk itu para karyawan perlu menyimpan dengan baik bukti penggajian bulanan, sehingga jika diperlukan suatu saat tidak akan kesulitan mencari.

  • Pengajuan Visa

Visa merupakan dokumen yang dibutuhkan seseorang ketika ingin bepergian ke luar negeri. Rupanya berkas upah juga menjadi salah satu syarat yang diperlukan bagi beberapa negara tujuan contohnya Eropa.

Artikel Terkait : 

Demikianlah informasi terkait contoh serta file slip gaji karyawan yang dapat dijadikan bahan referensi. Semoga bermanfaat.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *