Apa Fungsi Icon Font Pada Microsoft Word ?

2 min read

fungsi font pada microsoft word

Fungsi font pada Microsoft Word mungkin belum banyak diketahui, mengingat dalam Microsoft Office satu ini terdapat banyak toolbar menu. Word atau perangkat lunak besutan Microsoft ini kerap digunakan orang-orang di seluruh dunia untuk membuat, mengedit, memformat, hingga menyimpan dokumen berbasis teks.

Fungsi font pada microsoft word

Mulai dari keperluan pribadi hingga bisnis, program pengolah kata ini dapat digunakan untuk beragam kebutuhan. Lantas apa sebenarnya font beserta fungsinya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga : Fungsi Design Pada Microsoft Word

Apa Fungsi Font Pada Microsoft Word?

Fungsi Font Pada Microsoft Word?

Font adalah tipe teks meliputi huruf serta angka yang ada di software seperti Word. Desainnya pun berbeda-beda, sehingga dapat dipilih sesuai kebutuhan. Namun ketika memulai suatu dokumen baru, desain standar umumnya adalah Times New Roman, Calibri, atau Arial.

Fungsi ikon font adalah untuk mengatur tulisan, dimana pengguna dapat mengubah tipe, warna, ukuran, ataupun memberikan efek tertentu pada teks. Selain itu terdapat fungsi umum lainnya yakni:

  • Mengganti warna tulisan
  • Mengubah tipe tulisan
  • Menebalkan teks
  • Memperkecil dan memperbesar ukuran teks
  • Memberi underline atau garis bawah
  • Memiringkan teks
  • Memberi efek tulisan
  • Mengubah teks menjadi huruf kecil atau besar

Selanjutnya adalah apa kegunaan dari style pada huruf di Word? Jawabannya adalah agar pengguna dapat mengatur gaya huruf sesuai keinginan. Pada dasarnya terdapat tiga gaya huruf yang bisa dipilih yakni Italic, Bold, atau Underline. Beberapa huruf pun dapat menggunakan dua style sekaligus misalnya Italic dan Bold.

  • Italic

Untuk memiringkan teks, contohnya dalam penggunaan kata bahasa asing dimana memerlukan huruf miring.

  • Bold

Fungsinya adalah untuk menebalkan teks. Umumnya digunakan untuk menandai suatu informasi atau poin-poin penting dari tulisan.

  • Underline

Underline atau garis bawah digunakan untuk memberikan garis bawah pada huruf. Tak jauh berbeda dari Bold, Underline juga umumnya digunakan untuk menekankan informasi atau poin penting pada suatu tulisan.

Fungsi Font Color Pada Microsoft Word

Fungsi Font Color Pada Microsoft Word

judul gambar

Seperti namanya, fungsi font color digunakan untuk memberikan warna atau mewarnai huruf sesuai keinginan. Pilihan warna yang tersedia pun cukup banyak, mulai dari Automatic, Theme Colors, Standard Colors, ataupun More Colors jika pengguna ingin meng-custom warna. Berikut penjelasannya.

  • Automatic

Adalah warna otomatis, umumnya berwarna hitam atau dapat disesuaikan ketika pengerjaan dokumen.

  • Theme Colors dan Standard Colors

Warna tema dan standar yang umum digunakan untuk mewarnai tulisan seperti merah, kuning, biru, dan lain-lain.

  • More Colors

Menu kustomisasi dimana pengguna dapat melakukan custom warna melalui jendela Colors.

  • Gradient

Digunakan jika pengguna ingin menggunakan warna gradasi untuk huruf.

Ketahui :

Fungsi Icon Font Size Pada Microsoft Word

Fungsi Icon Font Size Pada Microsoft Word

Selanjutnya beralih ke fungsi icon size, dimana digunakan untuk mengganti ukuran huruf yang digunakan ketika membuat sebuah dokumen. Ukuran standar umumnya adalah 10 atau 11, dan dapat diganti besar kecilnya menggunakan menu ini.

Ukuran umum yang tersedia adalah 8, 9, 10, 11, 12, 14, 16, 18, 20, 22, 24, 26, 28, 36, 48, 72. Namun pengguna juga dapat mengatur ukuran secara custom dengan menuliskan angka secara langsung pada kolom menu tersebut, contohnya 17.

Apabila ingin menggunakan cara cepat untuk memperbesar teks secara otomatis, contohnya ukuran huruf awal 16 dan ingin diperbesar menjadi 20, maka dapat menggunakan perintah Increase Size. Ikonnya adalah huruf A kapital, dengan segitiga kecil mengarah ke atas.

Sebaliknya ketika ingin memperkecil ukuran secara otomatis, dapat menggunakan menu Decrease Size dengan ikon huruf A kapital dan segitiga kecil mengarah ke bawah.

Selain itu pengguna juga dapat memperbesar huruf menggunakan fungsi Grow Font. Ikonnya adalah huruf A kapital dengan + di sisi kanannya.

Selain itu terdapat fungsi lain yang juga kerap digunakan yakni Strikethrough, dimana fungsi Strikethrough ini digunakan ketika pengguna ingin memberikan garis horizontal di tengah teks, contohnya untuk mencoret kata yang salah.

Selain itu terdapat ikon lain yang masih berhubungan dengan size yakni:

  • Change Case

Digunakan untuk mengubah model susunan huruf, apakah ingin Lowercase, Uppercase, Toggle Case, atau Sentence Case.

  • Clear All Formatting

Digunakan untuk menghilangkan seluruh efek hasil format terhadap teks yang dipilih.

Baca Juga :

  • Text Highlight Colors

Digunakan untuk memberikan highlight pada suatu huruf seperti layaknya efek stabilo di kertas.

Itulah beragam fungsi dari font di Microsoft Word.

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *