Download Aplikasi Keuangan Desa Excel Gratis

1 min read

aplikasi keuangan desa excel

Aplikasi keuangan desa Excel merupakan aplikasi yang digunakan oleh pemerintahan Desa untuk keperluan pencatatan laporan keuangan secara lengkap dan menyeluruh. Dengan adanya aplikasi keuangan desa, maka selain memudahkan proses pencatatan dan pengelolaan keuangan, juga akan membuat laporan keuangan jadi lebih transparan.

Aplikasi keuangan desa excel

Pemerintah RI, melalui Kominfo saat ini merancang aplikasi keuangan desa Excel gratis yang bernama Siskeudes. Aplikasi ini diharapkan dapat melengkapi kekurangan pengetahuan SDM para perangkat desa yang umumnya masih minim pengetahuan tentang sistem keuangan desa.

Baca Juga :Aplikasi Keuangan Pribadi Excel

Kenapa Harus Aplikasi Keuangan Desa Excel?

Aplikasi keuangan desa Excel dibuat oleh pemerintah dengan tujuan untuk mempermudah pencatatan keuangan APBDes. Selain itu, ternyata ada beberapa keuangan lain dari aplikasi ini yakni:

1. Fitur Lengkap

Siskeudes tersedia dalam fitur yang lengkap sesuai yang dibutuhkan oleh pemerintah desa untuk mencatat input data akan laporan pengeluaran dan pemasukan sumber dana desa.

Walaupun tidak selengkap aplikasi keuangan berbayar, namun Siskeudes sudah lebih dari cukup untuk menghasilkan laporan yang komplit.

2. Mudah Digunakan

Dengan bantuan aplikasi Siskeudes, kita bisa melakukan entry data dengan mudah untuk menghasilkan laporan serta dokumen-dokumen penatausahaan keuangan desa.

Jadi, bagi SDM yang masih terbilang gagap teknologi seperti pada daerah terpencil, mereka bisa dengan mudah membuat laporan karena sistemnya berbasis Excel.

3. Sesuai Aturan yang Ada

Apilkasi Siskeudes sudah disesuaikan dengan perkada dan akan terus diperbarui mengikuti peraturan yang berlaku.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga sudah terintegrasi langsung dengan SPI (Sistem Pengendalian Internal) sehingga membuat sistem pengelolaan data menjadi lebih cepat dan lebih mudah.

Download Aplikasi Keuangan Desa Excel

Sebenarnya, aplikasi keuangan desa Excel semacam siskeudes ini didistrubusikan langsung oleh pemerintah pusat melalui pemerintahan kabupaten / kota kepada masing-masing desa.

Pendistribusian ini biasa dilakukan oleh BPKP dan Ditjen Bina Pemdes yang mencangkup:

  • File aplikasi simkeudes
  • Folder surat
  • File database (MDE dan SQLserver)
  • Folder report
  • Folder help

Untuk menginstal aplikasi tersebut, silakan cari saja file aplikasi yang telah diterima dan untuk panduannya bisa kalian temukan di folder help.

Namun, apabila file aplikasinya hilang, terhapus, atau rusak dan ingin menginstal ulang, kalian dapat mendownload ulang melalui link yang akan kami berikan di bawah.

judul gambar

Ketahui :

a. Download Aplikasi Simkeudes v2.03

Simkeudes versi tahun 2021 ini merupakan versi yang masih bisa di download dengan mudah karena bersifat publik.

Bila kalian membutuhkannya, silakan download melalui link yang kami berikan pada tabel berikut di bawah ini:

JenisKeterangan
Nama AplikasiSimkeudes 2021
Versi Pembaruanv2.0.3
Tanggal RilisNovember 2020
Dukungan OSWindows 7+
Download AplikasiDownload Siskeudes 2021 versi 2.0.3

b. Download Aplikasi Simkeudes v2.04

Apabila kalian membutuhkan aplikasi keuangan desa Excel versi terbaru (versi tahun 2022), maka berikut ini kami berikan link pengajuan downloadnya yang nantinya bisa kalian terapkan dan aplikasikan sendiri.

Namun perlu diperhatikan, bahwa untuk versi terbaru ini tidak bisa langsung kalian download sama halnya seperti aplikasi apbdes 2022, melainkan harus melalui sistem pengajuan karena sifatnya yang tidak untuk publik.

Untuk mendapatkannya harus melalui segenap perizinan tertulis dari pihak-pihak yang bersangkutan yakni Ditjen Bina Pemdes dan BPKP. Untuk mengajukan simkeudes, silakan bisa gunakan link yang kami berikan di bawah ini.

JenisKeterangan
Nama AplikasiSimkeudes 2022
Versi Pembaruanv2.0.4
Tanggal Rilis20 Septermber 2021
Dukungan OSWindows 7+
Download AplikasiPengajuan Download Siskeudes 2022 versi 2.0.4

Ketahui :

Itulah daftar aplikasi keuangan desa Excel beserta link downloadnya. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi di artikel yang akan datang!

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *